Sponsors Link

13 Ciri Kanker Kolorektal yang Menganggu Sistem Pencernaan

Sponsors Link

Kanker kolorektal adalah jenis kanker yang berkembang dari sel-sel organ usus besar manusia. Seperti kita ketahui, usus besar terdiri dari kolon dan rectum. Rektum adalah bagian 15 cm terakhir dari organ usus besar dan terletak di dalam rongga panggul kita, lebih tepatnya ditengah tulang pinggul. Letak usus besar ini kecil, sehingga jarak antara kanker dan organ tubuh lainya cukup dekat. Maka kemungkinan cara mengatasi bab setelah makan kanker menyerang organ sekitarnya, cukup significant.

ads

Kanker Kolorektal merupakan istilah kanker yang berkembang dalam kolon atau rectum yang membentuk organ usus besar. Menurut data WHO, di setiap tahunya sekitar 608.000 orang dari seluruh dunia, mengalami akibat kanker kolorektal. Sementara itu, di Indonesia menurut data Patalogi Anatomi FKUI, di rentang tahun 2003-2007 , jumlah pasien yang mengalami kanker umumnya berada di usia 40 tahun ke bawah, yang mencapai 28.17%.

Melihat perkembangan angka tersebut, tentunya masyarakat Indonesia harus lebih waspada terhadap kanker kolorektal ini. Yayasan Kanker Indonesia bahkan menempatkan kanker kolorektal ini dalam posisi ke-4 dari 10 jenis kanker lainya yang harus diusahakan penanggulanganya. Untuk menghindari penyakit kanker kolorektal ini, penting bagi kita untuk mengetahui ciri-ciri kanker kolorektal manfaat kunyit untuk sakit maag sejak dini.

Resiko Serta Penyebab Kanker Kolorektal

Ada beberapa resiko, mengapa seseorang bisa mengalami kanker kolorektal ini, yaitu :

  • Memiliki sejarah penyakit radang usus seperti colitis ulserativa sebelumnya
  • Memiliki sejarah penyakit polip kolorektal
  • Memiliki sejarah keluarga yang mengidap kanker kolorektal atau polip adenomatosa

Gejala Umum Kanker Kolorektal

Gejala umum yang terjadi, jika seseorang mengalami kanker kolorektal, dia akan mengalami kebiasaan BAB yang menjadi sering karena diare, dan fesenya bercampur dengan darah. Gejala lainya ia juga bisa mengalami rasa tidak nyaman pada bagian perut dan nyeri yang cukup mengganggu.

Jika dilihat dari jenisnya, gejala kanker kolorektal ini khasiat wortel untuk asam lambung bisa dibagi dalam 2 kategori, yaitu lokal dan sistematik. Adapun ciri ciri kanker kolorektal  lokal dijelaskan seperti berikut ini :

Kanker kolorektal lokal dapat menyebabkan beberapa gejala yang memiliki efek secara langsung pada organ usus besar kita. Jika pasien mengalami gejala semacam ini dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Adapun ciri ciri kolorektal lokal seperti berikut ini :

  • Mengalami Sembelit
  • Menghadapi Perubahan Pola BAB
  • Mengalami Diare
  • Bergantian mengalami diare dan sembelit juga
  • Perut menjadi kembung, terkadang kram dan merasa tidak nyaman
  • Mengalami perdarahan pada rectum atau sekitar anus dan ada bercak darah pada feses
  • Kotoran atau feses menjadi lebih tipis dibanding biasanya

Kanker kolorektal sistematik juga akan mengakibatkan beberapa ciri ciri yang berpengaruh terhadap seluruh tubuh. Jika pasien merasakan tanda-tanda kanker kolorektal sistematik ini dalam waktu lama, sebaiknya segera berkonsultasi kepada dokter. Adapun ciri ciri makanan untuk iritasi usus kolorektal sistemik sebagai berikut :

  • Kehilangan selera makan
  • Mengalami penurunan berat badan yang tanpa sebab
  • Muntah dan Mual
  • Mengalami anemia
  • Mengalami sakit kuning
  • Sering merasa lemah dan lelah

Ketika tahap awal perkembangan kanker kolorektal, hanya sedikit tanda-tanda yang muncul, bahkan ada yang tidak terlihat tandanya. Namun, penyakit kanker biasanya akan cepat berkembang dan setelah diketahui, ternyata sudah semkin parah. Maka dari itu, segera kunjungi dokter agar mendapat penyebab tumor lambung penanganan lebih lanjut.

Obat Kanker Kolorektal

Sponsors Link

Ada beberapa obat herbal alami yang dapat dijadikan sebagai alternative obat untuk kanker kolorektal. Berikut penjelasanya :

  • Sarang Semut

Tumbuhan herbal sarang semut, biasanya menempel pada pohon – pohon besar dan hanya bisa didapatkan di sekitar hutan Papua. Sarang semut ternyata memiliki kandungan flavonoid, polifenol (asam fenolat) serta tokoferol yang memiliki manfaat untuk penyembuhan kanker kolorektal. Ketika kandungan ini dapat memerangi kanker dengan maksimal.

  • Temu Putih

Temu putih juga tanaman herbal yang mengandung kurdiona, kurkumol dan zedoarin. Zat-zat tersebut memiliki sifat anti neoplastik yang dapat merusak ribosoma pada sel kanker, juga jaringan abnormal dengan cara pembentukan firoblasy di sekeliling kankernya. Temu putih juga mengandung zat RIP (ribosome inactivating protein ) yang fungsinya untuk menonaktifkan perkembangan sel kanker yang terjadi.

  • Noni Juice

Tanaman noni juice juga mampu bekerja dengan sinergis, bersama ciri ciri tipes parah mikronutrien lain dalam tubuh, untuk menghambat aliran darah yang menuju ke sel-sel kanker.  Noni Juice ini mengandung damnachantal yang mampu untuk menghambat reproduksi sel-sel kanker yang muncul.

Sponsors Link

  • Buah dan Sayuran Berserat Tinggi

Dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang tinggi akan serat, tentunya keadaan pencernaan kita akan lancar dan tidak terhambat. Oleh sebab itu, penderita kanker kolorektal sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayur dalam yang alami.

  • Kunyit

Kunyit yang sering dijadikan bumbu masak ini,  juga memiliki  zat curcumin yang telah terbukti memiliki efek antiinflamasi. Curcumin pada Kunyit yang berwarna kuning juga sangat berperan dalam membantu membersihkan karsinogen sebelum menjadi kanker dan merusak sel DNA, disamping penyebab lambung berdenyut juga dapat membantu kerusakan sel yang sudah terjadi.

Sama hal nya dengan jenis kanker lainya yang berbahaya, Kanker kolorektal juga tidak bisa dibiarkan begitu saja, jika gejalanya sudah muncul pada tubuh kita. Dengan mengkonsumsi beberapa bahan alami, kita dapat mengurangi resiko perkembangan kanker yang semakin menjadi. Dengan mengenali ciri kanker kolorektal, kita juga bisa melakukan tindakan pencegahan lebih dini.

Sponsors Link
, ,
Oleh :