Sponsors Link

15 Efek Samping Jeruk Nipis untuk Asam Lambung dan Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Jeruk Nipis adalah tanaman yang tumbuh subur di kawasan Asia dan Amerika Tengah. Banyak negara, terutama negara di Asia memanfaatkan Jeruk Nipis juga sebagai bumbu pada makanan. Warnanya yang terang juga menjadikan Jeruk Nipis telah lama digunakan sebagai pewarna makanan alami yang aman dan menyehatkan. Mengapa menyehatkan? Karena Jeruk Nipis tersusun dari banyak zat dan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh.

ads

Siapa sangka ternyata Jeruk Nipis juga dapat digunakan sebagai obat alami yang dapat dikonsumsi sebagai penanganan dari berbagai macam gangguan kesehatan. Kandungan kurkumin pada Jeruk Nipis lah yang memungkinkan Jeruk Nipis dapat berfungsi sebagai agen penyembuh dan pencegah penyakit pada tubuh. Di bawah ini adalah beberapa khasiat Jeruk Nipis dan kunyit untuk tubuh:

Di Indonesia sendiri, Jeruk Nipis dimanfaatkan sebagai salah satu bahan pembuat jamu, yakni ramuan tradisional Indonesia yang memiliki banyak fungsi bagi kesehatan.

Sayangnya, sama seperti rempah dan makanan pada umumnya, Jeruk Nipis juga dapat memberikan efek samping yang buruk bagi kesehatan tubuh. Efek buruk akan muncul terutama pada orang yang memiliki tingkat sentitivitas yang tinggi atau apabila Jeruk Nipis dikonsumsi terlalu banyak atau melebihi batas yang dianjurkan.

Efek Jeruk Nipis untuk Asam Lambung dan Kesehatan Tubuh

Lambung adalah organ tubuh yang paling sering terkena dampak buruk penggunaan Jeruk Nipis yang berlebihan. Hal itu dikarenakan, lambung adalah organ pencernaan yang menerima Jeruk Nipis pertama kali sebelum organ pencernaan lain menerimanya.

Akibatnya, memakan Jeruk Nipis yang berlebihan akan mengakibatkan efek Jeruk Nipis untuk lambung, terutama asam lambung. Selain lambung, tentu saja Jeruk Nipis yang dimakan melebihi takaran normal juga akan menyebabkan masalah pada organ tubuh lainnya. Di bawah ini adalah beberapa efek Jeruk Nipis untuk asam lambung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan:

1. Meningkatkan Kadar Asam Lambung

Meskipun Jeruk Nipis merupakan salah satu obat tradisional asam lambung naik, namun Jeruk Nipis yang dikonsumsi secara berlebihan justru dapat meningkatkan kadar asam lambung. Terlalu banyak Jeruk Nipis di dalam perut akan merangsang gerak lambung. Akibatnya, lambung secara alami akan meningkatkan produksi asam lambung.

Produksi asam lambung yang meningkat dapat menyebabkan jumlah asam lambung di dalam tubuh melebihi batas wajar. Ketika hal ini terjadi, beberapa penyakit yang disebabkan oleh kebanyakan asam lambung akan muncul, seperti GERD (penyakit refluks asam lambung ke tenggorokan atau refluks gastro esofagus).

2. Menyebabkan Penyakit GERD (Refluks Gastro Esofagus)

GERD akan terjadi ketika terlalu banyaknya kadar asam lambung di dalam tubuh. Seperti yang telah diketahui, memakan Jeruk Nipis yang berlebihan dapat menjadi penyebab asam lambung naik, yang akan mengakibatkan jumlah asam lambung di dalam tubuh terlalu banyak. Asam lambung yang terlalu banyak ini kemudian akan refluks atau naik menuju esofagus (kerongkongan).

Kondisi ini disebut dengan GERD. Ciri asam lambung yang naik ke dada atau kerongkongan, pada umumnya ditandai dengan rasa nyeri pada ulu hati dan rasa terbakar pada dada. Sampai saat ini, GERD adalah satu-satunya gangguan kesehatan yang salah satu penyebabnya adalah kelebihan mengonsumsi Jeruk Nipis. Sehingga Jeruk Nipis merupakan salah satu pantangan penyakit GERD.

Sponsors Link

3. Menyebabkan Batu Ginjal

Terlalu banyak Jeruk Nipis di dalam tubuh bisa meningkatkan risiko membentuknya batu ginjal. Hal ini dikarenakan Jeruk Nipis mengandung zat oxalate yang dapat mengikat kalsium untuk membentuk kalsium oksalat yang tidak dapat larut. Kalsium oksalat inilah yang dapat menyebabkan batu ginjal.

4. Menyebabkan Pendarahan

Mengonsumsi Jeruk Nipis setiap hari dalam jangka waktu lama ternyata dapat melambatkan tubuh dalam membekukan darah. Akibatnya, risiko terjadinya memar dan pendarahan akan semakin meningkat jika mengonsumsi Jeruk Nipis. Jeruk Nipis, apabila dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan pendarahan yang berlebih.

5. Menyebabkan Kekurangan Zat Besi

Ada jenis senyawa di dalam Jeruk Nipis yang ditemukan dapat mengikat zat besi di dalam tubuh. Akibatnya, kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan akan menurun. Sehingga hal itu menyebabkan tubuh kekurangan zat besi. Oleh karena itu, apabila Anda kekurangan zat besi, lebih baik hindari konsumsi Jeruk Nipis. Kalaupun ingin mengonsumsi, konsultasikan pada dokter perihal dosis Jeruk Nipis yang aman untuk dikosumsi. Sering-seringlah mengecek level zat besi di dalam darah Anda sebelum memasukkan Jeruk Nipis dalam diet Anda.

Sponsors Link

6. Menyebabkan Kemandulan

Jeruk Nipis, jika dikonsumsi secara langsung oleh pria, akan mengakibatkan turunnya level hormon testosteron. Jeruk Nipis juga dapat mengurangi pergerakan sperma. Hal itulah yang memungkinkan Jeruk Nipis memiliki efek berupa menyebabkan kemandulan pada pria. Akan tetapi, kemandulan akibat Jeruk Nipis tingkat kemungkinannya akan lebih tinggi terjadi jika Jeruk Nipis dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak. Oleh sebab itu, hindari makan Jeruk Nipis di atas batas normal.

Selain enam efek Jeruk Nipis untuk asam lambung dan kesehatan tubuh di atas, di bawah ini adalah beberapa efek lainnya dari Jeruk Nipis yang bisa saja terjadi:

  1. Meningkatkan kontraksi kantung empedu
  2. Menurunkan tekanan darah secara berlebih
  3. Penyebab diare
  4. Menimbulkan reaksi alergi atau alergi makanan
  5. Detak jantung menjadi tidak normal
  6. Membahayakan janin
  7. Bau badan
  8. Perut sakit seperti kram
  9. Mual

Itu tadi beberapa efek Jeruk Nipis untuk asam lambung dan kesehatan tubuh. Ternyata rempah yang memiliki banyak khasiat ini juga dapat menimbulkan berbagai dampak buruk pada tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak. Oleh sebab itu, mari kita hindari konsumsi Jeruk Nipis yang berlebihan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal