Sponsors Link

6 Ciri-ciri Kanker Usus Halus Stadium Awal Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Kanker usus halus atau disebut juga kanker usus kecil adalah sebuah keadaan dimana sel-sel ganas (kanker) terbentuk dan berkembang di bagian usus kecil. Kanker usus halus ini termasuk penyakit yang jarang ditemui di tengah masyarakat. Tidak heran jika masyarakat tidak mengetahui atau jarang mendengar tentang penyakit ini.

ads

Usus halus memang jarang terkena kanker akan tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui ciri-cirinya sebagai pengetahuan yang akan berguna di masa depan. Sebelum diulas mengenai ciri-ciri kanker usus stadium awal yang harus diketahui, anda harus mengetahui terlebih dahulu pengertian usus halus, faktor yang mempengaruhi terjadinya kanker usus halus, dan jenis-jenis kanker usus halus.

Pengertian usus halus

Usus halus atau bisa disebut dengan usus kecil adalah usus yang diapit oleh lambung dan usus besar. Usus halus terbagi menjadi 3 bagian yaitu : usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerapan. Fungsi usus halus adalah untuk menyerap zat-zat yang diperlukan bagi tubuh manusia dengan mengeluarkan enzim-enzim yang berguna untuk memecah atau menghancurkan makanan agar mudah diserap oleh tubuh manusia. Jadi dapat dibayangkan jika usus halus terserang penyakit, tubuh manusia menjadi tidak bisa menyerap makanan. (Baca juga : Sering Mual dan Muntah Setelah Makan)

Faktor yang mempengaruhi terjadinya

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya kanker usus halus yaitu :

  1. Usia yang sudah lanjut, rentang usia yang dapat memicu terjadinya kanker usus halus adalah diatas 60 tahun.
  2. Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol, kebiasaan merokok dan minum minuman keras dapat memperbesar anda untuk menderita kanker usus halus karena dengan merokok dan minum minuman keras dapat merusak sistem pencernaan yang ada di dalam usus halus. (Baca juga : Merokok Menyebabkan Kanker Usus)
  3. Memiliki riwayat kanker, kanker usus halus dapat terjadi pada orang yang memiliki riwayat kanker di dalam keluarga. Hal ini dapat diminimalisir dengan menerapkan pola hidup sehat.
  4. Sering mengkonsumsi makanan dengan lemak yang tinggi, lemak memang penting bagi tubuh tetapi, jumlah lemak yang sudah berlebih di dalam tubuh manusia akan dapat mempengaruhi sistem pencernaan tubuh manusia. Lemak yang dimaksudkan disini adalah lemak jenuh atau lemak yang tidak berguna bagi tubuh manusia.
  5. Sering berhadapan dengan lingkungan yang penuh zat-zat kimia, seseorang yang bekerja atau tinggal di lingkungan penuh zat-zat kimia dapat memperbesar peluang untuk orang tersebut mengalami kanker usus halus.

Jenis-jenis kanker usus halus adalah sebagai berikut :

  1. Adenocarcinoma
  2. Sarkoma
  3. Tumor karsinoid
  4. Tumor stroma gastrointestinal
  5. Limfoma (Baca juga : Efek Konsumsi Suplemen bagi Gangguan Pencernaan)

Ciri-ciri kanker usus halus stadium awal yang harus diketahui

Kanker usus halus merupakan kanker yang tergolong dalam kategori ganas tetapi ada juga yang jinak. Maka perlu diketahui ciri-ciri kanker usus halus pada stadium awal agar dapat ditangani dengan cepat dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Ini merupakan ciri-ciri awal yang bisa anda lihat tanpa alat bantuan medis.

  1. Mengalami sakit perut dan kram perut

Sakit perut yang dimaksudkan adalah nyeri yang begitu hebat di bagian perut dan juga kram di daerah perut. Perut seperti diperas atau diplintir. Sakit perut terjadi terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama. Sakitnya yang terjadi di dalam perut dapat menyebabkan badan menjadi lemas.

  1. Kehilangan berat badan secara drastis
Sponsors Link

Kehilangan berat badan secara drastis tanpa diketahui penyebabnya atau alasannya juga termasuk dalam ciri-ciri usus halus stadium awal. Semakin hari badan akan merasa lemas dan kurus karena berat badan yang turun terus menerus.

  1. Tinja yang keluar dengan darah

Tinja yang keluar dengan darah harus diwaspadai  karena itu berarti sistem pencernaan anda sedang terganggu. Hal ini dapat disebabkan dari kanker usus halus. Butuh pengecekan lebih lanjut mengenai hal ini.

  1. Benjolan di perut

Tiba-tiba ada benjolan keras di bagian tengah perut adalah ciri-ciri awal dari kanker usus halus. Benjolan tersebut sakit jika disentuh. Benjolan yang ada di bagian tengah perut akan membesar seiring berjalannya waktu jika tidak cepat ditangani oleh dokter atau pihak medis lainnya.

Sponsors Link

  1. Perut terasa kembung

Gejala kanker usus stadium 1, orang yang diduga terjangkit kanker usus halus akan merasakan rasa kembung yang terus menerus dalam jangka waktu yang panjang. Seakan-akan perut terasa penuh dan kenyang. (Baca juga: Makanan Penghilang Perut Kembung)

  1. Kulit kekuningan

Ciri-ciri awal yang dapat dilihat secara jelas adalah kulit yang berubah warna menjadi kekuningan dikarenakan adanya penyumbatan pada saluran empedu, yang mengakibatkan keringnya hati atau liver dan dapat masuk ke usus kecil. Kulit kekuningan juga dapat menandakan kurangnya pasokan darah terutama di bagian usus halus.

5 Ciri-ciri kanker usus halus stadium awal ini merupakan ciri-ciri yang memang lumrah di kalangan masyarakat tetapi, jika sudah pada tahap kulit berubah warna menjadi kekuningan, anda harus cepat memeriksanya di rumah sakit agar bisa dapat di diagnosa dengan jelas. Cara penyembuhan jenis kanker usus ini bisa dengan operasi atau kemoterapi tergantung yang disarankan dari dokter. Kanker usus halus tidak akan terjadi jika anda dapat mengatur pola makan anda dengan baik dan benar. Mengurangi konsumsi lemak dan juga gula dapat membantu mencegah terjadinya kanker usus halus di masa yang akan datang.

Sponsors Link
, , , ,