Sponsors Link

14 Ciri-Ciri Perlengketan Usus Yang Perlu Anda Ketahui dan Waspadai

Sponsors Link

Perlengketan usus adalah suatu keadaan yang mana  jaringan ikat di organ usus menempel antara satu dengan yang lainnya. Usus yang lengket ini biasanya terjadi disebabkan sedang terjadinya proses infeksi di dalam perut, misalnya infeksi pada organ usus buntu maupun pada saluran ovarium. Selain daripada itu, masalah perlengketan usus ini disebabkan karena terjadinya komplikasi akibat adanya kebocoran usus, baik itu usus besar ,usus halus maupun usus buntu. Peristiwa perlengketan usus ini juga sering dijumpai pada orang yang telah melakukan operasi/pembedahan di perut, bisa diakibatkan adanya  penyakit kista ovarium maupun adanya penyakit tertentu lainnya yang membutuhkan operasi pembedahan di perut.

ads

Pembedahan atau tindakan medis berupa operasi  menjadi salah satu alternatif/sasaran untuk mengobati usus lengket ini. Namun tindakan operasi ini tidak sepenuhnya dapat dilakukan untuk setiap pasien dengan kasus perlengketan usus, karena dari segi biaya operasi dan juga resikonya yang tinggi menyebabkan sebagian orang enggan untuk melaksanakan operasi ini. Adapun penyebab perlengketan usus ini perlu diketahui oleh si pasien secara dini agar dapat diambil tindakan medis yang sesuai.

Tanda-tanda Seseorang Mengalami Pelengketan Usus

Lendir berdarah dalam tinja, atau lendir yang disertai dengan sakit perut, dapat menunjukkan gejala kondisi yang lebih serius  bisa jadi terkena penyakit Crohn, kolitis ulserativa dan bahkan penyakit kanker. Kejadian-kejadian tersebut bisa jadi disebabkan oleh berbagai faktor pencetus. Salah satunya disebabkan oleh usus lengket. Beberapa ciri usus lengket dapat ditunjukkan oleh gejala :

  1. Perasaan tidak enak yang di perut
  2. Biasanya pasien yang mengalami kejadian perlengketan usus karena disebabkan oleh usus buntu yang pecah, dan hal itu menyebabkan perasaan sakit di perut bagian kanan.
  3. jika pasien yang pada awalnya karena menderita endometriosis atau penyakit di kandungan, biasanya akan muncul rasa tidak nyaman  di bagian tengah arah bawah perut.
  4. Jika perlengketan usus sudah dalam kondisi parah, maka gejala yang muncul dan yang dirasakan adalah susah untuk buang air besar. Salah satu cara mengatasi susah BAB adalah dikarenakan si usus yang seharusnya pada posisi lurus-lurus saja, kemudian menjadi ketarik  (bengkok ke atas karena tertarik). Jadi sewaktu makanan berjalan di dalam tubuh, waktu terjadi penggilingan, makanan tersebut harus menempuh perjalanan yang lebih jauh, yang harusnya lurus namun karena tertarik, maka makanan tersebut naik dulu ke atas. Dan ketika si usus ditarik, reseptor rasa sakit di dalam tubuh juga ikut bergerak, sehingga rasa sakit yang timbul adalah rasa sakit yang khas, yaitu muncul setelah makan atau setelah makan dengan porsi yang relatif banyak. Rasa sakit yang muncul tersebut karena disebabkan gerakan usus yang terbatas seakan-akan terikat dengan fibrin akibat terjadinya infeksi.
  5. Sembelit
  6. Kesulitan buang angin
  7. Perut terasa kembung
  8. Perut terasa buncit yang bisa memunculkan rasa tidak nyaman di perut
  9. Pengeringan pada organ tubuh dan jaringan-jaringan tubuh
  10. Jaringan organ terkena benda asing misalnya perban, sarung tangan bekas operasi dan  jarum suntik
  11. Tersisanya darah biasa atau  darah yang tersumbat tidak dicuci lagi selama dilakukannya operasi.
  12. Terjadi infeksi ginekologikal
  13. Terjadi infeksi perut
  14. Terjadinya dinding perut/abdomen yang menempel tanpa diketahui sebabnya

Perlengketan usus ini dapat muncul disebabkan beberapa faktor, antara lain :

  • Bakat
  • Infeksi pada tubuh
  • Masalah operasi/pembedahan yang kurang bersih/higienis atau tidak dibersihkan secara steril
  • Terjadinya TBC usus.
Sponsors Link

Tidak ada faktor-faktor pencetus dari luar seperti makanan tertentu yang dapat menyebabkan terjadinya perlengketan usus. Perlengketan usus paling sering terjadi disebabkan oleh infeksi sehabis operasi. Orang yang pernah menjalani operasi di sekitar usus biasanya paling sering terkena masalah perlengketan usus ini. Orang yang pernah menjalani operasi mempunyai resiko terkena perlengketan usus relatif lebih besar ketimbang orang yang belum/tidak pernah melakukan operasi. Perlu juga diketahui apabila kemungkinan akan terjadinya kasus usus melintir, ciri-ciri usus melintir diantaranya adalah BAB darah, mual, nyeri di perut, diare kronis dan  muntah.

Hal ini disebabkan karena proses bedah/operasi memungkinkan terjadinya manipulasi terhadap organ usus, pemindahan usus secara sementara dan terjadinya situasi pendarahan, akan berpotensi memunculkan terjadinya infeksi dan menyebabkan pelengketan usus. Sebagai contoh apabila sesorang mengalami luka tusukan maka ususnya akan bolong. Apabila terjadi demikian maka kotoran atau feses akan keluar dari usus tersebut.

Pengobatan Pelengketan Usus

Sponsors Link

Namun ada cara lain untuk menyembuhkan usus lengket ini tanpa harus menjalani operasi/bedah. Mengkonsumsi  makanan untuk penderita usus lengket seperti tomat, wortel, bayam dan biskuit dapat dilakukan untuk mengatasi usus lengket ini. Pasien juga dapat mengkonsumsi suplemen/obat untuk mengatasi perlengketan usus yang dijual dipasaran. Pastikan pada obat yang dijual tersebut  memiliki kandungan berupa :

  • kandungan mineral yang tinggi (biasanya terdapat pada teripang, mineral ini baik dikonsumsi untuk menjaga sistem metabolisme tubuh).
  • Protein tinggi
  • Sifat anti virus
  • Anti bakteri dan anti-oksidan
  • Mengandung senyawa gamapeptide,
  • Mengandung kolagen
  • Mengandung vitamin
  • Mengandung saponin
  • Mengandung omega 369
  • Mengandung 11 asam amino serta nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk pencernaan

Rasa perut yang tidak nyaman, sehabis makan lalu terasa sakit di perut atau sulit buang air besar (BAB) merupakan suatu pertanda kondisi pencernaan yang tidak bagus. Kotoran (feses) biasanya mengandung sejumlah kecil lendir -(sejenis zat seperti jelly yang diproduksi oleh usus untuk menjaga lapisan usus besar tetap lembab dan terlumasi). Usus yang kotor dapat dibersihkan dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi makanan pembersih usus kotor antara lain brokoli, alpukat dan apel.

 

Kotoran/feses ini harus dicuci dan usus yang bolong tadi harus dijahit agar tertutup kembali. Bekas kotoran atau bekas darah tersebut meskipun sudah dibersihkan sedemikian rupa hingga jernih, namun apabila terjadi infeksi tetap saja akan berpotensi menimbulkan pelengketan usus. Salah satu makanan yang berkhasiat untuk membersihkan usus adalah buah lemon. Khasiat lemon untuk membersihkan usus adalah membantu organ pencernaan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :