Sponsors Link

4 Ciri-Ciri Usus Buntu Pecah yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Tahukah Anda, bahwa ada banyak penderita usus buntu, yang harus ciri-ciri usus buntu pecah mengeluarkan uangnya hingga berjuta-juta rupiah, untuk menjalankan prosedur operasi. Operasi angkat usus besar yang telah meradang dan bertambah buruk, sebelum usus buntu pecah yang berada di dalam tubuh, akan dilakukan agar usus buntu tidak pecah.

ads

Usus buntu terjadi karena adanya peradangan yang bisa menyerang berbagai organ seperti linfoid manusia, atau umbai cacing (apendisitis) yang merupakan sekumpulan organ kecil di bagian usus. Jika usus buntu sampai pecah, maka akan menimbulkan resiko berupa infeksi yang serius perut terasa begah setelah makan pada system pencernaan lainya. Infeksi tersebut bisa menginfeksi organ lambung serta organ pencernaan lainya.

Penyebab Usus Buntu

Penyakit usus buntu cukup banyak ditemukan hampir di semua kalangan. Namun, melihat pola makan manusia saat ini, tidak heran penyakit ini paling sering menjangkiti orang di usia muda, yaitu 10 hingga 20 tahun. Gejala awal yang dialami seseorang yang mengalami usus buntu adalah rasa nyeri yang cukup hebat dan tidak tertahankan. Jika Anda merasakan nyeri seperti itu, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter, untuk penanganan lebih lanjut.

Dikutip dari artikel healt me up (2012) dan merdeka.com yang menjelaskan tentang beberapa gejala awal dari usus buntu ringan yang biasanya dialami penderitanya, Sebagai berikut:

  • Mengalami demam

Sakit usus buntu ternyata bisa dibarengi dengan demam serta cara mengobati ambeien dengan minyak bulus rasa sakit di bagian perut. Ketika keadaan usus buntunya semakin parah, maka demamnya juga akan semakin tinggi.

  • Rasa Nyeri yang Bertambah

Ketika usus buntu sudah mulai meradang, gejala awal yang bisa dirasakan adalah nyeri yang cukup hebat. Namun, setelah semakin lama, sakitnya akan semakin bertambah, bahkan penderitanya akan sulit melakukan aktivitas secara normal.

  • Merasa sakit di bagian pusar

Gejala usus buntu ringan bisa dideteksi jika seseorang mengalami sakit , khususnya di bagian pusar. Rasa sakit tersebut biasanya akan berlanjut dan bergerak ke perut cara mengobati hernia tanpa operasi bagian bawah dengan perlahan.

  • Mual dan Muntah

Gejala usus buntu lainya juga bisa dibarengi dengan adanya mual dan muntah yang cukup menganggu. Awalnya, ini tidak menampakan seperti sakit usus buntu, namun jika mual dan muntah belanjut dalam waktu 12 jam, harus segera dibawa ke dokter.

  • Kembung dan sering membuang gas

Gejala usus buntu ringan juga ditandai juga perut yang kembung dan sering buang gas.  Biasanya, perut kembung bisa hilang dengan sendirinya, namun jika gejala ini disertai dengan sakitnya perut bagian bawah, maka segera konsultasikan ke dokter.

  • Mengalami Diare

Setelah mengalami sakit perut, mungkin penderita usus buntu bisa mengalami diare ringan, dengan banyaknya lendir pada feses yang dikeluarkan. Bisa jadi ini merupakan sakit diare biasa. namun, jika diare ini dibarengi dengan sakit perut di bagian kanan bawah, sebaiknya periksa ke dokter.

  • Sakit Perut yang Hilang Timbul

Penderita usus buntu, akan merasakan gejala awal seperti merasa sakit perut khususnya di daerah tengah perut hingga pusar, dan rasa sakitnya hilang dan timbul. Rasa sakit itu cara menghilangkan wasir dengan cuka apel kemudian akan bergerak ke bagian perut kanan bawah dan fokus di titik dimana biasanya operasi usus buntu dilakukan.

  • Nyeri Perut Saat Setelah Ditekan

Nyeri di bagian perut juga bisa mengindikasikan gejala usus buntu, namun pastikan terlebih dulu. Coba untuk tekan bagian perut bawah sebelah kanan. Setelah ditekan lalu lepaskan. Jika saat dilepas, malah terasa sakit, bisa jadi itu gejala usus buntu yang cukup parah.

Sponsors Link

  • Mengalami Kram Perut

Gejala ringan usus buntu lainya adalah mengalami kram di bagian perut. Kram perut ini bisa dialami oleh seseorang yang menderita usus buntu. Sebaiknya jaga kondisi tubuh kita manfaat temulawak untuk asam lambung dengan benar. Jika sakitnya terus berlanjut setelah mengkonsumsi obat, segera bawa ke dokter.

  • Sakit Perut Kanan Bawah

Gejala usus buntu awal yang paling penting untuk dideteksi adalah sakit perut kanan bawah. Rasa sakit perut ini memang akan terasa di daerah sekitar pusar lalu akan berpindah ke perut kanan bagian bawah. Ketika penderita berjalan atau bergerak, maka rasa sakitnya akan makin terasa.

Gejala Awal Usus Buntu

Usus buntu pecah yang parah, sebelumnya diawali dengan ciri-ciri usus buntu pecah sakit usus buntu biasa  ciri-ciri usus buntu pecah yang umumnya dialami sebagian orang. Gejala awalnya dapat dideteksi seperti berikut :

  • Mengalami demam
  • Tiba-tiba perut kembung
  • Tidak bisa membuang gas
  • Kehilangan nafsu makan
  • Merasa mual dan muntah
  • Mengalami konstipasi atau diare

Mendeteksi Usus Buntu Akan Pecah

Saat mengalami gejala awal usus buntu di atas, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Dokter akan melakukan analisa dengan detail , disertai dengan bantuan peralatan canggih yang bisa mendeteksi usus buntu yang sedang dialami. Namun, tidak semua orang mau berkonsultasi, ditambah lagi dengan biaya pengobatan yang cukup tinggi.

ads

Untuk itu, kita masih bisa mendeteksi usus buntu yang kita alami secara sederhana, yaitu dengan melihat kondisi serta keadaan penderitanya. Jika usus buntunya manfaat jahe untuk sakit maag semakin parah, biasanya akan memunculkan beberapa ciri-ciri yang terlihat dari tubuhnya.

Jika seseorang akan mengalami usus buntu pecah, maka berikut ini ciri-ciri usus buntu akan segera pecah :

  • Perut Mengalami Pembengkakan

Jika perut Anda terlihat bengkak, khususnya di bagian perut sebelah kanan, disertai rasa nyeri yang cukup terasa, bisa jadi ini merupakan ciri usus buntu akan pecah. Letak umbai cacing (appendix) ini berada di bawah kanan perut. Jika tidak segera diobati, efeknya akan menimbulkan rasa sakit yang semakin hebat, juga adanya serangan virus berbahaya yang membuat luka pada appendix menjadi semakin serius. Ketika perut kembung seperti ini, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

  • Mengalami Kram Perut dan Tidak Bisa Buang Gas

Ketika usus buntuk terinfeksi, perut juga bisa menjadi kram karena adanya serangan bakteri pada usus buntu tersebut. Selain kram, rasa nyeri juga cukup terasa dan terjadi terus menerus. Selain itu, kita juga akan cukup sulit untuk kentut, sebab letak jalur usus akan saling berdekatan dan tidak ada ruang untuk buang angin.

  • Mengalami Demam dan Nafsu Makan Berkurang

Ciri usus buntu akan pecah lainya, bisa ditandai dengan demam yang tinggi serta menjadi kurang nafsu makan. Reaksi tubuh seperti ini , terjadi karena virus demam menyerang kekebalan tubuh kita. Bisa dikatakan, penyebaran virus dan bakteri sudah semakin menyebar ke seluruh tubuh. Nafsu makan juga menjadi berkurang, sebab terjadinya peradangan pada dinding usus dan hampir menipis. Setiap makanan yang masuk tidak bisa tercerna dengan baik.

  • Kesakitan Saat Hendak BAB

Belum selesai sampai di sekitar usus saja, penderita usus buntu akan pecah juga akan kesulitan ketika harus BAB. Rasa sakit yang cukup hebat ketika BAB terjadi karena adanya cara menjaga kesehatan lambung penyumbatan di area usus itu sendiri.  peradangan juga terjadi di sekitar anus hingga usus besar.

Diagnosis Penyakit Usus Buntu

Seseorang yang mengalami sakit usus buntu, biasanya memunculkan gejala yang hampir sama dengan sakit radang usus. Kesamaan tersebut, terkadang membuat dokter sulit untuk mendiagnosanya secara tepat. Tahukah Anda, bahwa letak usus buntu setiap orang itu berbeda-beda. Hal ini juga dapat mempersulit proses diagnose dokter.

Letak usus buntu itu ada yang terdapat pada rongga panggul, di belakang usus besar hingga di bagian bawah organ hati kita. Ketika seseorang memeriksakan diri ke dokter untuk mengecek sakit usus buntu ini, maka dokter akan melakukan diagnose untuk pemeriksaan yang lebih lanjut, dengan cara:

  • Tes fisik, tes ini dilakukan untuk mengkonfirmasi rasa sakit yang dikeluhkan, seperti di bagian perut, bagian sekitar usus. Dokter akan menekanya perlahan lalu dilepaskan. Sakit perut karena usus buntu biasanya cukup menyakitkan
  • Tes darah, tes ini dilakukan untuk untuk memeriksa sel darah putih yang biasanya menandakan terjadinya infeksi di dalam organ usus buntu
Sponsors Link

  • Tes urine, tes ini dilakukan untuk menghapus kemungkinan adanya penyakit lain yang sedang diderita, seperti infeksi saluran kemih atau penyakit batu ginjal
  • Pemeriksaan organ intim dan tes kehamilan, khusus untuk wanita , karena dikhawatirkan ada gangguan penyakit di daerah kewanitaan
  • CT Scan atau USG, tes yang dilakukan untuk memeriksa keadaan usus buntu, apakah terjadi bengkak atau tidak

Cara Mencegah dan Mengobati Sakit Usus Buntu akan Pecah

Hingga saat ini, cara yang ampuh untuk mengobati sakit usus buntu, terlebih usus buntu yang akan pecah adalah dengan melakukan operasi. Namun, metode operasi terkadang banyak menjadi pertimbangan sebagian orang, karena harganya yang tidak murah. Untuk operasi usus buntu semacam ini bisa memakan budget hingga puluhan juta rupiah.

Sebenarnya, sakit usus buntu masih bisa  ciri-ciri usus buntu pecah disembuhkan di luar operasi. Anda masih bisa memanfaatkan obat alami yang berasal dari bahan alami dan tanpa efek samping. Bahan alami tersebut juga mudah di dapatkan dan mudah untuk dijadikan ramuan obat usus buntu pecah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Usus Buntu