Sponsors Link

Diare Karena Cacingan: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Siapa sih yang tidak tahu penyakit cacingan? Penyakit yang sering dianggap sebagai penyebab susahnya naik berat badan ini sangat umum terjadi. Banyak yang mengira bahwa cacingan hanya dapat menimpa anak kecil saja, tetapi faktanya, cacingan juga dapat menyerang orang dewasa.

ads

Meskipun banyak yang menganggap wajar jika cacingan terjadi pada anak kecil, namun penyakit ini jangan disepelekan. Sebab cacingan dapat menghambat pertumbuhan sang buah hati. Untuk orang dewasa pun penyakit ini dapat menurunkan tingkat kesehatan si penderita. Selain itu, cacingan bisa bikin wajah berjerawat. Hal tersebut dikarenakan cacing penyebab cacingan dapat tumbuh dan berkembang di dalam tubuh dengan cara memakan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Nutrisi yang seharusnya dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh malah hilang karena dimakan oleh cacing. Oleh sebab itu tidak heran apabila orang yang menderita cacingan terlihat lesu dan susah gemuk karena cacingan.

Di bawah ini adalah gejala cacingan pada umumnya:

  1. Lesu, lemas
  2. Badan kurus
  3. Berat badan susah naik
  4. Mual
  5. Muntah
  6. Nyeri perut
  7. Diare
  8. BAB berdarah
  9. Batuk
  10. Tidak nafsu makan
  11. Mudah ngantuk

Dapat dilihat bahwa diare adalah salah satu gejala penyakit cacingan. Diare merupakan gangguan kesehatan yang ditandai dengan meningkatkan frekuensi buang air besar dengan kotoran yang dikeluarkan berbentuk lebih cair atau encer. Diare dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena adanya infeksi pada saluran pencernaan oleh mikroba seperti bakteri, virus, parasit, dan cacing. Diare karena cacingan adalah diare yang disebabkan oleh infeksi cacing pada usus.

Gejala dan Penyebab Diare Karena Cacingan

Faktanya, penyakit cacingan tidak selalu ditandai dengan diare. Sebab gejala cacingan tergantung dari jenis cacing yang menyerang tubuh. Diare karena cacingan disebabkan oleh infeksi cacing gelang, cacing pita, atau cacing cambuk. Berikut ini adalah penjelasan masing-masing cacing tersebut disertai dengan gejala dan penyebab atau penularannya:

  • Cacing Gelang

Cacing gelang atau dikenal juga dengan sebutan cacing askariasis merupakan salah satu parasit penyebab diare karena cacingan. Cacing ini tergolong berukuran besar sebab memiliki ukuran hampir sebesar cacing tanah. Apabila cacing ini menyerang usus, orang yang terserang akan mengalami gejala berikut ini:

  1. Diare
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Rasa nyeri atau tak nyaman pada perut
  5. Berat badan menurun
  6. Nafsu makan menurun
  7. Batuk
  8. Obstruksi usus (penyumbatan usus) bila jumlah cacingnya banyak

Penularan cacing ini umumnya disebabkan oleh faktor sanitasi lingkungan. Konsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh telur cacing gelang adalah salah satu cara penularannya. Berikut ini beberapa faktor risiko terkena infeksi cacing gelang:

Sponsors Link

  1. Kebersihan: Cacing gelang senang tinggal di tempat yang kebersihannya kurang terjaga, terutama di area yang menggunakan kotoran sebagai pupuk.
  2. Usia: Orang yang berusia di bawah 10 tahun lebih rentan terserang cacing ini.
  3. Kepadatan penduduk: Semakin padat penduduk, semakin mudah penyebaran infeksi cacing gelang untuk terjadi.
  • Cacing Pita

Cacing yang termasuk ke dalam kelompok tapeworm ini tidak dapat hidup dengan sendiri di alam bebas, karena cacing pita membutuhkan inang sebagai tempat tinggal mereka. Tubuh manusia dan tubuh binatang adalah inang yang sempurna bagi cacing parasit ini. Ketika menginfeksi usus, cacing ini akan menyebabkan diare karena cacingan. Gejala lain infeksi cacing pita antara lain:

  1. Sakit perut
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Lemas
  5. Mudah lelah
  6. Tidak selera makan
  7. Berat badan menurun
  8. Pusing
  9. Malabsorsi nutrisi
  10. Kejang
ads

Beberapa cara penularan cacingan yang disebabkan oleh cacing pita:

  1. Memakan daging mentah atau setengah matang
  2. Mengonsumsi air yang telah terkontaminasi telur cacing pita
  3. Adanya kontak dengan kotoran hewan atau manusia
  • Cacing Cambuk

Cacing cambuk adalah salah satu parasit penyebab mencret atau diare karena cacingan. Jenis cacing ini biasanya hidup pada lingkungan yang beriklim lembab dan hangat. Sama seperti parasit cacing pada umumnya, cacing cambuk juga senang tinggal di daerah yang tidak bersih. Orang yang terinfeksi cacing ini pada awalnya tidak akan merasakan gejala apapun. Gejala akan muncul ketika tingkat infeksi cukup parah. Berikut ini adalah beberapa gejala infeksi cacing cambuk:

  1. Diare disertai lendir darah
  2. Kotoran berbau tajam
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Sakit kepala
  6. Berat badan turun
  7. Lemas

Penularan cacing ini memerlukan tanah sebagai medianya. Di Indonesia sendiri ada istilah “belum lima menit”, yaitu keadaan ketika makanan yang terjatuh ke tanah masih aman untuk dimakan tanpa dicuci terlebih dahulu karena makanan belum menyentuh tanah selama 5 menit. Padahal aturan “belum lima menit” tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan, sebab mengonsumsi makanan yang jatuh ke tanah tanpa mencucinya terlebih dahulu merupakan cara utama cacing cambuk memasuki tubuh.

Pengobatan Diare Karena Cacingan

Pengobatan diare karena cacingan tergantung dari penyebabnya. Kenali penyebabnya terlebih dahulu sebelum dilakukan pengobatan. Untuk semetara, Anda dapat mencoba beberapa cara mengobati cacingan dan diare karena cacingan di bawah ini:

  1. Perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi akibat diare
  2. Perbanyak makanan yang mengandung karbohidrat tinggi
  3. Cobalah konsumsi makanan untuk penderita diare
  4. Minum obat cacing yang beredar di pasaran
  5. Jagalah kebersihan lingkungan
  6. Selalu cuci tangan sebelum makan
  7. Cuci bersih atau masak dengan benar makanan sebelum dikonsumsi

Hubungi dokter apabila gejala tidak kunjung mereda atau bertambah parah. Dokter juga akan memberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi diare karena cacingan. Demikianlah informasi singkat mengenai gejala, penyebab, dan pengobatan diare karena cacingan. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda semua.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Diare