Sponsors Link

Kenapa Diare Disertai Demam? Bagaimana Pemulihanya?

Sponsors Link

Diare yang dikenal dalam istilah bahasa inggris dengan sebutan diarrhea, merupakan suatu keadaan gangguan kesehatan pencernaan, dimana tinja yang dikeluarkan sebagai hasil akhir pencernaan berubah bentuknya menjadi lebih cair atau encer. Tidak hanya itu, kegiatan buang air besar juga mengalami perubahan, berupa frekuensi BAB yang lebih sering dibandingkan saat dalam keadaan normal (sehat). Sepertinya penyakit diare tidak begitu berbahaya,dibandingkan penyakit kanker. Namun, penyakit pencernaan ini rupanya telah membunuh sekitar 2.6 juta jiwa manusia di cara mengatasi bab setelah makan setiap tahun.

ads

Penyakit diare bisa disebabkan oleh beberapa faktor, namun yang utama, diare ternyata banyak disebabkan oleh konsumsi makanan atau minuman yang tidak dilakukan pengecekan kebersihanya terlebih dulu. Di dalam makanan atau minuman yang setiap hari kita konsumsi, ternyata terkandung bakteri dan virus penyebab sakit diare, jika tidak dijamin kebersihanya terlebih dulu. Hal tersebut tentunya perlu kita hindari, dengan meningkatkan kesadaran, bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi hubungan lambung dengan otak  harus bersih dan sehat.

Gejala Diare yang Dialami Orang Dewasa

Gejala merupakan tanda-tanda yang muncul pada diri seseorang, ketika dia sedang mengalami sakit atau terkena suatu penyakit. Orang yang terkena diare, juga akan memunculkan gejala penyakit diare, yang kemudian terjadi dalam waktu yang cukup sering. Apa saja gejala diare yang sering dialami orang dewasa, berikut ulasanya:

  • Pasien biasanya akan mengalami BAB yang terus menerus
  • Pasien akan sering merasa perutnya mulas
  • Pasien mengalami dehidrasi karena terlalu sering BAB dengan tinja cair/encer
  • Tidak sedikit pasien yang mengalami mual dan muntah
  • Terkadang badan pasien bisa merasa pegal-pegal (tidak semua pasien)
  • Pasien mengalami sakit punggung
  • Perutnya sering berbunyi, yang mungkin berasal dari pergerakan organ usus

Gejala diare yang dibahas di atas, sebetulnya juga dapat terjadi pada pasien anak-anak. Ketika mengalami diare, otomatis pencernaan pasien menjadi kurang maksimal kinerjanya. Terkadang, pasien yang diberikan makan, reaksinya akan terus mengalami mulas dan ingin BAB. Solusinya, tentu sesegera mungkin harus dibawa ke dokter, untuk melakukan pengecekan berat badan naik setelah minum obat cacing secara medis.

Demam Karena Diare

Pada beberapa kasus penyakit diare yang pernah terjadi, ditemukan juga gejala diare berupa demam yang membuat pasien diare merasa tidak nyaman dan tidak mampu melakukan aktifitas yang berat. Seseorang yang terserang diare disertai demam, jika setelah diukur suhu tubuhnya mencapai  37.3 celcius, disebabkan karena tubuhnya mengalami infeksi.Karena berkaitan dengan penyakit pencernaan, yaitu diare, maka infeksi tersebut mungkin terjadi karena bakteri penyebab diarenya yang bersarang  khasiat gula merah untuk lambung di organ usus.

Umumnya, penanganan penyakit diare yang cukup sederhana dan mudah dilakukan, adalah dengan memberi serbuk oralit sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang, selama mengalami diare dan BAB terus menerus dengan tinja cair. Anda juga dapat membuat ramuan obat diare sendiri dengan mencampurkan 1/4 sendok teh garam juga 1 sendok teh gula ke dalam air hangat dengan takaran 250 cc. Ramuan tersebut sebaiknya diminum setiap kali diare sudah berhenti.

Jika diare yang dialami disertai dengan rasa demam, Anda bisa mengkonsumsi obat demam khusus untuk mengatasinya. Berikan obat penurun demam seperti jenis paracetamol  misalnya. Obat tersebut sudah sering digunakan sebagai penurun demam yang ampuh dan cocok untuk siapa saja. Namun, jika sakit diare disertai demam masih berlanjut hingga jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk berkonsultasi seputar penyakit diare yang dialami, agar mendapat tindakan medis segera mungkin.

Sponsors Link

Pemulihan Diare Disertai Demam

Diare merupakan salah satu penyakit yang mengganggu pencernaan manusia, yang jika dibiarkan bahkan dapat mengancam jiwa pasienya. Namun, bukan berarti diare sulit untuk disembuhkan hingga pulih. Jika penyebabnya berdasarkan pola makan yang kurang benar, maka memperbaiki pola makan Anda, dapat mempercepat pemulihan sakit diare. Begitu juga dengan diare yang disertai khasiat daun kemangi untuk maag dan kesehatan demam, pemulihan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat –obatan yang tepat.

Diare yang muncul berbarengan dengan demam, setelah mengkonsumsi obat demam khusus dan obat diare, diharapkan pasien dapat berisitirahat yang cukup, dibarengi  dengan asupan makanan yang diperbolehkan untuk pasien penderita diare. Cobalah untuk makan dan minum dengan porsi yang sedikit, namun teratur dan tidak mengkonsumsi makanan terlalu cepat. Dengan begitu, diare disertai demam dapat segera diatasi tanpa khawatir yang berlebihan.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Diare