Sponsors Link

8 Faktor Pengosongan Lambung Menurut Medis yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Pengosongan lambung adalah proses alami tubuh berupa pengeluaran isi perut. Normalnya, pengosongan lambung terjadi beberapa jam setelah makan. Gangguan kesehatan tertentu dapat memperlambat atau mempercepat pengosongan lambung. Faktor Pengosongan Lambung yang Berpengaruh dalam Kecepatan Pengosongan Lambung sebagai berikut:

ads
  1. Pompa Pilorus dan Gelombang Peristaltik

Pilorus adalah bagian lambung yang terletak berhubungan dengan usus 12 jari. Resistensi pilorus terhadap jalur makanan dapat menghambat proses pengosongan lambung ketika sinyal yang diberikan oleh usus 12 jari menekan pompa pilorus. Sedangkan peristaltik adalah gerakan otot-otot saluran pencernaan dalam mencerna makanan. Pada dasarnya gelombang gerakan peristaltik ini lah yang dapat mempermudah dan mempercepat proses pengosongan lambung.

2. Volume Makanan

Besarnya jumlah atau volume makanan yang dicerna juga berpengaruh dalam kecepatan pengosongan lambung. Semakin besar volume makanan, semakin meningkat pula pengosongan lambung. Hal tersebut terjadi karena ketika volume makanan yang dicerna berjumlah besar, dinding lambung akan meregang dan menimbulkan refleks tertentu pada dinding lambung yang mengakibatkan meningkatkan aktivitas pompa pilorus.

3. Hormon Gastrin

Hormon gastrin dapat mempermudah pengosongan lambung, sebab hormon ini menyebabkan lambung memproduksi getah asam lambung dan merangsang gerakan lambung. Selain itu, hormon gastrin juga dapat meningkatkan aktivitas pompa pilorus.

4. Refleks Enterogastrik

Refleks enterogastrik merupakan sinyal dari usus apabila usus mengalami beberapa gangguan, seperti gejala radang usus besar, usus busuk, ciri-ciri kram usus, atau penyakit ileus. Refleks ini menyebabkan penghambatan pengosongan lambung. Refleks ini biasanya diaktifkan oleh usus 12 jari ketika terdapat hal-hal berikut ini:

  • Peregangan usus 12 jari
  • Mukosa (lendir) usus 12 jari mengalami iritasi
  • Level keasaman kimus dalam usus 12 jari
  • Besarnya osmolalitas kimus

5. Lemak Pada Makanan

Makanan yang berlemak tinggi dapat menghambat aktivitas pompa pilorus. Akibatnya, pengosongan lambung akan terhambat juga. Sebenarnya belum diiketahui dengan pasti mengapa makanan yang kaya akan lemak dapat menyebabkan lambatnya pengosongan lambung. Akan tetapi, ada dugaan bahwa umpan balik hormonal dari usus 12 jari terhadap lemak adalah penyebab mengapa makanan berlemak tinggi dapat memperlambat proses pengosongan lambung.

6. Kontraksi Pyloric Sphincter

Pyloric Sphincter adalah sebuah katup otot yang terletak di antara lambung dan usus kecil yang akan terbuka ketika proses pencernaan makanan berjalan untuk memungkinkan makanan menuju ke usus kecil setelah dicerna oleh lambung. Kontraksi pyloric sphincter sebenarnya tidak terlalu berperan dalam pengosongan lambung. Namun, kontraksi ini bisa saja menjadi penghambat pengosongan lambung jika ada masalah, seperti terdapatnya zat asam yang berlebih atau tanda-tanda asam lambung naik, serta adanya iritasi pada bulbus duodeni (bagian usus 12 jari yang terletak sangat dekat dengan lambung).

Sponsors Link

7. Keenceran Chyme

Chyme adalah makanan yang dicerna yang telah bercampur dengan zat asam dan enzim. Tingkat keenceran chyme sangat berpengaruh terhadap lamanya pengosongan lambung. Semakin encer chyme, semakin cepat proses pengosongan lambung, dan sebaliknya.

8. Keadaan Emosi

Keadaan emosi atau kondisi kesehatan mental berpengaruh dalam lamanya pengosongan lambung. Perasaan bahagia dan tenang dapat mempercepat pengosongan lambung, sedangkan perasaan sedih atau stress dapat memperlambat pengosongan lambung.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai faktor pengosongan lambung. Ternyata Kesehatan organ pencernaan berpengaruh dalam pengosongan lambung. Cobalah cara menjaga kesehatan lambung dan cara menjaga kesehatan usus untuk membantu tubuh melakukan pengosongan lambung.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :