Sponsors Link

Diare Setelah Operasi Usus Buntu: Penyebab, Bahaya, Penanganan

Sponsors Link

Apakah kalian pernah mengalami masalah pencernaan? Masalah pencernaan apakah yang pernah kalian alami? Masalah pencernaan adalah suatu hal yang tidak diinginkan seseorang mengingat hal yang satu ini akan menghalangi kita untuk beraktivitas dengan optimal sepanjang hari. Permasalahan pencernaan antara satu orang dengan orang lainnya tentu saja bisa berbeda-beda, contohnya saja adalah sering mual dan sakit perutdiare disertai keringat dingin, ataupun maag sakit hingga tulang belakang.

ads

Tidak jarang kita memerlukan tindakan lanjut dalam menanganani masalah pencernaan, misalnya saja operasi usus buntu. Operasi usus buntu sendiri adalah sebuah tindakan medis yang dilakukan ketika kondisi kesehatan pencernaan memburuk dan tim medis perlu memotong serta membuang usus buntu (appendix). Dilakukannya operasi usus buntu bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti terjadinya peradangan usus besar, terinfeksi karena bakteri, dan lain-lain.

Namun seperti berbagai tindakan medis lainnya, operasi usus buntu juga berisiko menimbulkan beberapa efek samping tertentu seperti kaki bengkak setelah operasi usus buntu ataupun perlengketan usus setelah operasi usus buntu. Nah kali ini, kita akan membahas diare setelah operasi usus buntu. Apa sih yang menjadi penyebab efek samping ini muncul? Apa bahayanya dan bagaimana penanganan yang tepat untuk permasalahan satu ini? Nah daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan berikut!

Diare Setelah Operasi Usus Buntu

Hal yang satu ini adalah salah satu contoh efek samping yang bisa muncul setelah kita menjalani operasi usus buntu dan pastinya bisa dialami oleh siapa saja. Diare bisa saja muncul beberapa hari setelah operasi usus buntu dilakukan dan hal ini disebabkan karena saluran pencernaan belum sembuh betul setelah operasi. Namun kita perlu tanggap dan segera berkonsultasi ke dokter apabila diare yang kita alami berkepenjangan, alias kita masih mengalami diare meskipun sudah melebihi 3 hari pasca operasi. Nah berikut adalah beberapa penyebab kemungkinan timbulnya diare setelah operasi usus buntu:

  • Gangguan cemas berlebih;
  • Keracunan makanan;
  • Malabsorbsi;
  • Infeksi saluran pencernaan.

Bahaya Diare Setelah Operasi Usus Buntu

Mengalami efek samping berkepanjangan tentu saja merupakan pertanda buruk untuk tubuh kita, khususnya mengalami diare yang tidak kunjung sembuh setelah kita mendapatkan tindakan yang satu ini. Biasanya dokter akan melakukan tindak lanjut ketika hal ini terjadi, seperti melakukan pemeriksaan laboratorium, rontgen, ataupun melakukan pemeriksaan USG pada kita sehingga dokter tahu tindakan apa yang sebaiknya dilakukan selanjutnya. Berikut adalah beberapa bahaya diare setelah operasi buntu:

  • Terjadinya dehidrasi serius. Yup benar sekali, dehidrasi serius akan menyebabkan tubuh kita kekurangan cairan dan tentu saja tubuh akan kehilangan mineral penting lainnya yang menyebabkan organ dan jaringan tubuh tidak bisa berfungsi dengan optimal;
  • Ketika dehidrasi parah tidak segera ditangani, bukan suatu hal yang mengherankan jika hal ini akan meluas ke daerah lainnya. Benar sekali, fungsi ginjal akan menjadi terganggu dan bisa saja muncul batu ginjal yang merupakan salah satu gangguan pencernaan lainnya;
  • Mengalami anemia hingga menyebabkan kita pingsan;
  • Terjadinya pembengkakan otak hingga kerusakan beberapa jaringan otot;
  • bahkan bisa berujung pada kematian.

Penanganan Diare Setelah Operasi Usus Buntu

Sponsors Link

Melakukan penanganan yang tepat dan segera adalah hal yang perlu kita lakukan ketika muncul efek samping yang satu ini sehingga tidak mengancam keselaman nyawa seseorang. Nah berikut adalah beberapa penanganan diare setelah operasi usus buntu yang bisa kita lakukan dan pastinya berada sesuai anjuran dokter atau tim medis:

  • Menghindari mengonsumsi makanan yang kadar seratnya terlalu tinggi, berlemak, pedas, ataupun mengandung kafein;
  • Mencuci tangan sebelum makan dan hal ini perlu dilakukan agar makanan yang masuk ke dalam perut terjaga kehigineisannya;
  • Memperbanyak minum air putih karena hal ini akan menghindarkan kita dari dehidrasi;
  • Beraktivitas yang ringan dan tentu saja menghindari melakukan hal-hal yang memerlukan banyak tenaga karena hal ini dapat menyebabkan luka bekas jahitan tidak cepat sembuh;
  • Menghindari cemas dan stres berlebihan.

Nah itu tadi adalah beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai diare setelah operasi usus buntu. Satu hal yang perlu kita ingat setelah menjalani operasi usus buntu adalah dengan menjalani pola hidup yang lebih sehat dari sebelumnya seperti dengan lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung DHA dan omega 3 ataupun makanan yang mengandung glukosamin tinggi dan antioksidan yang pastinya baik untuk pencernaan. Semoga informasi yang satu ini bermanfaat untuk kalian ya!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Usus Buntu