Sponsors Link

8 Cara Penularan Tbc Usus yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Apa itu TBC usus ?

ads

TBC atau tuberculosis merupakan infeksi baktery Mycobacterium tuberculosis yang bisa merusak jaringan pada tubuh manusia. Bakteri tersebut juga dapat di tularkan melewatin saluran udara. Nah biasanya TBC juga menyerang paru paru , usus dan dapat menyalur hingga ke tulang , kelenjar getah bening, system saraf, jantung dan juga organ lainya juga. Tuberkulosis mempunyai beberapa jenis, sering kali juga pasien terkena TBC laten, apa itu ?

Dimana pada kondisi tersebut terdapat bakteri TBC yang tertidur atau jgua belum aktif secara keseluruhan ataupun secara klinis. Bakteri TBC juga akan mulai aktif dan juga menunjukan gejalanya setelah beberapa periode waktu tertentu , bahkan bisa mencapai tahun, tergantung dari daya tahan dan kondisi si penderita. Ketika si pasien mempunyai kekebalan tubuh yang lemah, contohnya penderita HIV, kannker atau yang lainya , maka bakteri TBC akan berkembang lebih cepat. Ketahui juga tentang bab lembek terus menerus.

Apakah TBC usus menular dan bagaimana cara penularanya ?

Nah pada umumnya penyakit TBC menyerang organ paru paru dan di sebut dengan TB paru. Akan tetapi TBC ternyata juga dapat menyerang organ lainya seperti usus. Selain itu bakteri TBC juga dapat menginfeksi bagian lain yang berada pada luar paru – paru. Akan tetapi seseorang hanya akan menderita TBC usus saja pada umumnya dan tidak menularkan kuman tbc yang terdapat pada ususnya. Hal itu di karenakan bahwa penularan TBC pada umumnya terjadi di karenakan ada kontak langsung terhadap kuman TBC itu sendiri atau contohnya melalui percikan dahak akan tetapi itu hanya terjadi pada TBC paru dan juga kulit. Baca juga penyebab kanker usus buntu.

Gejala kondisi yang mudah membuat seseorang tertular TBC paru dan juga TBC kulit :

  • Kondisi kekebalan tubuh yang sedang turun
  • Melakukan kontak fisik terhadap penderita TBC kulit atau paru secara alngsung
  • Anda tinggal di tempat yang sangat padat.

Beberapa makanan yang harus anda hindari :

  • Minuman dingin
  • Kopi, Baca juga efek setelah operasi usus besar.
  • Buah – buahan
  • Salad
  • Mengkonsumsi susu yang berlebihan
  • Hindari makanan yang dapat membentuk gas seperti kubis dan juga kacan.

Cara penularan TBC:

  1. TBC disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis (MTB) , yang bisa menyebar melalui udara.
  2. Nah bakteri ini bisa terhirup ketika terjadi kontak langsung dengan si penderita TBC secara langsung atau juga dengan melalui udara  yang sudah di cemari oleh si penderita TBC itu tadi contohnya dengan melalui batuk.
  3. Setelah itu bakteri akan memasuki tubuh dan pada saat itu bakteri belum aktif akan tetapi masih tidur, menunggu beberapa waktu untuk bakteri tersebut bereaksi tergantu dari daya tahan tubuh seseoarng. Nah periode ini biasanya di sebut dengan masa inkubasi.
  4. Dikarenakan bakteri yang masih dalam keadaan belum aktif akan tetapi masih tertidur dalam beberapa waktu , maka anda tidak akan mengalami gejala penularan ataupun menular. 
    Sponsors Link

  5. Akan tetapi ketika si pasien mengikuti  tes bakteri MTB , maka akan di dapatkan hasil yang positif walau meskipun tidak menunjukan adanya tanda – tanda sama sekali. Perlu di ingat  risiko TBC dapat di kurangi jika sudah terdeteksi dini dan dalam periode inkubasi. Baca juga Cara mencegah kanker usus.
  6. Nah dari sepuluh orang yang sudah terinfeksi bakteri MTB , maka haya ada satu orang yang biasanya akan berkembang menjadi terjanngkit terkena TBC.
  7. Setelah itu bakteri akan menyerang tubuh mereka ketika system kekebalan tubuh mereka tidak dapat melawanya ataupun bakteri tersebut juga dpat menunggu hingga system kekebalan mereka meleah missal nya pada seseorang yang sudah lanjuut usia atau terkena penyakit lain seperti HIV, ataupun kannker.
  8. Biasanya bakteri dapat berkembang pada paru paru dan juga pembuluh darah dan dapat berpindah ke bagian organ lainya. Baca juga ciri ciri usus luka.

Siapa saja yang berisiko terkena TBC ?

Nah disini kami juga akan memberikan info tentang beberapa faktor yang mampu meningkatkan risiko anda terkena penyakit TBC baik usus ataupun paru paru. Faktor paling besar juga merupakan saat kondisi kekebalan tubuh anda sedang melemah, contohnya sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Terkena HIV/AIDS
  • Mengalami diabetes
  • Mengalami penyakit ginjal dan sudah mencapai stadium akhir
  • Mengalami kannker, Baca dan ketahui juga tentang tipes disertai batuk.
  • Mengalami Malnutrisi
  • Sedang menjalani Pengobatan kanker
  • Mengkonsumsi obat – obat an yang biaasanya di gunakan untuk penyakit autoimun

Nah semoga dengan adanya info ini dapat membantu anda untuk menangani atau menghindari penularan TBC usus ataupun paru dan juga kulit. Untuk mendapatkan info yang lebih lanjut dan kepastian yang lebih, anda juga bisa mengunjungi dokter atau melakukan tes bakteri yang kami sebutkan tadi, agar anda dpat berjaga – jaga dan melakukan langkah awal jika anda sudah terkena bakteri tersebut.

Jangan tunggu hingga bakteri tersebut bangun karna akan membuat anda terkenan TBC yang akan cukup sulit untuk di sembuhkan dan juga tentunya akan meluarkan biaya yang banyak, karna biasanaya bakteri TBC akan menunggu sampai kekebalan tubuh anda sedang menurun dan baru bereaksi untuk melakukan aksinya.

Sponsors Link
, , ,