Sponsors Link

14 Ciri-Ciri Usus Melintir Pada Bayi dan Anak

Sponsors Link

Organ usus merupakan organ utama yang berperan dalam system pencernaan. Usus juga merupakan saluran yang digunakan ketika mencerna makanan, dan sebelumnya telah mengalirkan nutrisi serta makanan ke seluruh tubuh kita. Di organ usus, akan terjadi pemisahan sumber makanan bahaya tidak bab seminggu yang masuk, menjadi sari makanan, sehingga cukup rentan terkena penyakit, yang disebabkan dari makanan tersebut. Salah satu penyakitnya adalah usus melintir.

ads

Usus melintir dapat terjadi pada bayi, anak, maupun orang dewasa. Dalam dunia medisnya dikenal dengan istilah malrotasi dan volvulus usus. Untuk malrotasi, keadaan obat tradisional radang usus yang terjadi adalah gagalnya suatu perputaran serta fiksasi normal di bagian usus tengah. Hal tersebut terjadi selama trimester pertama ketika perkembangan janin di dalam rahim ibu. Malrotasi, dapat disertai dengan volvulus yang mengakibatkan usus tidak terfiksasi dan menggantung di jaringan pengikatnya.

Malrotasi Pada Bayi dan Anak

Kasus kelainan usus melintir atau malrotasi dan volvulus ini, ditemukan dan dialami oleh bayi dan anak. Kelainan ini merupakan kondisi yang berbahaya dan membutuhkan tindakan medis sesegera mungkin. Kejadian ini umumnya dialami 1 bayi dari setiap 500 kelahiran yang hidup. Sebanyak 60% kasus malrotasi, terjadi di usia 11 bulan, ketika bayi di dalam kandungan. Sisanya, sekitar 20% dapat terjadi ketika usia bayi yang dilahirkan baru mencapai 1 bulan hingga lebih dari 1 tahun.

Gejala Malrotasi

Malrotasi atau penyakit usus melintir ini, merupakan penyakit yang juga menyerang sistem pencernaan. Gejala yang ditunjukan, sepertinya tidak jauh berbeda dengan makanan yang mengandung karbohidrat gejala penyakit gangguan pencernaan lainya. Pada kasus berat, jika memungkinkan, pembedahan akan dilakukan dengan operasi reseksi atau pemotongan bagian usus atau dikenal dengan istilah syndrome short bowel. Namun, efeknya akan terjadi beberapa gejala yang mengakibatkan gizi yang buruk, karena penyerapan nutrisi oleh usus kurang sempurna. Berikut beberapa gejalanya :

  • Mengalami Diare berkepanjangan
  • Mengalami kram perut yang muncul silih berganti
  • Konstipasi
  • Sulit buang angin
  • Perut membengkak
  • Kehilangan nafsu makan
  • Muntah
  • Penyerapan air, nutrisi dan vitamin kurang maksimal sehingga menyebabkan malnutrisi

Ciri-Ciri Bayi dan Anak terkena Malrotasi (Melintir usus)

Kasus kelainan melintir usus ini, dapat dikenali dengan ciri-ciri atau gejala berupa cairan hijau yang keluar dari mulut bayi atau anak penderitanya. Muntah cairan hijau  ciri ciri penyakit lambung bengkak ini merupakan gejala obstruksi usus atau penyumbatan pada organ ususnya. Cairan tersebut berasal dari getah empedu yang dihasilkan organ hati. Karena tersumbat, cairan ini tidak bisa keluar lewat urin atau feses, dan tertampung, sehingga membuat usus iritasi dan memicu muntahan.

  • Muntah

Bayi akan cukup sering mengalami muntah dan akan berbahaya jika muntahnya adalah cairan hijau. Cairan tersebut bisa jadi berasal dari empedunya, yang tidak bisa keluar lewat sayuran pelancar bab system pencernaan, karena organ ususnya melintir. Harus segera dilakukan penanganan medis.

