Sponsors Link

4 Efek Habis Makan Langsung Mandi Bagi Kesehatan Yang Tidak Boleh Diabaikan

Sponsors Link

Merupakan suatu kebiasaan yang umum dilakukan oleh sebagian orang dan tanpa disadari sebenarnya mempunyai pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh, yaitu segera mandi setelah makan. Mandi memang memberikan efek kesegaran bagi tubuh, terutama jika dilakukan setelah beraktivitas di luar ruangan maupun pagi untuk mengawali aktivitas. Hal tersebut tentunya wajar dan sudah seharusnya dilakukan secara rutin sebanyak dua kali sehari. Yang salah dan sering diabaikan sebagian orang tentang waktu mandi adalah langsung mandi setelah makan.

ads

Sebenarnya, setiap aktivitas mempunyai waktu tertentu yang tepat, seperti makan, itu membutuhkan waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam sampai benar-benar tercerna dengan sempurna oleh sistem pencernaan tubuh. Lalu apa penyebab makanan sulit dicerna?, Lalu apa yang akan terjadi jika sebelum makanan tercerna dan kita sudah langsung mandi? Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai efek habis makan langsung mandi bagi kesehatan yang tidak boleh diabaikan. Mari kita simak.

  1. Mengganggu Proses Pencernaan

Efek yang paling signifikan habis makan langsung mandi adalah mengganggu proses pencernaan. Selain itu, perlu anda ketahui kekurangan enzim lipase juga bisa mengganggu pencernaan. Di saat tubuh seharusnya mengolah makanan selama kurang lebih 1 jam, namun belum selesai proses tersebut sudah digunakan untuk mandi, maka fokus tubuh akan beralih ke menghangatkan suhu tubuh. Sehingga proses pencernaan menjadi cenderung melambat. Pernyataan ini juga didukung oleh dokter yang mengklaim bahwa mandi dapat mengurangi suhu tubuh, sehingga siklus darah yang seharusnya berfungsi untuk membantu pencernaan dialihkan untuk mempertahankan suhu tubuh tetap hangat.

  1. Memicu Kram Atau Kejang Pada Perut

Masih terkait dengan efek sebelumnya, ketika mandi darah akan mengalir lebih cepat dan suhu tubuh pun juga ikut meningkat sehingga cenderung dapat memberikan efek kejut pada permukaan kulit tubuh. Hal ini yang menjadi pemicu bahaya kram usus jika diabaikan atau terasa seperti kejang di daerah perut, karena area perut setelah makan cenderung hangat lalu disiram air dingin secara mendadak. Jadi jangan dianggap remeh ya, walaupun mungkin alasan terburu-buru, namun lebih baik biasakan mandi dulu sebelum makan.

  1. Meningkatkan Asam Lambung

Makan langsung mandi menimbulkan asam lambung meningkat, lebih parah bahkan bisa memicu maag sering muntah. Karena berkurangnya volume aliran darah pada saluran pencernaan sehingga organ pencernaan bekerja esktra untuk dapat mencerna dengan maksimal. Akibatnya asam lambung naik dan dapat menyebabkan muntah.

  1. Memicu Obesitas

Terganggunya proses metabolisme tubuh akibat habis makan langsung mandi menyebabkan proses penyerapan makanan menjadi kurang optimal. Apabila dibiarkan, maka makanan yang tidak tercerna dan tidak bisa tersalurkan ke seluruh bagian tubuh akan menumpuk di bagian tubuh tertentu, terutama perut dan akhirnya menjadi pemicu kelebihan berat badan atau tanpa disadari menjadi penyebab obesitas. Untuk itu, biarkan tubuh benar-benar melakukan proses pencernaan dengan sempurna setelah makan, berikan waktu minimal sekitar 30 menit dan setelah itu silahkan mandi untuk memberikan kesegaran tubuh sebelum melakukan berbagai aktivitas harian anda. Disamping itu, berikut cara melancarkan pencernaan makanan yang bisa anda coba.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup