Sponsors Link

9 Efek Cuka Apel Terhadap Lambung yang Belum Diketahui

Sponsors Link

Cuka apel adalah cairan yang berwarna cokelat tua yang dibuat dari air apel yang difermentasi. Proses pembuatan cuka apel terbilang cukup mudah dan mirip dengan cara pembuatan makanan dan minuman fermentasi lainnya. Cara pembuatannya yakni dengan mencampurkan ragi ke dalam air apel. Setelah selesai dicampurkan, biarkan air apel tersebut selama beberapa waktu hingga proses fermentasi dirasa cukup. Sama halnya dengan makanan dan minuman fermentasi lainnya, cuka apel juga akan semakin baik apabila proses fermentasinya dibiarkan lebih lama.

ads

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat cuka apel sendiri, jangan khawatir, karena dewasa ini banyak sekali produk cuka apel yang bermunculan dan dijual bebas di pasaran. Cuka apel diklaim dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan seperti cara menghilangkan wasir dengan cuka apel. Selain disinyalir memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, cuka apel juga memberikan manfaat bagi kecantikan tubuh. Namun, apakah dugaan tersebut benar?

Salah satu klaim mengenai manfaat cuka apel ini adalah berhubungan dengan khasiat cuka apel untuk penyakit lambung. Berdasarkan dugaan yang beredar di tengah-tengah masyarakat, cuka apel dapat membantu menyembuhkan berbagai macam masalah pada lambung, masalah tersebut di antaranya:

  1. Maag
  2. Tukak lambung
  3. Tumor atau polip lambung
  4. Gastroparesis (penyakit kelumpuhan lambung)
  5. Gastroenteritis (penyakit flu lambung)
  6. Penyakit reluks asam lambung atau GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease)
  7. Kanker lambung

Sebenarnya, sampai artikel ini dipublikasikan, belum ada penelitian medis berskala besar mengenai manfaat cuka apel untuk membantu dalam menyembuhkan penyakit lambung tersebut. Sehingga, secara medis belum dibuktikan bahwa cuka apel memang benar-benar termasuk ke dalam salah satu makanan untuk asam lambung atau untuk masalah lambung lainnya.

Meskipun demikian, ada beberapa orang yang memang benar-benar terbantu dalam menyembuhkan gangguan lambung yang mereka derita dengan mengonsumsi cuka apel. Sehingga mungkin cuka apel dapat memberikan efek yang berbeda kepada setiap orang tergantung dari kondisi tubuhnya masing-masing.

Efek Cuka Apel Terhadap Lambung dan Kesehatan Tubuh

Ada beberapa efek cuka apel terhadap lambung dan kesehatan tubuh. Efek tersebut terdiri dari efek baik dan efek buruk. Berikut ini adalah penjelasannya masing-masing:

Efek Baik

1. Penghasil Probiotik

Sama halnya seperti makanan berfrementasi lainnya, cuka apel juga kaya akan probiotik. Probiotik adalah sejenis bakteri baik yang sangat bagus untuk melancarkan pencernaan. Probiotik juga dapat membantu merawat lambung dan sistem pencernaan lainnya.

2. Memperlambat Proses Pencernaan

Seperti yang telah diketahui, lambung termasuk ke dalam kelompok organ pencernaan. Cuka apel dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga pengosongan perut pun akan lambat juga. Akibatnya, pelepasan glukosa ke dalam darah pun akan lambat, sehingga dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini utamanya sangat bagus bagi Anda yang sedang menjaga diet Anda.

Sponsors Link

3. Mengatasi Diare dan Sembelit

Cuka apel dapat membantu mengatasi diare dan sembelit jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat. Zat asam pada cuka apel diduga dapat menghasilkan efek antibakteri yang kuat pada lambung dan usus. Sehingga cuka apel cocok digunakan sebagai cara mengatasi susah BAB.

4. Menambah Asam Lambung untuk GERD

GERD atau penyakit refluks asam lambung adalah suatu gangguan ketika asam lambung naik ke tenggorokan. Salah satu penyebab GERD adalah kurangnya asam lambung. Mengonsumsi cuka lambung dapat membantu mengatasi GERD yang diakibatkan oleh kurangnya asam lambung.

Efek Buruk

1. Merusak Lapisan Lambung

Penggunaan cuka apel yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan lambung dan terkikisnya dinding lambung. Hal itu dikarenakan cuka apel mengandung asam sitrat tinggi.

2. Memperlambat Proses Pencernaan

Anda tentunya akan bingung, mengapa memperlambat proses pencernaan juga termasuk ke dalam efek buruk cuka apel terhadap lambung. Meskipun memperlambat proses pencernaan termasuk ke dalam efek baik cuka apel, efek tersebut hanya berlaku bagi segelintir orang yang sedang diet saja. Faktanya, proses pencernaan yang lambat lebih banyak memberikan efek buruk dibanding efek baik kepada kesehatan. Salah satu efek buruknya adalah gastroparesis, yaitu kondisi yang terjadi pada kebanyakan penderita diabetes tipe 1.

Sponsors Link

3. Sakit Perut

Beberapa orang mengonsumsi cuka apel untuk melancarkan sistem pencernaan. Namun, beberapa orang lainnya, mengonsumsi cuka apel justru dapat menjadi penyebab sakit perut melilit, terutama bagi orang yang memiliki lambung sensitif.

4. Gangguan Pencernaan

Telah disinggung sebelumnya bahwa cuka apel dapat memperlambat proses pencernaan. Bagi beberapa orang, proses pencernaan yang berjalan lambat bisa menjadi gejala gangguan pencernaan, misal maag, radang lambung (gastritis), diare, sembelit, dsb. Hal itu salah satunya disebabkan oleh kandungan asam tinggi yang terdapat dalam cuka apel.

5. Berbahaya Jika Dikonsumsi dengan Obat Tertentu

Karena mengandung zat asam yang sangat tinggi, cuka apel dapat dengan mudahnya bereaksi dengan jenis obat-obatan tertentu, seperti laksatif, diuretik, dan insulin. Efeknya dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah pada lambung. Terlebih lagi, cuka apel akan mengakibatkan masalah serius apabila dikonsumsi bersamaan dengan jenis obat diabetes dan obat jantung tertentu.

Itulah tadi beberapa efek cuka apel terhadap lambung dan kesehatan tubuh. Dapat disimpulkan bahwa tidak boleh sembarangan untuk menggunakan cuka apel sebagai pengobatan. Selalu konsultasikan kepada ahli medis apabila Anda ingin menggunakan cuka apel sebagai obat penyakit tertentu. Sebab efek yang akan ditimbulkan akan berbeda pada tiap orang.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :