Sponsors Link

18 Ciri-ciri dan Gejala Asam Lambung Kronis

Sponsors Link

Tubuh manusia terdiri dari beberapa sistem yakni sistem kardiovaskular, endokrin, kekebalan serta pencernaan. Pada setiap sistem tentunya terdiri dari beberapa organ yang bekerja dan saling berhubungan satu sama lain. Salah satu bagian terpenting dari sistem tubuh manusia yakni sistem pencernaan, didalam sistem pencernaan dimulai dari organ mulut (sebagai organ pertama mengunyah makanan), faring, esofagus, lambung serta usus halus dan usus besar. Setiap organ memiliki fungsinya masing-masing seperti lambung yang mempunyai peran sebagai tempat pencerna makanan dan melakukan penyerapan beberapa sari makanan. Dalam melaksanakan tugasnya didalam lambung terdapat suatu cairan yang membantu dalam memproses makanan yakni dinamakan asam lambung. Kegunaan utama dari asam lambung yakni membantu dalam mengolah makanan, membantu membunuh kumah yang ikut bersama makanan, dan juga serta menstabilkan kadar gula.

ads

Sisi baik dari asam lambung yang terdapat di dalam lambung ternyata dapat mendatangkan suatu penyakit pula, jumlah asam lambung yang terlalu tinggi atau meningkat pada seseorang akan menimbulkan penyakit. Asam lambung yang memiliki sifat asam yang tinggi memiliki sifat korosif atau sifat penghancur pada dinding lambung yang jika dibiarkan atau tidak diobati akan terjadi suatu iritasi, peradangan atau bahkan luka pada lambung. Penyakit asam lambung tinggi dapat terjadi kepada siapa saja yang kurang memperhatikan pola makanan dan kandungan dari makanan yang dikonsumsinya sehingga menganggu kesehatan lambung. Jika anda memiliki indikasi terkena penyakit asam lambung terutama bagi kalian yang sering merasakan sakit pada perut atau memiliki pola makanan yang buruk patutnya anda lebih intens untuk memperhatikan kesehatan pencernaan anda. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas ciri-ciri dan juga gejala asam lambung kronis yang mungkin saja bisa membantu anda untuk melakukan pencegahan sejak dini, sebagai berikut:

1. Rasa Pahit pada Mulut

Salah satu gejala asam lambung yang mudah dikenali yakni rasa pahit pada mulut. Asam lambung yang sedang naik terkadang akan naik hingga kerongkongan sehingga membuat kita merasakan pahit pada mulut. Selain rasa mulut yang pahit ciri lainnya bisa dilihat dari bintik-bintik putih yang ada pada lidah serta rasa bau mulut yang kurang sedap. Rasa pahit pada mulut tentunya tidak menjadi indikasi utama terkena penyakit asam lambung tetapi jika anda sebelumnya juga sering merasakan gejala lainnya seperti mual dan mempunyai pola makan tidak teratur sebaiknya anda tidak mengabaikan rasa pahit pada mulut tersebut. Rasa pahit serta bau mulut yang terjadi karena peningkatan asam lambung jika terjadi terjadi terlalu sering akan menimbulkan penyakit lain seperti kerusakan pada gigi. (baca juga: Makanan Pembersih Usus Kotor)

Artikel terkait:

2. Mual

Gejala berikutnya yakni rasa mual yang mungkin timbul sebagai gejala pada penyakit asam lambung. Penderita asam lambung kronis biasanya akan sering merasakan mual pada perut karena tingkat asam lambung yang sudah cukup tinggi. Rasa mual terjadi karena adanya reaksi dari perut ketika terasa lebih kenyang atau terlalu lapar, bagi seseorang yang tidak memiliki riwayat asam lambung kronis mungkin tidak akan merasakan mual sesaat setelah makan. Tetapi bagi penderita asam lambung kronis rasa mual dapat timbul kapan saja serta menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. (baca juga: Cara Mencegah Usus Buntu)

3. Rasa Sensasi Terbakar pada Perut

Gejala berikutnya yakni rasa sensai terbakar pada perut atau rasa panas pada perut, penyakit asam lambung kronis umumnya akan menyebabkan asam lambung naik dan menimbulkan rasa terbakar dan panas baik pada bagian perut, kerongkongan maupun ulu hati. Selain terasa terbakar, gejala yang mungkin timbul yakni rasa nyeri, pedih ata sebah pada bagian perut (atas pada umumnya). (baca juga: Penyebab Usus Buntu)

4. Rasa Sakit pada Perut

Sponsors Link

Selain merasakan sensasi perut panas, asam lambung yang tinggi juga akan menimbulkan rasa sakit pada perut penderita. Sering dari penderita asam lambung kronis mengeluhkan rasa sakit pada perut atas atau didekat ulu hati karena merasa ada gas yang mendesak. Rasa sakit yang timbul bisa beragam mulai dari rasa sakit biasa hingga melilit yang membuat penderita tidak dapat beraktifitas. Nyeri pada lambung yang disebabkan oleh asam lambung juga dapat berakibat buruk yakni menjadikan adanya infeksi pada lambung. (baca juga: Tanda-Tanda Keracunan Makanan)

5. Perut Kembung

Selain rasa nyeri mual dan muntah penderita asam lambung kronis akan seirng mengalami perut kembung. Pada penderita asam lambung kronis menghasilkan asam lambung yang tinggi dimana asam lambung tersebut juga menimbulkan gas udara sehingga perut penderita menjadi kembung dan penuh. Gas tersebut terjebak didalam perut itulah yang menyebabkan adanya rasa perut kembung. Perut dalam keadaan kembung tentunya tidak akan membuat penderita nya merasa nyaman terlebih dimalam hari, disaat ingin beristirahat tidak nyaman bagi kita untuk tidur dalam keadaan perut kembung. (baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Usus)

6. Napsu makan menurun drastis

ads

Dari gejala-gejala yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa penderita asam lambung akut akan mengalami beberapa gejala yang akan mempengaruhi sistem dari pencernaannya. Dimulai dari rasa mual, perih pada perut hingga muntah-muntah. Selain itu gejala seseorang yang terkena asam lambung kronis yakni menurunnya nafsu makan, hal itu dapat terjadi karena penderita merasa tidak nyaman pada bagian perut dan nafsu makan pun akan turun. Umumnya memang rasa mual pada orang penderita asam lambung akan sangat menganggu, tetapi jika kita penderita maag baiknya kita tetap memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan sedikit demi sedikit supaya asam lambung yang dihasilkan akan menurun. (baca juga: Dampak Kelebihan Karbohidrat)

7. Terlihat Wajah Pucat

Gejala berikutnya yakni penderita terlihat pucat, seperti penyakit lainnya seseorang yang sedang menderita penyakit akan terlihat pucat. Pada kasus asam lambung kronis pun gejala itu bisa saja terjadi. Gas yang tertampung di dalam lambung mengakibatkan penderita tidak ingin makan sehingga tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup baik. (baca juga: Cara Membersihkan Usus Kotor)

8. Keringat Dingin

Penyakit asam lambung awalnya tampak seperti penyakit biasa yang akan hilang pada beberapa hari tetapi patut terus kita ketahui jika asam lambung dapat terjadi dalam jangka panjang dan jika tidak diobati dengan tepat akan menjadi penyakit asam lambung kronis. Pada gejala yang lebih lanjut gejala asam lambung kronis akan membuat penderita sering merasakan keringat dingin. Hal tersebut dikarenakan rasa sakit pada ulu hati atau pada bagian perut lainnya. (baca juga: Fungsi Enzim Amilase)

9. Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar

Bersendawa sebenarnya adalah hal yang wajar terjadi, hampir semua manusia pasti pernah bersendawa tetapi ada beberapa kasus bersendawa yang patut kita perhatikan apalagi jika kita sudah memiliki gejala sakit pencernaan lainnya. Bersendawa itu sendiri adalah suatu proses pengeluaran angin melalui mulut yang sebelumnya terjadi penumpukan angin berlebih didalam lambung atau perut. Proses terjadinya penumpukan angin pada lambung seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yakni lambung menghasilnya asam lambung berlebih dan gas. Sering bersendawa menjadi ciri asam lambung kronis selanjutnya yang paling umum dijumpai. Pada kasus lebih lanjut, bersendawa sering diiringi dengan rasa mual hingga muntah bagi penderitanya. (baca: Buah Pelancar (BAB))

10. Sulit tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut sebelah atas (ulu hati)

Gejala lainnya yakni adanya rasa sulit tidur pada penderita, hal tersebut dapat terjadi karena penderita menahan rasa sakit pada ulu hati atau rasa mual yang dialaminya. Jika kejadian seperti ini terjadi baiknya penderita duduk sejenak dan meminum air hangat agar kondisi tubuh mengalami relaksasi dan jika rasa sakit sudah berkurang anda bisa mencoba untuk kembali beristirahat. (baca juga: Obat Usus Buntu Tanpa Operasi)

Sponsors Link

Artikel Lainnya:

11. Tubuh menjadi lemah

Tubuh akan terasa lemah dan tidka bisa beraktifitas akibat rasa sakit yang begitu hebat yang mungkin penderita rasakan. Peru merupakan bagian terbesar dalam tubuh manusia jadi wajar jika perut mengalami sakit akan mempengaruhi kemampuan tubuh lainnya. Selain itu penderita asam lambung kronis memiliki tubuh yang lemah dikarenakan kurangnya nutrisi yang masuk baik karena asupan gizi yang tidak terserap dengan sempurna atau karena nafsu makan penderita yang menurun sehingga tubuh menjadi lemah. (baca juga: Gejala Radang Lambung dan Usus)

12. Berat badan berkurang

Penjelasan sebelumnya menjelaskan tentang gejala asam lambung kronis seperti sulit tidur dan tubuh menjadi lemah maka dengan wajar penderita asam lambung kronis mengalami penurunan berat badan secara drastis. Ketika tubuh penderita tidak mendapatkan asupan nutrisi dan makanan yang cukup tubuh akan menjadi lemah dan berat badan pun berkurang. (baca juga: Cara Menyembuhkan Radang Usus)

Dan masih ada beberapa ciri-ciri beberapa selain itu yang harus anda ketahui untuk penyakit asam lambung kronis sebagai berikut:

  1. Dahak berkeluaran terus-menerus.
  2. Perut terasa nyeri terus-menerus.
  3. Perih terus-menerus pada perut.
  4. Susah menelan makanan.
  5. Mulut menjadi lebih bau .
  6. Air liur yang keluar secara berlebihan.

Demikian sedikit ulasan tentang gejala asam lambung yang sudah bersifat kronis yang bisa anda ketahui, semoga dengan ini anda bisa mengetahui beberapa gejalanya tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :