Sponsors Link

Ketahui 14 Ciri-ciri Kram Usus Dengan Segera dan Cepat!

Sponsors Link

Kram adalah berkerutnya otot yang dikarenakan aktivitas yang dilakukan berlebihan. Aktivitas yang berlebihan dapat memicu otot bekerja lebih keras sehingga menyebabkan kram. Kram dapat terjadi di kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Kram juga ternyata dapat terjadi pada usus. Kram usus atau dalam bahasa kedokteran biasa dikenal dengan sindrom iritasi usus.

ads

Kram usus sama seperti kram di bagian tubuh yang lain adalah suatu kontraksi yang terjadi di bagian usus. Penyebab dari kram usus adalah stres, makanan yang sedang dicerna, atau pada saat datang bulan. Kram usus bisa datang kapan saja dan menyerang siapa saja tetapi, kebanyakan akan terjadi pada wanita. Kram usus bisa saja kambuh setelah berbulan-bulan tidak pernah kambuh lagi. (Baca juga : Buah Untuk Penderita Usus Buntu)

14 Ciri-ciri kram usus

Ciri-ciri kram usus yang bisa kamu kenali yaitu :

  1. Pencernaan yang terganggu

Kram usus juga dapat menyebabkan terganggunya pencernaan. Kram pada usus membuat usus dapat mengolah makanan menjadi lebih lambat atau lebih cepat dari biasanya. Ini dapat berdampak pada kebiasaan BAB anda.

  1. Kebiasaan BAB berubah

Kram usus yang terjadi dapat menyebabkan kebiasaan BAB yang berubah. Misal, biasanya anda BAB setiap hari pada pagi hari tetapi, kram pada usus membuat BAB anda menjadi di malam hari atau bahkan berubah siklus menjadi dua hari sekali.

  1. Hasrat untuk BAB

Ciri-ciri kram usus yang ketiga adalah adanya hasrat untuk BAB terusmenerus. Usus yang sedang berkontraksi dapat menimbulkan adanya hasrat ingin buang air besar. Padahal saat berada di kamar mandi, tinja tidak kunjung keluar.

  1. Tidak bisa BAB

Hanya timbul hasrat ingin buang air besar dan tidak ada reaksi dari tubuh untuk mengeluarkan tinja dari dalam tubuh. Dapat membuat rasa yang tidak nyaman pada perut.

  1. Intensitas gas yang keluar meningkat

Gas buangan atau yang biasa dikenal kentut menjadi lebih banyak. Ciri ini sama dengan orang yang sedang mengalami diare.

Baca juga :

  1. Rasa tidak nyaman pada perut

Gangguan yang ada di pencernaan membuat perut menjadi merasa tidak nyaman. Usus yang bermasalah bisa membuat perut yang tidak enak sepanjang hari.

  1. Stres

Kram perut yang terus menerus dapat membuat seseorang menjadi stres dan frustasi. Tidak bisa berbuat sesuatu dengan semua hal ini hanya akan membuat anda semakin kepikiran.

  1. Gelisah

Perut yang tidak nyaman dapat membuat anda merasakan kegelisahan yang luar biasa. Tidak bisa mengerjakan sesuatu dengan fokus akan membuat keresahan.

Sponsors Link

  1. Hilangnya nafsu makan

Ciri-ciri kram usus yang sebelumnya berpengaruh pada menurunnya nafsu makan. Biasanya anda menjadi tidak berselara makan dan tidak memiliki keingan untuk makan. Hal ini adalah hal yang biasa dirasakan saat seseorang sedang mengalami gangguan pencernaan.

  1. Sakit perut

Kram pada perut membuat rasa sakit pada perut yang menyiksa. Perut seperti ditusuk-tusuk dan diaduk-aduk.

  1. Mengalami diare

Jika saat kram perut melanda anda dapat mengeluarkan tinja maka tinja yang dikeluarkan akan berupa cairan atau diare. Lamanya diare tergantung dari kondisi masing-masing individu.

  1. Kembung pada perut

Rasa tidak nyaman pada perut dapat juga disebabkan karena adanya kembung. Perut akan merasa sesak berisi angin.

  1. Tidak memiliki tenaga dan lemas

Karena kram perut dalam jangka waktu lama dapat membuat badan lemas dan tidak memiliki tenaga.

  1. Sakit di bagian punggung
ads

Sakit yang dimaksudkan adalah nyeri yang ada di bagian punggung. Terdapat syaraf yang terhubung antara usus dan punggung yang mengakibatkan korelasi jika ada gangguan pada usus maka akan ada nyeri di punggung. (Baca juga : Efek Samping Operasi Hisprung Pada Bayi)

Kram usus bukanlah penyakit yang berbahaya. Tidak perlu khawatir karena kram usus dapat hilang dengan sendirinya tetapi, jangan sampai anda terlalu sering terkena kram usus. Kram usus yang terjadi selama berturut-turut dapat mengganggu aktivitas. Selain mengganggu aktivitas, kram usus juga dapat mengganggu organ tubuh laiinya. Agar anda tidak terlalu sering mengalami kram usus, ada beberapa tips untuk dapat mencegahnya.

Mencegah terjadinya kram usus

  1. Mampu mengelola stres

Stres yang berat harus bisa dikelola dengan baik agar tidak mengganggu aktivitas dan juga tubuh. Cara yang ampuh dalam mengatasi stres adalah dengan bersyukur pada apa yang kita miliki. Bersyukur membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih tenang dan rileks.

  1. Rutin berolahraga

Olahraga yang rutin dapat membantu menyehatkan tubuh serta mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang tidak diinginkan. Rutin dalam berolahraga juga membantu melancarkan pencernaan dan sirkulasi tubuh.

  1. Membuat pengaturan pola makan

Pola makan yang sehat membuat tubuh menjadi sehat. Menerapkan empat sehat lima sempurna merupakan salah satu cara membuat pengaturan pola makan. Selain itu, perlu menjauhi  makanan cepat saji dan makanan yang mengandung pedas terlalu tinggi. Sebab rasa pedas yang terlalu tinggi bisa mempengaruhi kerja usus.

  1. Menambah serat pada makanan

Serat sangat bagus untuk memperlancar pencernaan. Makanan kaya serat juga dapat membuat anda menjadi lebih kenyang dalam jangka waktu yang lama. Makanan yang kaya akan serat contohnya adalah apel, pisang, brokoli, wortel, beras merah, dan oat. (Baca juga : Jenis Buah-Buahan Yang Dapat Menyembuhkan Ambeien)

Cegah sebelum terlambat karena sehat itu mahal harganya. Artikel ini semoga dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,