Sponsors Link

Diare Disertai Sendawa Berbau: Penyebab, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Semua orang pernah sendawa, tentu wajar adanya jika seseorang bersendawa karena sendawa adalah reaksi dari tubuh kita terhadap proses alami sistem pencernaan tubuh. Gas akan muncul ketika tubuh kita mencerna makanan. Gas yang berlebihan akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui berbagai cara, di antaranya adalah sendawa. Normalnya, gas yang dikeluarkan melalui sendawa akan memiliki bau yang kurang lebih sama dengan makanan yang dikonsumsi sebelumnya. Apabila sendawa berbau tak sedap, bisa jadi itu disebabkan oleh gas hidrogen sulfida, yaitu gas yang mengadung zat sulfur (belerang) yang terkandung dalam protein makanan yang dikonsumsi.

ads

Sulfur di dalam sistem pencernaan diuraikan dan dilepaskan dari dalam tubuh oleh bakteri baik yang hidup di dalam usus. Sehingga, jangan terlalu khawatir jika Anda merasa sendawa Anda berbau tidak sedap, sebab pada umumnya itu hanya disebabkan oleh sulfur yang terkandung dalam makanan yang tidak tidak mengindikasikan bahwa Anda sedang terserang penyakit berbahaya yang dapat mengancam nyawa. Walaupun demikian, apabila sendawa berbau disertai gejala lainnya seperti diare, bisa saja Anda sedang terkena gangguan pencernaan akibat dari infeksi bakteri jahat.

Penyebab Diare Disertai Sendawa Berbau

Beberapa penyebab diare disertai sendawa berbau biasanya hanya petanda penyakit ringan yang dapat sembuh dengan sendirinya atau dapat ditangani sendiri di rumah. Akan tetapi, ada beberapa penyebab diare disertai sendawa berbau yang diperlukan pertolongan dokter untuk menanganinya. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang mungkin menjadi alasan dibalik Anda menderita diare disertai sendawa berbau:

1. Makanan Mengandung Gas Hidrogen Sulfida Tinggi

Mengonsumsi makanan yang mengandung gas hidrogen sulfida tinggi bisa saja penyebab dari diare disertai sendawa berbau. Di atas telah dibahas sedikit bahwa gas hidrogen sulfida yang terkandung dalam protein makanan dapat menyebabkan sendawa berbau tak sedap. Meskipun tidak umum dan jarang terjadi, memakan makanan yang mengandung gas ini juga disinyalir dapat menyebabkan gangguan pada saluran usus, yang kemudian bisa mengakibatkan diare. Di bawah ini adalah beberapa makanan yang memiliki sulfur dalam proteinnya:

  • Telur
  • Susu dan produk turunannya
  • Pisang
  • Alpukat
  • Semangka
  • Tomat
  • Kentang manis
  • Kacang-kacangan
  • Jagung
  • Kelapa
  • Daging merah
  • Daging Unggas
  • Pengawet makanan

2. Infeksi Pada Saluran Usus

Penyebab diare disertai sendawa berbau selanjutnya yakni terdapatnya infeksi pada saluran usus atau infeksi usus besar. Selain diare dan bersendawa, infeksi pada saluran usus ini biasanya juga digejalai oleh demam, mual, dan muntah. Berikut adalah beberapa mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi saluran pada usus:

  • Giardia Lambia

Protozoa yang hidup dan bereproduksi di usus kecil. Mengonsumsi atau menggunakan air dan makanan yang sudah terkontaminasi oleh mikroorganisme ini dapat menyebabkan infeksi saluran pada usus dan gangguan pencernaan lainnya. Giardia Lambia akan membuat orang yang terinfeksi mengalami diare, sendawa, berbau, buang gas berbau, dan perut kembung. Akan menyebabkan dehidrasi jika tidak segera ditangani.

Sponsors Link

  • Helikobakteri pilori (H. Pilori)

Bakteri yang hidup di lambung yang dapat menyebabkan gastritis dan tukak saluran pencernaan. Bakteri ini merupakan bakteri yang menyebabkan diare, perut kembung, mulas, dan sendawa berbau yang berlebihan. Dokter biasanya memberikan antibiotik untuk mencegah dan menangani infeksi akibat H. Pilori.

  • Flora usus normal

Meskipun termasuk ke dalam bakteri normal, jika jumlahnya berlebih, bakteri ini juga akan mengakibatkan infeksi pada usus. Akibatnya si penderita akan mengalami perut kembung yang disertai dengan diare dan sendawa berbau. Flora usus normal dapat diatasi dengan boat antijamur yang dianjurkan dokter.

3. Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis, terutama gangguan pencernaan yang kronis, seperti gejala asam lambung kronis memiliki gejala berupa diare disertai sendawa berbau. Penyakit tersebut di antaranya:

ads
  • Penyakit Crohn
  • Penyakit celiac
  • Sindrom iritasi usus atau GERD (gastrointestinal reflux disease)
  • Peradangan pankreas (pankreatitis)

4. Pola Makan Buruk

Pola makan yang buruk seperti makan terlalu cepat, mengunyah makanan dengan tidak benar dan terlalu sering mengonsumsi makanan tidak sehat adalah salah satu penyebab diare disertai sendawa berbau. Mungkin tidak disadari bahwa makanan tidak terkunyah dengan sempurna oleh mulut ketika kita makan terlalu cepat.

Akibatnya, perut harus bekerja ekstra keras untuk mencerna makanan yang mengakibatkan perut memproduksi gas berlebihan. Ditambah lagi, jika makanan dikonsumsi adalah makanan yang tidak sehat yang mengandung banyak pengawet buatan di dalamnya. Oleh karena itu, tidak heran jika diare serta sendawa berbau terjadi akibat pola makan buruk.

Bahaya Diare Disertai Sendawa Berbau

Berbahaya atau tidaknya diare disertai sendawa berbau sebenarnya tergantung dari penyebabnya. Jika penyebabnya hanya karena terlalu banyak mengonsumsi makanan bergas hidrogen sulfida tinggi, tentu saja tidak berbahaya, karena gangguannya dapat hilang dengan sendiri atau dapat disembuhkan dengan perawatan di rumah. Namun, jika penyebabnya karena penyakit pencernaan kronis, maka komplikasi serius akan terjadi jika tidak segera ditangani. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Penanganan Diare Disertai Sendawa Berbau

Ada beberapa penanganan diare disertai sendawa berbau yang patut dicoba di rumah:

  1. Pola Makan Sehat: Biasakanlah pola makan sehat, seperti mengunyah makanan dengan benar.
  2. Kurangi Makanan Bersulfur Tinggi
  3. Hindari makanan berpengawet buatan
  4. Konsumsi air putih untuk menghindari dehidrasi akibat diare
  5. Konsumsi makanan yang kaya akan probiotik dan prebiotik
  6. Cobalah cara mengobati infeksi usus jika diare disertai sendawa diakibatkan oleh infeksi saluran usus
  7.  Cobalah cara mengobati sindrom iritasi usus besar jika masalah ini disebabkan oleh penyakit GERD

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai diare disertai sendawa berbau. Meskipun pada umumnya masalah ini dapat diobati di rumah, menghubungi dokter adalah cara terbaik untuk mengatasi gangguan ini agar tahu penyebab utama dan penanganannya yang tepat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Diare