Sponsors Link

5 Efek Daun Sirih Untuk Lambung yang Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Daun sirih atau dalam bahasa Inggris disebut dengan betel leaf adalah sejenis daun yang berbentuk seperti hati. Daun yang tergolong ke dalam kelompok keluarga tanaman Piperaceae ini dapat tumbuh subur di daerah Asia, terutama di India dan di Negara Asia Tenggara. Meskipun biasanya kebanyakan orang menggunakan daun sirih sebagai penyegar mulut, daun sirih juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam masalah kesehatan, seperti cara mengobati ambeien dengan daun sirih, sebab penyusun daun sirih yang kompleks, kaya akan berbagai zat dan senyawa yang dapat digunakan sebagai obat alami penyakit tertentu dan pencegahan penyakit tertentu. Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat ditangani oleh daun sirih:

ads
  • Membantu mengatur tingkat glukosa, sehingga baik untuk penderita diabetes
  • Membantu menyembuhkan luka, terutama luka bakar
  • Mencegah dan menangani asma
  • Membantu melawan stress dan depresi
  • Baik untuk kesehatan mulut
  • Mencegah malaria
  • Mencegah kanker
  • Mengatasi keputihan
  • Mengatasi diare atau diare persisten
  • Membantu menurunkan berat badan
  • Membantu menghilangkan sakit kepala
  • Bagus untuk kesehatan lambung

Di Indonesia sendiri ada kebiasaan mengunyah daun sirih yang dikenal dengan sebutan “nyeupah”. Mengunyah daun sirih ini dilakukan untuk kesehatan mulut dan pencernaan karena kandungan dalam daun sirih yang memang baik untuk merawat kesehatan mulut dan saluran pencernaan, terutama lambung.

Efek Daun Sirih Untuk Lambung

Siapa sangka ternyata meskipun daun sirih sangat baik untuk kesehatan lambung, namun penggunaannya yang berlebihan dapat memberikan efek buruk bagi lambung dan kesehatan tubuh pada umumnnya. Seperti yang telah diketahui, lambung adalah salah satu organ pencernaan, yang apabila terjadi masalah pada lambung, dapat mengakibatkan masalah juga pada salah satu atau lebih organ pencernaan atau organ tubuh lainnya. Sehingga apabila lambung terkena efek buruk dari daun sirih, maka ada kemungkinan efek buruk tersebut dapat menjalar pada organ tubuh lainnya. Berikut ini adalah beberapa efek daun sirih untuk lambung:

1. Reaksi Alergi

Beberapa orang mungkin saja memiliki alergi terhadap daun sirih, sehingga mengonsumsi daun sirih dapat menimbulkan reaksi alergi. Reaksi alergi merupakan reaksi tidak normal tubuh akibat dari sistem imun tubuh yang menganggap zat atau senyawa tertentu yang terdapat dalam daun sirih sebagai zat asing yang dapat mengancam kesehatan tubuh.

Lambung adalah salah satu organ yang dapat terpengaruh ketika reaksi alergi daun sirih terjadi. Ketika lambung terpengaruh, saluran pencernaan lain juga dapat terpengaruh. Diare dan perut sakit seperti kram adalah salah satu pertandanya. Selain diare dan sakit perut, reaksi alergi daun sirih akan ditandai dengan gejala lainnya, yakni mual, pusing, dan lemas.

2. Kanker Perut

Terlalu sering atau terlalu banyak mengonsumsi daun sirih dapat mengakibatkan kanker mulut dan tenggorokkan (kanker oral). Cara mengonsumsi daun sirih yang dikunyah meningkatkan potensi terjadinya kanker oral. Tidak menutup kemungkinan juga bahwa daun sirih dapat menyebabkan kanker perut atau kanker lambung jika terlalu sering dikonsumsi atau dikonsumsi dalam takaran di atas batas wajar. Meskipun terdapat pengobatan kanker lambung, alangkah baiknya untuk menghindari konsumsi daun sirih yang berlebihan untuk mencegah penyakit mematikan ini terjadi.

3. Melukai Dinding Lambung

Sponsors Link

Dauh sirih dapat melukai dinding lambung apabila dikonsumsi dalam keadaan perut kosong. Daun sirih dapat memicu gerakan lambung saat perut kosong. Akibatnya, gerakan lambung akan berpotensi mengikis dinding lambung dan melukai dinding lambung. Sebenarnya, selain daun sirih, ada banyak makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan perut kosong, karena akan melukai dinding lambung, misalnya saja efek minum kopi saat perut kosong.

4. Menaikkan Asam Lambung

Daun sirih ternyata termasuk ke dalam makanan penyebab asam lambung kambuh terutama apabila dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak dan dikonsumsi saat perut kosong. Kelebihan asam lambung dapat menyebabkan berbagai macam penyakit lambung dan masalah pencernaan. Di bawah ini adalah beberapa penyakit akibat dari asam lambung naik:

  • Penyakit refluks gastroesofagus atau GERD
  • Maag
  • Gastritis
  • Tumor lambung
  • Kanker lambung
  • Gastroparesis atau kelumpuhan lambung
  • Gastroenteritis atau penyakit flu lambung

5. Penyakit gastritis

Sponsors Link

Efek daun sirih untuk lambung selanjutnya adalah penyakit gastritis. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daun sirih dapat menaikkan asam lambung. Asam lambung yang naik adalah penyebab gastritis. Meskipun banyak sekali berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh asam lambung naik, tetapi gastritis adalah gangguan pencernaan yang sangat umum terjadi yang disebabkan oleh konsumsi daun sirih. Gastritis sendiri adalah jenis gangguan pencernaan yang mirip dengan maag. Di bawah ini adalah gejala atau ciri penyakit gastritis:

Daun sirih memang dapat digunakan sebagai perawatan kesehatan lambung apabila dikonsumsi secara benar dengan takaran yang benar pula. Akan tetapi, mengonsumsi daun ini juga dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan lambung apabila penggunaannya tidak dilakukan dengan bijak dan hati-hati. Oleh karena itu, mari lebih berhati-hati dalam mengonsumsi daun sirih agar terhindar dari efek daun sirih yang dapat merugikan kesehatan tubuh. Demikianlah informasi singkat mengenai efek daun sirih untuk lambung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal