Sponsors Link

10 Ciri-Ciri Tipes Kambuh yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Penyakit tipes merupakan salah satu penyakit yang populer di Indonesia. Penyakit ini bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Dalam dunia kedokteran, penyakit tipes dikenal dengan istilah typhoid fever atau demam tifoid. Tipes terjadi karena infeksi bakteri yang telah tersebar ke seluruh tubuh dan organ tubuh. Gejala tipes sebaiknya tidak dianggap sepele, ketika gejalanya sudah muncul harus segera ditangani. Secara umum, penyakit tipes diakibatkan oleh bakteri salmonella typhi  yang merupakan bakteri penyebab keracunan makanan juga.

ads

Penyebab mencret tipes yang merupakan bakteri ini, membuat sakit tipes menjadi salah satu penyakit yang menular. Penularan penyakit tipes bisa terjadi melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi tinja dan urine yang telah terinfeksi. Gejala tipes ini bisa muncul dalam waktu satu hingga dua minggu, setelah seseorang terinfeksi bakteri salmonella typhi tersebut. beberapa gejalanya dapat terlihat secara langsung, sehingga kita dapat menemukan cara dan pengobatan yang tepat untuk cara mengatasi susah BAB mengatasi sakit tipes tersebut.

Penyebab Penyakit  Tipes

Penyakit tipes sepertinya cukup berbahaya untuk kesehatan kita, jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat. Tipes yang disebabkan oleh infeksi dari bakteri salmonella typhi ini dapat terjadi kepada siapa saja (orang dewasa dan anak-anak) yang ternyata mendekati beberapa faktor penyebab munculnya penyakit tipes ini.

sebaiknya, penyakit tipes ini bisa dihindari dengan cara yang tepat, yaitu menghindari diri kita dari beberapa faktor penyebab ciri-ciri tipes kambuh tersebut. Usahakan selalu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan rajin berolahraga secara teratur, agar tipes tidak kambuh lagi. Berikut ini beberapa penyebab penyakit tipes yang sering dialami sebagian besar orang:

  • Menyentuh Benda yang Kotor

Sudah kita ketahui, bahwa penyakit tipes ini disebabkan oleh bakteri salmonella thypi yang ternyata menempel di makanan atau minuman yang kurang bersih. Selain itu, ternyata jenis bakteri ini juga dapat menempel pada benda yang kotor. Jika Anda kurang bersih ketika memegang benda yang kotor, bakteri tersebut bisa menempel dan membuat seseorang mengalami penyakit tipes.

  • Makanan dan Minuman Kurang Bersih

Saat makan atau minum sebelum tipes, mungkin saja Anda telah makan atau minum sesuatu yang sebenarnya kurang bersih dan sudah terkontaminasi bakteri. Makanan yang kurang bersih dalam tahap pencucian, hingga ketika proses akan dikonsumsi oleh seseorang, biasanya akan mudah terkontaminasi kembali. Hindari makanan sejenis seafood, buah dan sayur jika dapat membuat Anda tipes.

  • Lingkungan

Lingkungan atau keadaan alam di sekitarnya, menjadi guru baginya. Sehingga lingkungan kita itu harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Ketika lingkungan tidak bersih, maka akan sangat mudah tercampur kotoran dan bakteri yang salah satunya dengan menempati lingkungan seperti ini.

  • Toilet

Penyakit tipes juga bisa jadi karena keadaan toilet yang kurang higienis. Toilet yang kurang bersih akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri. Salah satu Cara menyembuhkan radang usus bakteri tersebut, tentunya bakteri penyebab tipes. Biasanya toilet umum seringkali menjadi alasan terjangkitnya seseorang oleh bakteri tipes. Orang yang masuk ke toilet yang sama juga berpeluang untuk tertular.

  • Daya Tahan Tubuh Menurun

Tipes yang disebabkan oleh bakteri salmonella ini akan menyerang tubuh dan membuat system imun (daya tahan tubuh) menjadi lemah. Biasanya, saat terserang tipes seseorang yang daya tahan tubuhnya mulai menurun akan mengalami demam dan sakit kepala. Setelah itu, barulah otot terasa sakit jika bagian tubuh digerakan.

Sponsors Link

  • Menggunakan Air yang Kotor

Khususnya di daerah yang masyarakatnya belum memiliki kesadaran akan kebersihan, sebagian dari mereka terpaksa menggunakan air kotor untuk beraktifitas. Padahal, air kotor ini sudah pasti mengandung banyak bakteri dan kuman yang menyebabkan penyakit, salah satunya penyakit tipes. Sebaiknya, gunakan air yang murni dan bersih, terutama untuk diminum dan digunakan dalam aktifitas sehari-hari lainya.

Tipes Kambuh dan Dampak Awalnya

Jika seseorang yang pernah mengalami sakit tipes, kemudian sembuh , namun dia kurang menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatanya, bisa jadi penyakit tipesnya tersebut akan berpeluang untuk kambuh. Ada beberapa hal yang membuat sakit tipes bisa kambuh kembali. Berikut ini 10 ciri-ciri seseorang yang mengalami tipes kambuh :

  • Pengobatan Pertama yang Kurang Efektif

Umumnya, sakit tipes atau demam thypoid ini diobati dengan antibiotic yang diberikan pasca pengobatan oleh dokter. Sifat obat antibiotic dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap bakteri, khususnya bakteri penyebab tipes ini. Namun, penyakit tipes seperti ini tidak selalu sembuh total bila pengobatanya belum tuntas. Pasien yang proses penyembuhanya belum full, bisa terkena ciri-ciri tipes kambuh lagi.

ads
  • Kontak Langsung dengan Pembawa Penyakit Tipus

Tahukah Anda, seseorang yang pernah mengalami penyakit tipus, ternyata akan membawa bakteri salmonella dalam tubuhnya tersebut. Bakteri tersebut berpotensi untuk bisa menularkan tipes melalui urin, tinja dan keringatnya. Oleh sebab itu, sebaiknya kita menghindari kontak langsung dengan pembawa penyakit tipusnya.

  • Penggunaan Vaksin Yang Kurang Efektif

Pemberian vaksin juga bisa membantu mencegah tipus. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah infeksi tifoid. Vaksin seperti ini biasanya dikhususkan untuk menghindarkan seseorang dari penyakit tipus ketika berada di luar negeri. Namun, vaksin ini ternyata kurang efektif setelah digunakan beberapa tahun. akibatnya, sakit tipus bisa kambuh kembali.

  • Kurang Menjaga Kesehatan Tubuh

Sakit tipes bisa kambuh kembali, jika seseorang kurang memperhatikan kesehatan tubuhnya dengan baik. Sebaiknya kita rajin melakukan olahraga dibarengi dengan konsumsi makanan sehat, serta tidur yang cukup. Dengan menjalankanya secara teratur, kita akan terhindar dari sakit tipes yang kambuh.

  • Kurang Menjaga Pola Makan

Sakit tipes juga bisa kambuh bila kita tidak menjaga pola makan dengan baik dan benar. Ketika makan, sebaiknya kita harus makan sesuai jadwalnya. Seperti, makan malam yang sebaiknya tidak dilakukan lebih dari pukul 7 malam. Pola makan yang buruk, seperti terbiasa makan larut malam, serta mengkonsumsi makanan padat menjelang tidur, juga dapat membuat organ pankreas mengalami peradangan  dan memicu sakit tipes kambuh.

  • Kurang Menjaga Asupan Makanan

Penyakit tipes yang kambuh lagi juga bisa terjadi karena kita kekurangan akibat kelebihan serat asupan makanan. Makanan tersebut adalah jenis makanan yang bergizi dan makanan yang termasuk pada empat sehat lima sempurna. Makanan-makanan tersebut tentunya harus mengandung serat, vitamin, protein serta karbohidrat dan zat besi yang seimbang. Hindari makanan yang justru memicu penyakit tipes dan penyakit lainya yang berbahaya.

  • Kurang Menjaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan sekitar menjadi faktor utama mengapa seseorang mudah terserang penyakit tipes. Kebersihan lingkungan yang kurang terjaga tentunya akan menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman penyakit. Penyakit tipes yang disebabkan oleh bakteri salmonella ini juga bisa bermula dari keadaan toilet atau lingkungan sekitar kita yang ternyata kotor. Segera bersihkan setiap kali toilet, kamar mandi dan lingkungan sekitar rumah agar bebas dari kuman.

  • Kurang Menjaga Kebersihan Alat Makan

Anda perlu waspada juga terhadap kebersihan peralatan untuk makan dan minum, yang juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri jika tidak dibersihkan dengan baik. Garpu, sendok, gelas dan piring yang biasanya digunakan untuk makan, sebaiknya tidak disimpan dalam lemari ketika keadaanya baru selesai dicuci. Biasakan peralatan makan tersebut dikeringkan terlebih dulu, sebelum digunakan, agar terhindar dari sakit tipes kambuh.

  • Kekurangan Sayuran

Sayur-sayuran memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. salah satu manfaatnya adalah melancarkan system pencernaan kita. Jika pernah mengalami penyakit tipus sebelumnya, usahakan kita harus lebih rajin mengkonsumsi sayuran, agar manfaat sayuran untuk kesehatan tersebut bisa kita dapatkan dengan maksimal. Sayuran yang dapat dikonsumsi umumnya yang berdaun hijau dan mengandung serat alami tinggi.

Sponsors Link

  • Kekurangan Konsumsi Buah-buahan

Selain kekurangan sayuran, sakit dengan ciri-ciri tipes kambuh juga bisa terjadi karena kekurangan vitamin yang banyak terdapat dalam buah-buahan. Dianjurkan untuk mengkonsumsi jenis buah yang terbukti menyehatkan seperti pisang, nanas, alpukat, papaya, jeruk dan juga anggur. Mengkonsumsi makanan pasca operasi usus buntu buah-buahan seperti ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit tipes.

Pencegahan Penyakit Tipes

Penyakit tipes ini dapat kita cegah dengan memeriksakan diri ke dokter, supaya diberikan obat khusus yang tepat untuk memulihkan kondisi tubuh. Saat terkena tipes, biasanya tubuh kita akan mengalami demam terlebih dulu kurang lebih selama lima harian. Ikuti pengobatan yang diberikan dokter hingga tuntas. Jika mengikuti prosedur, setidaknya setelah 3 hari, sakit tipes yang kambuh akan mulai menunjukan gejala penyembuhan. Pencegahan dengan cara lainya juga dapat dilakukan, seperti beristirahat dan berbaring, dengan catatan telah meminum obat antibiotic yang diberikan oleh dokter ketika masa penyembuhan. Jika terjadi demam, segera minum obat penurun panas dan lakukan diet makanan. Makan jenis makanan yang lebih lunak agar mudah dicerna, serta hindari makanan berminyak dan pedas.

Ketika kita sedang sakit tipes, sebaiknya kita melakukan pengobatan dengan baik dan tepat. Selama masa penyembuhan, sebaiknya obat-obatan yang mungkin disarankan oleh dokter agar dikonsumsi hingga benar-benar pulih. Selain itu, menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungan juga harus ditingkatkan. Ciri-ciri tipes bisa kambuh diatas sebaiknya diperhatikan agar bisa segera ditangani dengan tepat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :