Sponsors Link

10 Ciri-Ciri Perut Kembung dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Jika perut kembung terjadi pada kita, tentunya kita harus berhati-hati. Perut yang menjadi membesar bisa terjadi karena beberapa alasan. Terkadang, saat kita terlalu banyak makan, perut juga bisa kembung , atau jika kita terkena maag, terkadang saat meraba bagian perut agak sedikit membesar dan kembung ketika ditepuk. Saat masuk angin sekalipun, terkadang perut juga menjadi kembung.

ads

Perut kembung biasanya ditandai dengan rasa menggah atau penuh dalam perut yang cukup membuat tidak nyaman. Perut akan tampak membesar, disertai dengan gejala buang gas atau kentut secara berlebihan. Selain itu, saat perut kembung, kita sering bersendawa dan di dalam perut penyebab asam lambung naik terasa sedang bergejolak.

Walaupun kita tidak perlu khawatir jika kita mengalami ciri-ciri perut yang kembung, namun jangan salah. Perut kembung juga bisa jadi merupakan pertanda untuk diagnosis penyakit yang lebih serius, seperti kanker misalnya. Yang menjadi masalah adalah kita terkadang tidak bisa membedakan, mana perut kembung dengan gejala ringan, dan mana perut kembung dengan gejala penyakit yang berbahaya.

Penelitian Tentang Penyebab Perut Kembung

Mengutip dari Dailymail , seorang peneliti dari Negara Denmark menggambarkan hal yang cukup jelas untuk perut kembung ini. Menurutnya, perut kembung ini bisa dideskripsikan sebagai sebuah ban cadangan atau seperti bentuk kue muffin, yang kembung namun sulit di sentuh bagian isinya.  Kulit perut kita seolah ada sebuah balon di dalamnya hingga sulit disentuh.

adapun hasil penelitian lainya tentang perut kembung, dijelaskan seperti berikut ini:

  • Efek Natrium

Hasil penelitan lainya tentang perut kembung dikemukakan oleh seorang naturopati dari Negara India yang bernama Dr. Sunandini Sharma. Sang dokter juga mengatakan, bahwa perut kembung yang sering kita alami itu merupakan efek dari meningkatnya natrium di dalam tubuh kita. Selain itu, adanya perubahan hormonal, hipotiroidisme, gangguan ovarium polikistik, hingga sindrom iritasi usus dan PMS juga bisa menjadi pemicunya.

  • Keadaan Cuaca

Keadaan cuaca di sekitar kita rupanya juga bisa menyebabkan perut kita menjadi kembung. Udara yang cenderung panas, akan membuat bagian pembuluh darah kita menjadi melebar hingga menjadi permeabel (melewatkan zat). Darah tersebut akan mengakumulasi cairan di jaringan tubuh dan membuat obat asam lambung yang alami kita rentan mengalami perut kembung.

  • Sindrom PMS dan Pil KB Pada Wanita

Penelitian lain yang dilakukan  tim national institute of environment health secience , juga  membahas tentang penyebab perut kembung dan ini terjadi pada wanita. Selain sindrom PMS, Wanita yang berhenti minum pil KB juga rentan mengalami perut kembung. Hal ini terjadi karena kadar vitamin D dalam tubuh seorang wanita akan semakin menurun jika ia berhenti minum pil KB.

Penyebab Utama Perut Kembung

Penyebab utama mengapa perut terkadang bisa menjadi kembung adalah karena terjadi penumpukan gas di dalam perut yang berasal dari bakteri yang telah memakan sisa makanan yang masuk ke bagian usus manusia. Bakteri tersebut kesulitan untuk memecah makanan di dalam perut , sehingga fermentasi dari sisa makanan tadi mulai membentuk angin yang terdorong keluar.

Umumnya ada tiga faktor utama yang menyebabkan kita mudah mengalami perut kembung, yaitu :

  1. Konsumsi makanan dan minuman yang menimbulkan gas, seperti sayuran berwarna putih (kol dan sawi).
  2. Keju, Coklat serta makanan yang mengandung lemak lainya, bisa membuat perut bagian bawah menjadi kembung
  3. Minuman Soda yang membuat perut bagian atas (perut dekat ulu hati) menjadi kembung

Selain itu, hasil penelitian lain dari seorang Profesor yang bernama Basil Ammori dari Rumah Sakit Royal Salford, yang juga seorang Ahli bedah mengatakan tentang sembelit akibat kekurangan serat dalam tubuh. Menurutnya, sembelit serta makan dalam porsi besar dan banyak , jika dikonsumsi secara cepat, maka akan menyebabkan perut kembung. Gas dan sembelit , ternyata akan mendorong bagian otot dinding perut keluar, sehingga perut membengkak dan menjadi perut kembung.

Sponsors Link

Perut kembung juga biasanya menjadi tanda ada gangguan pencernaan, dimana seseorang akan merasa bagian perutnya terasa penuh, bergas dan kencang. Keluhan semacam ini juga tidak hanya dialami manusia dewasa, tapi juga anak-anak dan wanita hamil. Gejala seperti itu tentunya cukup mengganggu aktifitas kita jika tidak segera ditangani.

Selain beberapa penyebab diatas, ada juga faktor dan risiko yang dapat menyebabkan manusia , menjadi rentan mengalami perut kembung :

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi buah-buahan , kacang-kacangan Biji- bijian dan sayur mayur
  2. Intolerance (tidak mampu mencerna) untuk makanan yang mengandung Laktosa dan Gluten
  3. Menderita gangguan usus kronis berupa gangguan pada fungsi usus besar dan sering mengalami gejala sakit perut, buang air dan perutnya menjadi kembung

Adapun penyakit serius lainya yang diitandai dengan ciri perut kembung adalah :

  1. Penyakit Celiac (reaksi tubuh yang alergi terhadap makanan tertentu)
  2. Cairan pada rongga perut atau ascites yang mengakibatkan kanker, gagal ginjal, penyakit hati juga gagal jantung
  3. Gangguan Fungsi Pankreas
  4. Kanker Ovarium
ads

Ciri-ciri perut kembung yang akan dijelaskan dibawah ini, umumnya dialami oleh sebagian besar orang. Walaupun demikian, perut kembung karena makanan makanan pembersih usus kotor dan minuman biasanya bukan masalah serius sehingga kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika perut kembung yang dialami juga disertai gejala lainya, maka jangan dianggap sepele.

Anda bisa mendeteksi jenis perut kembung yang sedang dialami, dengan mengenali ciri-ciri perut kembung Anda. Hal ini dianjurkan agar segera bisa diketahui apa penyebabnya. Jika ciri-ciri yang terjadi termasuk ringan, maka hanya perlu mengkonsumsi obat saja. Namun, jika reaksi yang terjadi malah berlebihan, sebaiknya lakukan check up ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Berikut ini 10 Ciri-Ciri yang biasanya kita alami, ketika perut kembung :

  • Perut Terasa Sesak

Pernahkah Anda merasa perut menjadi sesak secara tiba-tiba? Jika Ya, bisa jadi perut Anda sedang kembung. Karena otot-otot bagian perut kita terdorong, sehingga membuat perut tampak kembung. Biasanya, terdapat gas yang jumlahnya berlebihan yang harus dikeluarkan. Anda bisa mengkonsumsi obat khusus yang dapat membantu untuk mudah buang angin dan aman.

  • Terjadi Pembengkakan di bagian perut

Perut kembung, tentunya memiliki ciri berupa adanya pembengkakan di bagian perut kita. Dalam keadaan normal, mungkin perut kita tidak terlalu bengkak, bahkan kita bebas menggunakan pakaian dan celana jeans ukuran kita. Namun, saat perut kembung akan membuat kita kurang nyaman saat menggunakanya.

  • Perut Terasa Nyeri dan Dipenuhi Gas

Ketika perut menjadi kembung, biasanya bagian perut kita terasa agak nyeri. Selain itu, perut juga sedang dipenuhi gas yang membuat perut menjadi sedikit keras ketika ditepuk. Anda bisa mengkonsumsi obat khusus agar gas mudah dikeluarkan dan perut menjadi normal kembali.

  • Sakit Saat Perut Kembung bisa menyebabkan kram

Untuk tingkat yang lebih lanjut, saat perut kembung perut akan terasa sakit bahkan hingga kram. Jika yang terjadi seperti ini, sepertinya terjadi gejala penyakit lain seperti Maag atau asam lambung naik, sehingga perut terasa kram. Sebaiknya minum obat maag agar kram segera hilang.

  • Sering Bersendawa

Biasanya, kita akan bersendawa saat setelah makan yang menjadi penanda bahwa kita mungkin sudah kenyang. Namun, jika kita bersendawa secara berlebihan dan merasakan perih di bagian perut, ketika ditepuk-tepuk, bagian perut menjadi kembung.

  • Bagian Perut Bergejolak

Perut yang kembung bisa terjadi karena kondisi di dalam perut kita seperti bergejolak. Terkadang  bagian perut terasa panas dan perih. Biasanya ini merupakan gejala awal dari penyakit lainya. Sebaiknya saat perut bergejolak, jangan memaksakan diri untuk makan terlalu banyak.

  • Membuang Angin Berlebihan

Ciri lainya dari perut kembung adalah kita sering membuang angin secara berlebihan. Gas yang dibuang (kentut) merupakan sisa makanan yang berubah menjadi zat gas. Saat perut kembung, frekuensi buang angin juga bisa lebih sering dari normal.

  • Sering Makan dengan Cepat
Sponsors Link

Makan dengan cepat memang baik, dibandingkan makan dalam waktu yang lama. Namun, terlalu sering makan dengan cepat ternyata dapat membuat perut kembung juga. Makanan tentunya harus difilter terlebih dulu secara perlahan, jika dipaksakan makan dengan cepat, hasilnya dinding perut akan terdorong dan kembung.

  • Meningkatnya Berat Badan

Tubuh yang menjadi sedikit gemuk atau meningkat berat badanya juga merupakan ciri perut kembung. Bagian tubuh yang tampak jelas dan menggambarkan kegemukan Anda adalah bagian perut, pipi dan paha. Kenaikan berat badan umumnya terjadi karena pola makan yang tidak teratur. Berat badan yang meningkat biasanya bisa distabilkan dengan melakukan diet sehat, seperti yang banyak dilakukan saat ini.

  • Mengalami Pre Menstrual Syndrome

Bagi para wanita yang sedang mengalami haid, kalian mungkin pernah merasa mengapa bagian perut kita menjadi terasa bengkak dan seperti kembung. Hal ini terjadi karena mereka mengalami pre menstrual syndrome, dimana jika haid melanda, maka wanita akan merasa perutnya lebih buncit karena pengaruh hormon.

Perut kita adalah bagian tubuh yang ternyata memiliki peranan penting dalam proses pencernaan makanan penyebab makanan sulit dicerna tubuh . Bisa kita bayangkan, tanpa perut yang menjadi bagian tubuh kita, kita tidak bisa mendapatkan manfaat dari nutrisi yang diserap untuk kebutuhan tubuh kita sendiri. Oleh sebab itu, sebaiknya kita menjaga kesehatan perut, agar tidak terkena penyakit yang dapat merusak system pencernaan dan diawali dengan perut kembung. Jangan menganggap sepele ketika perut kita kembung, karena ternyata ada beberapa penyakit yang berbahaya yang diawali dengan perut yang membesar dan menjadi kembung.

Perut kembung bisa jadi merupakan awal dari gejala penyakit lainya, jika selain perut yang kembung Anda menemukan tanda lain, seperti Diare, mulas, muntah bahkan hingga demam, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan saran dan cara perawatan terbaik, agar kita terhindar dari komlikasi penyakit yang lebih serius lagi. Namun, jika perut kembung yang dialami mirip seperti 10 ciri-ciri perut kembung diatas, Anda hanya perlu melakukan perbaikan pada gaya hidup yang mungkin menjadi penyebab perut kembung.

Sponsors Link
, ,
Oleh :