Sponsors Link

5 Faktor Penyebab Penyakit Tifus yang Paling Berbahaya

Sponsors Link

Penyakit tipes atau tifus adalah suatu infeksi bakteri yang ditandai oleh beberapa macam penyakit seperti sakit diare, penyakit sistematik atau juga ruam yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella typhi. Penyebab sakit tipes adalah bakteri Salmonella Typhi tersebut yang  masuk ke tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsums, namun sudah terkontaminasi.

ads

Bakteri Salmonella yang menyebabkan penyakit tifus adalah jenis perut kembung setelah makan salmonella typi A dan salmonella typhi B. ketiga jenis bakteri salmonella ini dapat bertahan terhadap obat (antigen) dan adanya sifat ganas dalam penularan. Jenis bakteri ini bergerak dengan rambut getar, tidak memiliki spora, serta memiliki 3 macam antigen (O,H dan VI). Bakteri ini umumnya dapat berkembang biak secara optimal di suhu tubuh 37 C dan pH 6-8.

Kasus Penyakit Tipes

Berdasarkan hasil penelitian berhasil menemukan bahwa tifus atau tipes ini telah menjangkiti sekitar 800 hingga 100 ribu penduduk Indonesia di sepanjang tahun 2008. Ini merupakan bukti bahwa tipes ini masih menjadi penyakit endemik dan menjadi masalah kesehatan yang serius di Negara kita. Selain itu, keadaan sanitasi yang buruk, keterbatasan akses air bersih diduga menjadi penyebab utama merebaknya penyakit tipes ini. Anak-anak yang memiliki system imun kurang maksimal, juga sering terjangkiti penyakit tipes.

Gejala Sakit Tifus atau Tipes

Jika pasien makan atau minum ditempat yang sembarangan dan kurang higenis maka anda bisa terkena bakteri tersebut. Apabila bakteri tersebut sudah masuk dalam tubuh lalu menuju ke usus dan ke aliran darah, bakteri tersebut juga akan berjalan ke limfa hati, ginjal, paru – paru dan radang selaput perut juga bagian tubuh lainnya yang bisa membuat seseorang terkena sakit tipes.

Berikut ini beberapa gejala awal yang dialami pasien yang terkena sakit tifus:

  • Mengalami demam selama satu minggu
  • Mengalami sakit kepala
  • Selera makan menurun
  • Merasa tidak enak di bagian perut
  • Diare
  • Sembelit

Ciri- Ciri Sakit Tipes

Penyakit tipes rupanya telah menjadi sebuah penyakit yang sering terjadi di negara – negara berkembang. Manusia sendiri  bisa menjadi pembawa penyakit tipes melalui kotoran yang dalam jangka waktu lama tidak terbuang. Hal tersebut perlu di waspadai , sebab bakteri penyebab sakit tifus ini mudah sekali untuk berkembang dan masuk kedalam tubuh manusia.

Umumnya, Ada Ciri-ciri gejala penyakit tifus yang bisa anda ketahui dimulai dari:

  • Sakit flu
  • demam dengan rasa nyeri
  • mual
  • lemas
  • Badan terasa panas
  • Mata agak kekuningan
  • Air kencing juga berwarna kecoklatan
  • Perut seperti kembung
  • Pusing

Penyebab Penyakit Tifus/Tipes

Faktor pemicu utama dan menjadi  penyebab penyakit tipes (tifus) berasal dari makanan yang ternyata tidak higienis dan kotor. Penyakit tipes atau tifus ini,  merupakan jenis penyakit pencegahan gastroenteritis yang bisa menyerang siapa saja, entah itu bayi, anak-anak  atau orang dewasa.

Penyakit tipes disebabkan oleh bakteri salmonella typhi. Bakteri salmonella typhi di yang dibawa oleh lalat dan menyebar di tempat yang telah dihinggapi. Jadi ketika anda makan makanan yang kotor terkadang menjadi salah satu faktor pemicu dan penyebab penyakit tipes (tifus) ini.

Sponsors Link

Penyakit tipes bisa dimasukan dalam kategori penyakit menular, walaupun proses penularannya tidak secara langsung (kontak fisik). Penularan penyakit tipes bisa melalui makanan yang dimakan secara bersamaan oleh penderita tipes dengan orang lainnya. Hal ini terjadi karena bakteri salmonella typhi penyebab penyakit tipes tersebut bisa berpindah melalui media pengobatan kanker usus tanpa operasi makanan tersebut.

Secara Umum, berikut ini beberapa penyebab seseorang terserang penyakit tifus atau tipes:

  • Pertama dari makanan dan minuman yang sudah dihinggapi lalat atau terkontaminasi bakteri salmonella typhi.
  • Penularan bakteri melalui media makanan, misalnya makan atau minum yang sama dengan penderita penyakit tipes.
  • Makan selalu telat
  • Makan ditempat kotor
  • Makanan yang tidak higienis dan sudah dihinggapi nyamuk yang membawa bakteri salmonella typhi

Makanan Untuk Penderita Penyakit Tipes

Hal yang perlu diperhatikan selama proses penyembuhan penyakit tipes gejala flu perut adalah asupan makanan bagi si penderita. Biasanya penderita penyakit tipes disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lunak seperti bubur agar mudah dicerna. Selain itu, bagi penderita penyakit tipes disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan segar.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes :

ads
  • Makanan Tinggi Protein

Karena penderita sakit tipes biasanya akan mengalami penurunan nafsu makan, sehingga membuat tubuhnya menjadi lemas dan lemah, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi, untuk menambah tenaga baginya. Beberapa makanan tersebut adalah tempe, tahu, telur rebus,margarine, hati ayam, kacang kedele, ayam rebus, dan ikan rebus.

  • Makanan Rendah Serat

Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung cara mengobati polip lambung serat tinggi, sebaliknya makanan yang berserat rendah sangat direkomendasikan. Makanan yang rendah serat ini dikonsumsi agar fungsi usus dapat berjalan secara normal. Adapaun beberapa makanan yang mengandung rendah serat adalah kacang panjang, buncis, labu siam, brokoli, wortel, alpukat dan lain sebagainya.

  • Makanan yang Lunak

Organ usus halus si penderita tipes, menjadi tempat bersarangnya bakteri salmonella typhi , sehingga usus halus pasien belum bisa mencerna makanan secara normal. Oleh sebab itu, sebaiknya juga mengkonsumsi makanan yang lunak saja, agar tidak mempersulit kerja usus ketika harus mencernanya. Tidak sekedar makanan lunak biasa, tapi juga harus yang mengandung nilai gizi, serta nutrisi yang baik untuk menambah energy penderita tipes. Makanan tersebut seperti Nasi tim ayam, bubur nasi, roti bakar, kentang tumbuk dan pudding.

Adapun makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita tipes adalah :

  • Makanan asam
  • Makanan pedas
  • Makanan berserat tinggi
  • Makanan berlemak
  • Makanan instan
  • Minuman beralkohol, kafein dan soda

Pengobatan Penyakit Tifus/Tipes

Penyakit tipes yang menyerang sistem pencernaan membuat organ pencernaan tubuh kita seperti usus sangat rentan terhadap makanan yang keras, oleh karena itu makanan lunak merupakan pilihan utama yang baik dalam proses penyembuhan penyakit tipes. Ada beberapa orang yang bilang dengan mengkonsumsi jus jambu akan membantu pemulihan dan pengobatan penyakit tipes. Jus jambu akan membantu meningkatkan sel darah putih dalam darah, sehingga tubuh akan kembali bugar.

Untuk menghindari penyakit tipes, anda harus menjaga kebersihan makanan dan lingkungan tempat tinggal kita. Selain itu daya tahan tubuh harus selalu dijaga dan ditingkatkan, karena dengan daya tahan tubuh yang bagus, maka segala jenis penyakit tidak akan mudah menyerang kita. Penyakit tipes dapat sembuh dengan waktu yang cukup lama, semuanya tergantung pada proses pengobatanya.

Berikut ini beberapa obat sakit tipes alami yang aman dikonsumsi setiap hari :

  • Cacing Tanah

Obat sakit tipes yang cukup populer di Indonesia, adalah dengan cacing tanah. Cacing tanah ini biasanya dapat ditemukan di kebun-kebun rumah. Cacing tanah terbukti dapat mengatasi sakit tipus atau tipes, serta membantu menangani penyakit lainya seperti demam cacar, gangguan kemih dan lain sebagainya. Cacing tanah ini terbukti secara klinis, dapat dijadikan obat sakit tipes. Cara mengolahnya adalah dengan merebus cacing tanah (yang sudah bersih) kemudian minum air rebusanya. Anda bisa mencampurnya dengan madu (bila perlu).

Sponsors Link

  • Cengkeh

Cengkeh yang merupakan salah satu dari rempah-rempah Indonesia ini, ternyata dapat dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit tipes secara alami. Untuk menjadikanya ramuan obat, cukup dengan merebus cengkeh bersama 2 gelas air, lalu didihkan dan dinginkan. Minum dengan cara sedikit-dikit setiap hari.

  • Daun Sambiloto

Daun sambiloto yang sudah dikenal sebagai tanaman obat alami untuk beberapa penyakit ini, dapat dikonsumsi juga untuk obat tipes. Cara mengolahnya menjadi ramuan obat adalah minum air rebusan sambiloto tersebut sebanyak 2 kali sehari hingga tipes sembuh.

  • Air Kelapa

Air kelapa merupakan bahan obat alami yang hampir perut perih setelah makan disukai sebagian besar orang.  Air kelapa mengandung beberapa mineral penting seperti magnesium, lemak, sodium, kalsium, potassium serta karbohidrat dan elektrolit, yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Cukup minum air kelapa sebanyak mungkin setiap kali terkena tipes. Minum air kelapa juga baik untuk masa pemulihan.

  • Madu

Madu juga dapat membantu mengatasi gangguan pada proses pencernaan yang bisa timbul karena tipes. Madu dapat mengusir bakteri jahat dalam tubuh. Cara mengolahnya adalah masukan satu sendok makan madu dalam air hangat, lalu minumlah. Minuman madu seperti ini juga baik untuk masa pemulihan setelah tipes.

Penyakit tipes adalah salah satunya yang dapat menyerang kinerja system pencernaan kita (organ usus) menjadi kurang maksimal. Hal tersebut karena ulah bakteri salmonella typhi yang bersarang pada organ tersebut dan berkembang. Oleh sebab itu, faktor penyebab penyakit tipes ini harus segera diatasi. Lakukan pengobatan secara alami untuk hasil yang lebih aman serta penyembuhan yang cepat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :