Sponsors Link

7 Ciri Tipes Sudah Mulai Sembuh – Wajib Tahu

Sponsors Link

Tipes, atau biasa dikenal dengan demam typhoid, merupakan penyakit yang banyak menyebabkan rumah sakit dipenuhi oleh para pasien yang sedang terjangkit. Tipes masuk dalam peringkat 10 teratas penyakit yang menyumbang jumlah pasien terbanyak pada setiap rumah sakit.

ads

Baca lebih lanjut: Ciri Ciri Tipes Parah – Gejala Tipes

Penyakit ini disebabkan oleh bakter Salmonella typhi (atau Tyhpoid bacillus)yang banyak hidup sekitar tempat-tempat kotor. Berbagai serangga seperti lalat, nyamuk dan jenis lainnya menyumbang andil cukup besar dalam persebaran penyakit. Kaki mereka yang sebelumnya telah hinggap pada sampah, atau tempat kotor lain dimana bakteri S. thypi berada, akan dengan mudah berpindah dan hinggap pada makanan. Setelah itu, makanan akan dengan lahap dimakan oleh kita. Padahal, kita tidak sadar bahwa makanan yang kita makan telah tercemar dengan bakteri pembawa penyakit tipes. Berikut adalah berbagai macam penanganan yang dapat diberikan untuk para pasien tipes untuk membantu penyembuhan mereka :

  • Tes darah untuk memastikan – Antibodi yang bereaksi terhadap tipes umunya muncul pada hari ke 5-ke7, sehingga pemeriksaan akan lebih bijak dilakukan kurang lebih seminggu setelah gejala-gejala lain dialami oleh pasien. Tes yang dilakukan dapat berupa uji widal, pemeriksaan tubex TF, kultur darah, dan cara-cara lainnya yang dianggap mampu mendeteksi apakah pasien positif tipes sehingga penyembuhan dapat dilaksanakan segera.
  • Diberikan kamar tersendiri – Pasien biasanya akan disarankan untuk dirawat di rumah sakit agar penanganan tipes dapat dilakukan dengan lebih baik dan efektik. Namun, jika pasien dan keluarga lebih memiliki untuk mengobati nya di rumah, makan pasien diharuskan untuk memiliki kamar terpisah. Hal ini dikarenakan tipes yang dapat dengan mudah menular pada orang lain. Lakukan kontak se-minim mungkin dengan pasien. Kamar dengan jendela yang bisa dibuka keluar rumah akan lebih baik lagi, agar sirkulasi udara terjadi dengan baik dan langsung bertukar dengan udara segara dari luar.
  • Konsumsi makanan dibatasi – Jenis makanan orang sakit jelas akan dibatasi, dan diutamakan mengkonsumsi makanan yang mampu mempercepat penyembuhan. Disarankan untuk makan makanan tinggi protein dan lunak, seperti bubur, nasi tim ayam, roti bakar, biscuit, pudding, mashed potato, alpukat, dan pisang. Dan hindari makanan pantangan makanan penderita tipes berupa serat yang tinggi terlebih dahulu, untuk meringankan kerja pencernaan pasien. Makanan lain yang sebaiknya dihindari adalah yang terlalu asam, terlalu pedas, dan berminyak. Baca lebih lanjut
  • Bedrest – Pasien tipes akan memiliki tenaga yang cukup berkurang sehingga mereka akan cenderung merasa lemas. Jika pasien banyak bergerak, juga akan mempercepat proses perpindahan bakteri dalam tubuh. Oleh karena itu disarankan untuk banyak tidur dan istirahat di tempat tidur. Disarankan untuk tidur pada jam 22.00-05.00 untuk kualitas tidur yang maksimal, dimana hal tersebut dapat memicu maksimalnya produski dalam bersih dalam tubuh dan mempercepat proses pembuangan zat-zat kotor dalam tubuh.
  • Konsumsi antibiotik – Dalam jangka waktu 1-2 minggu, biasanya pasien akan memiliki kewajiban untuk mengkonsumsi antibiotik sesuai resep untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh. Antibiotik berfungsi untuk melawan bakteri ataupun virus penyebab penyakit, dan diwajibkan untuk dihabiskan sesuai dosis yang dianjurkan oleh dokter. Pada penyakit tipes, antibiotik yang diresepkan biasanya adalah Kloramfenikol dan Amoxilin untuk dewasa, serta Ciplofloxacin dan Ceftriaxon untuk anak-anak. Baca lebih lanjut tentang gejala tipes.

Ciri Tipes Sudah Mulai Sembuh

Perawatan dan pengobatan yang dilakukan secara medis maupun tradisional diharapkan mampu mengobati dan menyembuhkan pasien dari penyakit tipes. Berikut adalah beberapa ciri tipes sudah mulai sembuh :

  1. Demam Sudah Hilang

Demam tinggi pada pasien yang biasanya muncul pada sore dan malam hari akan berangsur menghilang. Biasanya gejala demam beserta nyeri/pusing kepala akan susah hilang saat pasien terjangkit penyakit tipes, walaupun sudah dengan rajin konsumsi obat-obatan. Demam akan hilang saat bakteri tipes sudah benar-benar hengkang dari tubuh pasien.

Sponsors Link

  1. Tidak Lagi Mengalami Pusing

Pasien tidak lagi mengalami pusing yang berkepanjangan jika pasien dengan disiplin mengkonsumsi obat dan istirahan dengan baik selama proses penyembuhan. Konsumsi makanan sesuai anjuran juga akan mampu membantu mempercepat prosesnya.

  1. Tidak Lagi Diare atau Sembelit

Dehidrasi akut merupakan salah satu gejala parah yang akan dialami oleh pasien dengan penyakit tipes. Seiring berjalannya proses penyembuhan, diare lama kelamaan akan berhenti dialami oleh pasien yang sedang berangsur-angsur sembuh dari tipes. Feces akan kembali ke ciri normal nya, dan hal ini menandakan hal yang baik bagi pasien tipes. Frekuensi nya akan kembali teratur 1-2 kali sehari, dan bentuk fisik nya akan kembali lembek normal berwarna kecokelatan. Namun, makanan yang masuk ke tubuh tetap harus di atur, dan konsumsi air putih tetap harus cukup terpenuhi untuk menjaga kondisi pencernaan pasien.

  1. Nafsu Makan Kembali

Pasien akan merasa keadaan perut yang membaik dan sudah bisa dengan lahap menghabiskan makanan yang diberikan. Dalam minggu awal pasca penyembuhan, disarankan untuk tetap memilih makanan tinggi protein, serta lunak untuk memberi jeda bagi pencernaannya. Jika dalam waktu seminggu telah benar-benar dinyatakan sembuh, silahkan untuk mengkonsumsi apa saja yang disukai. Namun tetap batasi makanan pedas dan asam, karena tidak begitu baik untuk pencernaan.

ads

  1. Tubuh Terasa Bertenaga Kembali

Jika nafsu makan sudah kembali, seseorang akan makan dengan lahap dan kebutuhan zat yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi kembali. Tubuh akan terasa lebih bertenaga dan segar. Imbangi lah dengan olahraga dan istirahat yang cukup, anggap ini sebagai usaha untuk mempertahankan kesehatan yang telah berusaha disembuhkan saat terkena tipes. Kesehatan adalah hal yang mahal dan wajib untuk dijaga.

  1. Kondisi Tubuh Akan Berangsur Membaik

Akibat dehidrasi parah yang diderita pasien tipes, ciri fisik akan cenderung terlihat berubah contohnya adalah kulit yang kering, bibir pecah-pecah, dan terlihat lesu. Beberapa ciri fisik akan ikut membaik bersamaan dengan kondisi tubuh yang mulai kembali bertenaga. Kondisi wajah akan kembali berseri. Dan, kondisi kulit serta bibir akan membaik, dan terasa serta terlihat lembab kembali.

  1. Tes Darah Menunjukkan Hasil Negatif

Gejala-gejala tipes akan mulai hilang setelah dilakukan berbagai treatment penyembuhan. Namun, keberadaan bakteri nya di dalam tubuh perlu dibuktikan dengan hasil tes darah yang berstatus negatif. Karena berdasarkan penjelasan di atas, bakteri S. thypi dapat menipu tubuh dan bersembunyi dalam usus, sehingga sangat memungkinkan untuk kambuh kembali sehingga butuh penanganan lanjutan. Tes darah akan membuktikan bahwa bakteri tersebut benar-benar sudah hilang dan proses penyembuhan dapt disudahi.

Tips Mencegah Tipes Kambuh

Sebagian besar penyebab terkena tipes adalah dari faktor bahan makanan dan kebersihan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memiliki dan membiasakan budaya hidup bersih dengan memastikan makanan dan tempat yang kita makan cukup bersih dan minim dari kemungkinan penyakit.

Setelah sembuh pun kita harus tetap hati-hati dengan kemungkinan bahwa bakteri Salmonella thypi akan aktif kembali. Bakteri ini cukup pintar bersembunyi dalam usus besar, dan setelah beberapa lama berpotensi kembali berulah dan membuat pasien tipes ‘relaps’ atau kambuh. Baca lebih lanjut ciri-ciri tipes kambuh. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan untuk melindungi tubuh dari kemungkinan terserang tipes kembali di kemudian hari :

  • Konsumsi makan sehat – Dibutuhkan makanan berkomposisi 4 sehat 5 sempurna berupa makanan pokok, lauk pauk, sayur, dan buah yang dipenuhi dengan karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang cukup untuk tubuh. Tidak lupa untuk dilengkapi dengan susu.
  • Konsumsi makanan matang – Makanan matang akan lebih aman dikonsumsi, mengingat proses pematangannya membutuhkan panas yang cukup untuk membunuh kuman dan bakteri tidak baik yang mungkin terkandung di dalam bahan makanan tersebut.
  • Konsumsi makanan yang sudah bersih – Faktor kebersihan adalah hal yang wajib diperhatikan selain tingkat kematangan makanan yang akan kita konsumsi. Jika memutuskan untuk memakan buah-buahan, sayur-sayuran, ataupun lauk mentang, pastikan proses pencuciannya dilakukan dengan baik.
  • Konsumsi air putih dari sumber yang terjamin – Banyak jenis virus dan bakteri yang berkembang dengan cepat dan baik dalam media air. Oleh karena itu bijaklah dalam memilih sumber air yang kita konsumsi. Hindari secara langsung meminum dari pinggiran sungai dan air kran jika tidak terpaksa. Minumlah air yang sudah dipanasi atau dididihkan terlebih dahulu demi kesehatan.
    Sponsors Link

  • Memilih tempat yang besih untuk santap makanan – Jika memiliki pilihan tempat makan yang lebih layak, pilihlah tempat yang jauh dari tempat hidup binatang kotor seperti tikus dan serangga seperti lalat. Makanlah pada tempat yang memperhatikan kebersihan dilihat dari caranya membuat, menyajikan makanan, mencuci piring, kondisi tempat makan, dan lokasi tempat sampah nya.
  • Cuci tangan terutama sebelum makan – Biaskan untuk selalu membersihkan tangan sebelum memegang makanan, apalagi setelah banyak menyentuh benda-benda lain seharian. Bakteri dan virus dapat menempel dan berada dimana-mana.
  • Hindari jajan di pinggir jalan – Mengingat kebersihan yang tidak diperhatikan oleh para penjajal makanan pinggir jalan. Lebih baik untuk mengkonsumsi makanan rumahan buatan sendiri dengan proses pembuatan yang aman dan terjaga kebersihannya.
  • Hindari konsumsi seafood – Apalagi makanan laut yang masih mentah seperti pada sushi, sashimi, lawar, atau makanan seafood mentah lainnya.

Setelah mengetahui mulai dari cara penanganan, ciri ciri tipes yang sudah mulai sembuh, hingga hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak lagi terjangkit tipes, Anda sudah memiliki cukup pengetahuan umum tentang tipes. Sekarang tinggal waktunya mempraktekkan untuk memiliki budaya kebersihan yang baik.

Makanlah pada tempat dengan lingkungan yang bersih, serta makanlah makanan dan minum minuman dengan kandungan bersih pula. Pastikan untuk selalu mencuci bahan makanan, dan memasaknya sebelum disantap. Bahan makanan yang tumbuh dan berada pada tempat kotor memicu bukan hanya S. thypi, tapi berbagi bakteri untuk hidup.

Itulah tadi info mengenai ciri tipes yang mulai sembuh, semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,