Sponsors Link

  • Nyeri Perut

Bayi yang ususnya melintir, bisa mengalami nyeri perut yang luar biasa. Mungkin bayi akan terus menangis dan cobalah untuk segera memeriksanya ke dokter ahli anak. Dikhawatirkan, nyeri perut ini memicu sakit yang bertambah parah, jika tidak dibawa ke dokter.

  • Diare kronik

Coba lakukan pengecekan, apakah bayi Anda menangis karena mengalami diare ? jika ya, bisa jadi ini merupakan ciri usus melintir pada bayi. Diare yang dialami, bisa terjadi dalam waktu yang cukup lama, sehingga sang bayi kehilangan nafsu makan, dan sulit untuk bertumbuh.

ads
  • Mual

Coba perhatikan juga, siapa tahu bayi Anda menangis karena merasa mual dan akhirnya muntah. Mual ini juga jadi karena bayi mengalami kenaikan cairan asam  cara pencegahan gastritis yang cukup tinggi, sehingga memicunya untuk mual dan muntah.

  • Irritabilitas atau letargi

Bayi yang mengalami kelainan usus melintir, bisa jadi mengalami letargi sebelumnya. letargi merupakan suatu kondisi penurunan kesadaran, sehingga didapat anak bayi tersebut sering tertidur dan tingkat kesadaranya lebih pendek.

  • BAB darah

Coba cek juga, apakah BAB bayi Anda disertai keluarnya darah? Jika ya, bisa jadi ini merupakan ciri bayi Anda mengalami usus melintir. Segera bawa untuk diperiksa di dokter ahlinya, untuk penangan lebih lanjut.

  • Gagal Pertumbuhan

Bayi yang mengalami masalah usus melintir, tentunya akan mengalami masalah juga dalam pertumbuhanya. Bisa dibilang, ia akan mengalami gagal pertumbuhan.

  • Dehidrasi

Karena muntah dan mual, mengeluarkan cairan hijau atau bukan hijau, akhirnya bayi juga bisa mengalami dehidrasi.

  • Bibir bayi kering

Mulut bayi yang kering, bisa jadi merupakan ciri dari penyakit usus melintir. Pastikan, bayi Anda tetap diberikan nutrisi terbaiknya,

Sedangkan ciri-ciri anak yang mengalami usus melintir, sebagai berikut :

  • Nyeri perut

Anak-anak yang terkena kelainan usus melintir, akan merasakan nyeri perut yang cukup hebat. Sakitnya bisa muncul dan hilang, namun terjadi cukup sering.

  • Muntah Biasa (terkadang berwarna hijau)

Jika pada bayi, kita mendapati muntahan hijau yang berarti berbahaya, pada anak-anak terkadang kelainan ini tidak selalu dicirikan dengan muntahan berwarna hijau.

  • Cepat merasa kenyang

Anak yang terkena kelainan ini juga bisa merasa cepat kenyang, setiap kali sedang makan. Dia bisa mengkonsumsi hanya setengah dari porsinya. Anak juga akan terlihat kurang bersemangat.

Sponsors Link

  • Berat badan menurun

Anak yang mengalami malrotasi, tidak bisa mengkonsumsi ciri sembuh dari disentri makanan dengan maksimal. Akibatnya, berat badan anak menjadi menurun. Sebaiknya segera periksakan anak ke dokter ahli, agar bisa segera diatasi.

  • Mengalami diare yang cukup panjang

Sama seperti ciri bayi yang terkena usus melilit, anak yang terkena malrotasi juga akan mengalami diare yang cukup panjang. Diare terjadi karena penyerapan makanan yang tidak sempurna oleh organ usus, karena ususnya melintir.

Waspada jika gejala utama dari gejala penyakit malrotasi ini, seperti muntah cairan hijau, terjadi pada bayi atau anak Anda. Segera lakukan tindakan medis, karena dikhawatirkan akan mengancam jiwa. Kenali sejak dini gejala dan ciri-ciri usus melintir pada bayi dan anak, agar bisa sesegera mungkin diberikan penanganan oleh medis.

 

 

 

 

 

Sponsors Link
, , ,
Oleh :