Sponsors Link

6 Ciri Ciri Anak Kurang Gizi dan Cara Memperbaikinya

Sponsors Link

Pertumbuhan pada anak – anak akan terlhiat dengan baik seiring bertambahnya usia mereka. Akan tetapi akan tampak sekali bedanya dimana anak yang mendapatkan nutrisi yang cukup akan mengalami pertumbuhan lebih cepat ,biasanya merekan akan terlihat lebih cepat tinggi ataupun gemuk. Akan tetapi ada beberapa anak juga yang mengalami kurang nutrisi ataupun gizi pada tubuh mereka. Biasanya anak tersebut akan terlihat lebih loyo daripada anak – anak pada umumnya. Nah disini kita akan menjelaskan beberapa tanda – tanda anak mengalami kurang gizi.

ads

Apa Itu Gizi Buruk?

Gizi buruk merupakan dimana kondisi tubuh terparah di karenakan mengalami kekugrangan gizi dalam waktu yang lama bahkan tahunan. Hal ini dapat terjadi pada anak – anak, gizi buruk yang sering terjadi pada anak – anak seringkali terjadi di karenakan kurangnya asupan gizi yang seimbang untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Selain dari itu biasanya juga di sebabkan dari penyakit – penyakit tertentu yang juga ikut mengganggu proses pencernaan makanan atau menyebabkan terganggunya proses penyerapan gizi yang sangat penting bagi tubuh kita.

Pada isitilah medis gizi buruk di sebut Malnutrisi Energi Protein atau MEP. MEP sendiri di bagi menjadi dua bagian menjadi MEP berat dan juga MEP ringan. MEP ringan belum menunjukan gejala klinis yang sangat khas, seperti yang dialami pada umumnya.  Anak yang sedang mengalami gizi buruk akan terlihat kurus dan juga mengalami gangguan pertumbuhan.

Sedangkan pada MEP berat atau gizi buruk, anak akan menunjukan gejala – gejala klinis yang sangat khas dan juga menunjukan gangguan biokimiawi dalam tubuhnya. Gizi buruk di kenal juga dengan sebutan busung lapar yang juga mempunyai 3 bentuk kelinis yaitu, Marasmus, Kwashiorkos dan juga Marasmus – Kwashiorkor.  Ketahui juga tentang bab lembek terus menerus.

Tanda–tanda anak mengalami kurang gizi

  1. Mengalami Kegagalan Pada Masa Pertumbuhan

Tanda – tanda pertama yang dapat di lihat pada anak kurang gizi merupakan, dimana anak mengalami kegagalan pertumbuhan. Hal ini dapat membuat anak kehilangan berat badan atau tidak mempunyai berat badan yang cukup. Nutrisi memang sangat mempengaruhi sekali pertumbuhan pada anak.

Ketika anak atau buah hati kita tidak menerima gizi atau nutrisi yang cukup untuk tubuhnya maka tubuh mereka akan kekurangan lemak, protein ataupun kalori semua itu sangat penting sekali peranya untuk pertumbuhan seorang anak. Anak juga harus mendapatkan mineral dan vitamin untuk mendukung pertumbuhan si anak. Baca juga ciri ciri usus luka.

2. Terkena Penyakit Malnutrisi atau Kurang Nutrisi

Ketika anak mengalami kurang gizi juga dapat terkena penyakit yang disebatkan oleh akibat kurang nya nutrisi. Pada kondisi ini sangat sering sekali terjadi terhadap anak anak yang tinggal di Negara yang berkecamu dan juga di daerah daerah pedalaman. Berikut ini penyakit yang di sebabkan di karenakan malnutrisi.

  • Marasmus, penyakit ini dapat menyebabkan penurunan berat badan yang sangat drastic dan juga otot – otot pada tubuh akan mengecil. Pada bagian bawah kulit aka nada sedikit lemak dan juga kulit pada anak menjadi semakin tipis.
  • Kwashiorkor, penyakit ini dapat membuat anak yang kekurangan gizi terlihat lesu dan juga berwarna merah dan juga di barengi dengan bagian pada wajah yang terlihat bulat .

3. Tidak Nafsu Makan

Anak anak biasanya sering mempunyai masalah dengan nafsu makan dan pola makan. Akan tetapi anak anak yang kurang gizi juga mengalami hal tersebut. Mereka tidak tertarik dengan apa yang akan ia makan, semua itu dikarenakan system pencernaan yang tidak berjalan dengan semestinya atu tidak baik.

Sponsors Link

Setelah itu tubuh mereka juga akan tidak merespon mankanan, maka dari itu kebanyakan dari anak – anak yang mengalami kurang gizi akan terlihat lesu. Baca juga penyebab kanker usus buntu.

4. Anak Lebih Mudah Terkena Penyakit

Nutrisi dan vitamin serta mineral sangat lah pentng untuk menjaga imunitas atau system kekebalan pada anak. Akan tetapi anak yang mengalami kurang gizi makan akan membuka kan jalan untuk berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh nya. Pada dasar nya ada bebrapa penyakit yang sering terjadi pada anak – anak  seperti sakit perut, sering flu , diare yang berkepanjangan, dan yang lainya. Anak juga tidak memiliki sumber energy yang dapat menjadi daya tahan pada anak tersebut sehingga tidak dapat mencegah berbagai macam sumber penyakit.

5. Ketika Terluka Maka Tidak Cepat Sembuh

Saat anak yang mengalami kurang gizi terluka makan akan lama sembuhnya atau tidak cepat sembuh. Bahkan parahnya luka dapat menjadi borok yang dapat membuat tubuh anak menjadi terlihat semakin buruk. Semua ini dapat di sebabkan di karenakan tubuh anak tidak mempunyai lemak dan mineral yan cukup untuk tubuh nya dan membangun sel sel yang penting yang dapat berfungsi untuk menutupi jaringan yang luka. Baca juga efek setelah operasi usus besar.

ads

6. Perut Keliatan Bengkak

Perut dan kaki anak yang mengalami kurang gizi akan terlihat seperti bengkak. Hal ini di akibatkan karena pada perut tidak memiliki jumlah otot yang cukup. Setelah itu biasanya akan terlihat bagian isis perut yang seakan akan menonjul keluar.

Saat aki juga ikut bengkak maka akn terjadi pemnumpukan cairan pada bagian kaki, hal ini juga dapat menjadi pertanda bahwa organ dalam seperti ginjal dan organ dalam lainya tidak berfungsi secara baik ataupun normal di karenakan kekurangan nutrisi. Biasanya jika sudah masuk dalam kategori aparah akan di barengi dengan sembelit.

7. Kulit Dan Rambut Kering

Anak atau seseorang yang mengalami kekurangan gizi biasanya juga akan mengalmi kulit dan rambut yang kering. Bahkan pada sebagian orang akan terlihat seperti pecah – pecah dan juga tidak mudah kembali jika di tekan. Rambut pada anak dan seseorang yang mengalami gizi buruk juga akan terasa sangat kering berbeda dengan rambut pada umumnya, dikarenakan tidak mempunyai cukup protein untuk menjaga kesehatan bagi tubuh nya.

Cara Memperbaiki Gizi Anak ?

Ketika anak sedang menderitta kekurangan gizi, maka anak juga dapat mengalami penurununan dalam kecerdasan karna kurang gizi juga dapat mempengaruhi fungsi pada tubuh. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperbaiki gizi dan harus di lakukan dengan cara yang tepat. Akan tetapi anda juga harus berkonsultasi ke dokter atau ke ahli dahulu untuk memastikan bahwa anak atau seseorang tersebut jelas terkena kekurangan gizi atau gizi buruk. Baca juga Cara mencegah kanker usus.

Melakukan perbaikan gizi kepada anak dengan memberikan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Langkah selanjutnya adalah  dengan selalu memperhatikan kialtias makanan yang selalu kita berikan juga sangat penting sekali untuk di perhatikan. Tapi perlu di ingat jangan memberikan makanan dengan ukuran porsi yang berlebihan dan malah membuat perut merasa kembung dan sakit.

Selain nutrisi anda juga dapat dengan memberikan asupan protein yang cukup agar kekebalan dan masa tubuh anak dapat bertambah dan agar anak dapat bertumbuh dengan normal. Selalu perhatikan kebutuhan nutrisi dan protein untuk diri anda sendiri agar tidak terjadi kekurangan dan mengalami kurang gizi ataupun gizi buruk.

Teknik pengolahan pada makanan juga sangat perlu di perhatikan agar gizi dalam makanan tidak hilang. Dalam mengolah makanan bukan hanya sekedar bahan yang akan kita makan harus bersih akan tetapi juga harus memikirkan bagaimana kandungan gizi dalam makanan tersebut tidak terbuang. Atau tidak hilang secara sia sia.

Mengolah , mengatur dan juga menjaga nutrisi dalam makanan sangat memerlukan ketelitian dan juga kita harus pandai untuk mengoptimalkan apa yang akan kita kasih kepada anak kita agar kebutuhan tubuh anak kita tercukupi.

Sponsors Link

Bukan sekedar buah dan juga sayuran yang setiap saat di perhatikan , akan tetapi kebutuhan cairan juga turut harus di perhatikan, seperti air putih yang sangat baik dan snagat di perlukan untuk membantu perkembangan pada tubuh anak kita. Baca dan ketahui juga tentang tipes disertai batuk.

Nah semoga dengan adanya artikel ini dapat mebantu anda semua untuk berhati – hati dan untuk mengatasi gejala kurang gizi atau gizi buruk terutama pada anak – anak. Karna gizi bagi pertumbuhan anak kita sangat penting sekali. Kita harus memperhatikan setiap makanan yang akan kita berikan kepada anak kita , apakah sudah mencukupi kebutuhan tubuhnya atau belum.

Dan jangan lupa juga perhatikan kebutuhan cairan pada tubuh anak agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, minimal dalam 1 hari meminum dari 1,5 – 2 liter. Bantu juga dengan mengkonsumsi seperti protein agar pertumbuhan tubuh pada anak kita bertambah semakin maksimal dan dapat membuat antibody anak kita menjadi kuat , jadi tidak mudah di hinggapi oleh penyakit. Jika terjadi gejala segera hubungi dokter gizi agar mendapatkan penanganan yang tepat dan mendapat obat yang tepat untuk penyembuhan.

Sponsors Link
, , ,