Sponsors Link

15 Ciri-ciri Usus Turun dan Cara Pencegahannya

Sponsors Link

Penyakit usus turun atau yang disebut hernia merupakan proses melemahnya otot dinding perut. Berasal dari bahasa latin, yaitu “herniae” yang artinya menonjolnya suatu rongga melalui jaringan tipis pada dinding rongga. Dinding yang longgar tersebut membentuk suatu kantong dengan pintu berupa cincin. Masyarakat lebih kenal menyebutnya turun berok dan penyakit ini umumnya diderita oleh pria, terutama anak-anak.

ads

Pada umumnya, hernia bisa terjadi kepada seseorang yang tinggal di perkotaan. Hal itu karena orang-orang yang tinggal di kota lebih banyak melakukan aktivitas yang lebih berat, sehingga membutuhkan stamina dan apabila kondisi tubuh melemah dan terus dipaksakan maka akan menyebabkan hernia. Bagi para pria sebaiknya memerhatikan aktivitas dan kondisi tubuhnya sejak awal agar tidak dihinggapi oleh hernia. Hernia juga dibedakan menjadi dua macam.

  • Hernia berdasarkan terjadinya, yakni:

1. Hernia bawaan, hernia bawaan atau dalam dunia medis disebut sebagai kongenital ini merupakan hernia yang sudah ada sejak lahir atau bawaan. Ini umumnya terjadi sejak bayi dan akan terus terjadi sampai tua nanti. Terjadinya hernia bawaan disebabkan oleh kurang sempurnanya vaginalis. Penderita yang mengalami ini harus sudah menjaga aktivitas dan staminanya sejak kecil. Apabila anak-anak penderita usus turun ini terlalu aktif maka penderita akan mengalami sakit. Untuk itu, perlu perhatian khusus bagi orang tua yang memiliki anak laki-laki yang memiliki hernia bawaan.

2. Hernia yang didapat, hernia yang didapat atau dalam dunia medis disebut sebagai akuisita ini merupakan hernia yang terjadi pada umur lanjut. Umumnya terjadi pada laki-laki yang staminanya sudah berkurang karena faktor usia, sedangkan aktivitasnya masih banyak. Hernia ini juga bisa terjadi karena tekanan pada tubuh terlalu tinggi sedangkan otot-otot tubuh sudah mulai melemah.

  • Berdasarkan letaknya, yakni:
  1. Hernia diafragma, inilah yang menyebabkan penderita mengalami sakit pada bagian perut.
  2. Inguinal, terjadinya penonojolan jaringan lunak (usus) melalui bagian yang lemah di bagian dinding perut.
  3. Umbilical, terjadinya penjolan yang masuk ada cincin umbilikus (pusar).
  4. Femoral, benjolan di lipat paha.
  5. Itulah macam-macam usus turun yang bisa terjadi pada penderita. Ciri-ciri usus turun dan pencegahannya pada setiap macam juga berbeda. Setiap orang, terutama lelaki dewasa perlu mengetahui hal-hal tersebut agar dapat menjaga tubuhnya sendiri.

Ciri-ciri Usus Mengalami Turun

Hernia pada anak-anak umumnya disebabkan karena kurang sempurnanya proses vaginalis untuk menutup bersamaan dengan menurunnya testis atau buah zakar. Adapun pada orang dewasa disebabkan oleh adanya tekanan yang tinggi pada tubuh dan faktor usia yang semakin melemah dan membuat otot-otot perut mengendur. Ciri-ciri usus mengalami turun dan cara pencegahannya bisa dilakukan sejak awal. Munculnya usus turun bisa diderita sejak anak-anak, sehingga perlu diperhatikan sejak dini. Setelah mengetahui macam-macam hernia di atas, adapun ciri-cirinya, yakni:

  1. Timbul nyeri di perut bagian bawah. Rasa sakit ini akan terjadi ketika batuk atau mengejan ketika mengangkat bebean berat. (baca juga: Penyebab Diare)
  2. Muncul benjolan di daerah selangkangan atau bagian perut. Benjolan akan semakin membesar ketika berdiri atau tekanan perut mengalami peningkatan.
  3. Munculnya benjolanan tanpa disertai rasa sakit. Apabila benjolan ini dibiarkan terus menerus akan membuat hernia masuk ke dalam skrotum.
  4. Munculnya rasa sakit yang disertai dengan demam.
  5. Apabila usus sudah terjebak atau terjebak dalam jangka waktu yang cukup lama akan menyebabkan penderita merasa sakit dan mual, lalu muntah-muntah. (baca juga: Keracunan Makanan)
  6. Timbulnya nyeri bersamaan dengan gangguan pencernaan.
Sponsors Link

Itulah ciri-ciri usus terjadi turun yang perlu diperhatikan sejak awal agar tidak terjadi hal-hal yang lebih fatal. Perlu diketaui pula bahwa hernia bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama dan dapat kambuh sewaktu-waktu. Untuk itu, ciri-ciri tersebut perlu diperhatikan dan tetap perhatikan kondisi tubuh agar selalu terjaga staminanya. Hernia yang terjadi pada anak-anak sebaiknya orang tua memerhatikan aktivitas anak agar anak tidak merasa nyeri. Hal itu karena anak-anak cenderung aktif sehingga hernia bisa terjadi sewaktu-waktu. Akan dijelaskan ciri-ciri usus terjadi turun dan cara pencegahannya lebih rinci agar penderita mengetahui lebih dini.

Cara Pencegahan Usus Turun

Setelah mengetahui penyebab, macam-macam hernia, dan ciri-cirinya, perlu diketahui pula pencegahannya. Meskipun hernia yang terjadi karena bawaan dan penuaan tidak dapat dihindari, tetapi masih dapat dicegah agar tidak semakin cepat terjadi atau lebih parah. Pencegahan ini sangat penting karena untuk menghindari terjadinya hernia. Lebih baik mencehag daripada mengobati karena mengobati akan lebih mengeluarkan biaya banyak daripada mencegahnya. Selain itu, pencegahan juga akan membuat tubuh lebih sehat. Di atas telah dijelaskan ciri-ciri usus turun dan pencegahannya berikut ini:

ads
  1. Sampaikan keluhan susah buang air kecil kepada dokter, Susah buang air kecil ialah ciri awal terjadinya hernia. Untuk itu, penting sekali menyampaikan keluhan susah buang air kecil. Hal ini untuk mengetahui gejala penyakit yang terjadi sejak awal, sehingga bisa menjaga tubuh lebih rajin.
  2. Turunkan berat badan, Turunkan berat badan apabila tubuh sudah melebihi kapasitas beratbadan ideal. Berat badan yang normal atau ideal lebih baik untuk tubuh agar terhindar dari penyakit hernia dan penyakit lainnya, seperti diabetes, obesitas, dan lain-lain.
  3. Olahraga teratur, olahraga merupakan cara paling ampuh untuk menghindari berbagai penyakit, termasuk hernia. Olahraga akan membuan otot-otot tubuh lebih kencang, terutama otot perut. Apabila tidak pernah olahraga secara teratur, maka otot tubuh, terutama perut akan melemah sering bertambahnya usia dan hernia akan cepat menghinggapinya.
  4. Berhenti merokok, merokok dapat membuat otot tubuh berisiko lebih cepat mengendur dan hernia cepat terjadi. Tidak merokok merupakan salah satu cara menerapkan hidup sehat.
  5. Konsumsi makanan tinggi serat, Makanan dengan serat yang tinggi dapat mencegah sembelit, sehingga tidak mengejan ketika buang air besar. Hal itu karena mengejan bisa menyebabkan risisko hernia. Makanan tinggi lemak bisa didapatkan di dalam buah, sayuran, dan biji-bijian. (baca juga: Pencernaan makanan)
  6. Minum banyak air putih, air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh. Munum air putih yang banyak akan membantu tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Minum banyak air putih juga bisa memperlancar buang air besar, sehingga usus tetap sehat.
  7. Pelajari bagaimana mengangkat beban berat, Pelajari cara mengangkat beban berat, seperti bagaimana posisi tubuh. Ketika mengangkat beban berat sebaiknya lutut ditekuk dan gunakan kaku bukan pinggang. Apabila pinggang yang digunakan akan berpotensi mempercepat pengendoran otot perut bagian bawah.
  8. Mengontrol alergi agar tidak sering bersin, Bagi yang memiliki alergi terhadap suatu hal, sebaiknya kontrol alergi agar tidak terjadi. Terlalu banyak bersin ketika alergi bisa menyebabkan otot perut mengendur dan hernia bisa terjadi. (baca juga: Cara Menghilangkan Mual Karena Maag)
  9. Jangan mengandalkan celana, Jika sudah mengidap hernia sebaiknya jangan mengendalkan celana saja. Celana saja yang dipakai sehari-hari bisa membuat hernia semakin parah. Sebaiknya menggunakan celana yang khusus digunakan oleh penderita hernia untuk menghindari komplikasi. Meski demikian, celana bukan salah satu cara untuk menyembuhkan hernia, tetapi hanya membantu agar tidak terjadi komplikasi dan digunakan sebelum operasi. Saat ini, celana yang diperuntukkan untuk penderita hernia sudah dijual di pasaran. Meskipun harganya tidak begitu murah, tetapi cara ini menjadi alternatif awal agar hernia tidak semakin parah dan pemakai juga lebih nyeman memakainya.

Itulah ciri-ciri usus turun dan cara pencegahannya. Meskipun penyakit ini lebih umum menyerang para kaum pria, tetapi wanita juga perlu mengetahui karena bisa juga menyerang wanita, meskipun risikonya lebih kecil. Bagi yang sudah mengidap hernia sebaiknya lebih menjaga tubuh agar tetap sehat dan lakukan pola hidup sehat agar kesehatan tetap terjaga. Jangan biarkan hernia menghindapi lebih awal dan tuanya semakin parah. Lebih baik menjaga dari awal agar masa tua juga masih bisa tetap aktif melakukan segala aktivitas. Apabila tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga, sebaiknya lakukan olahraga ringan untuk mengencangkan otot perut, seperti sit up. Olahraga tersebut salah satu cara untuk membantu mengencangkan otot perut.

Selain dari olahraga, daktor makanan atau pola hidup yang tidak sehat sejak muda menjadi salah satu penyebab penyakit menghinggapi lebih cepat. Bagi perokok, lebih baik hindari rokok karena selain bisa menyebabkan hernia juga menyebabkan penyakit lain yang lebih berbagahaya, seperti jantung. Perlu memeriksakan ke dokter sesering mungkin untuk mengetahui kondisi kesehatan secara berkala, sehingga dapat diketahui ciri-ciri usus terjadi turun dan cara pencegahannya. Memerhatikan kondisi kesehatan dari awal bisa membantu keaktifan di masa tua.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :