Sponsors Link

14 Ciri-Ciri Kanker Ambeien yang Mudah Untuk Dikenali

Sponsors Link

Masih banyak yang mengira bahwa buang air besar disertai darah hanyalah ciri dari ambeien biasanya. Memang benar adanya bahwa pada sebagian besar kasus, buang air besar disertai darah adalah gejala ambeien atau wasir. Namun, tidak menutup kemungkinan juga bahwa kotoran bercampur darah merupakan pertanda dari penyakit serius lainnya, seperti kanker ambeien .

ads

Kanker ambeien atau biasanya lebih dikenal dengan sebutan kanker kolorektal (kanker usus dan rektal) adalah sejenis kanker yang menyerang bagian akhir dari sistem pencernaan manusia. Kanker ini awalnya hanyalah berupa polip kolon atau tumor adenoma (tumor jinak) yang berubah menjadi ganas (kanker) akibat dari tidak segera ditangani. Masih saat ini, belum ditemukan apa penyebab kanker kolon atau kanker ambeien. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjangkit kanker ini, antara lain:

  • Riwayat kesehatan keluarga
  • Kebiasaan makan tidak sehat
  • Konsumsi minuman beralkohol
  • Merokok
  • Penyakit radang usus.

Kanker ambeien dapat menyerang siapa saja, utamanya lansia yang berusia 60 tahun ke atas. Di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 150 ribu kasus kanker ambeien yang terjadi setiap tahunnya.

Ciri Kanker Ambeien

Sayangnya, pada awal kemunculannya, beberapa penderita tidak mengalami gejala apapun. Sehingga biasanya kanker ini terabaikan sampai si penderita mulai merasakan gejalanya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan tes skrining kolorektal secara teratur untuk mendeteksi kanker ambeien sejak dini, terutama bagi mereka yang memiliki risiko penyakit ini.

Meskipun demikian, kebanyakan penderita merasakan gejala tertentu sebagai ciri kanker kolorektal atau ciri kanker ambeien. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, buang air besar berdarah adalah salah satu ciri kanker ambeien. Gejala kanker kolorektal dapat dibagai ke dalam dua kategori gejala: gejala lokal, dan gejala sistemik.

  • Gejala lokal kanker ambeien

Gejala lokal adalah ciri kanker ambeien yang dirasakan langsung pada bagian organ yang terserang kanker, dalam hal ini adalah kolon (usus besar) dan rektum. Berikut ini adalah gejala lokal kanker ambeien:

  1. Kebiasaan buang air besar berubah
  2. Konstipasi (sembelit) atau kesulitan buang air besar
  3. Diare ringan atau diare persisten
  4. Konstipasi dan diare secara bergantian
  5. Rektum berdarah, kotoran bercampur darah atau diare sampai keluar darah
  6. Kotoran biasanya berwarna lebih gelap atau hitam dan berbentuk lebih tipis dibandingkan biasanya
  7. Merasa BAB tidak tuntas
  8. Rasa tak nyaman pada perut seperti nyeri dan kram perut
  • Gejala sistemik kanker ambeien

Gejala sistemik merupakan ciri kanker ambeien yang memberikan efek pada seluruh tubuh. Beberapa gejala sistemik kanker ambeien pada umumnya antara lain:

  1. Berat badan menurun drastis, padahal tidak sedang menjalani diet penurunan badan
  2. Nafsu makan berkurang
  3. Mual yang terkadang muntah
  4. Anemia atau kekurangan darah
  5. Tubuh cepat lelah atau merasa lelah yang berlebihan
  6. Jaundice atau sakit kuning, yakni berubahnya warna kulit dan mata menjadi kuning

Penderita bisa saja mengalami gejala lain di luar gejala yang telah disebutkan di atas. Pemeriksaan dokter sangat dianjurkan. Sekian infomasi singkat mengenai ciri kanker ambeien yang wajib diketahui. Segeralah meminta pertolongan medis apabila Anda merasakan salah satu atau lebih ciri kanker ambeien di atas.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Ambeien