Sponsors Link

4 Cara Penularan Cacingan yang Bisa Menghambat Perkembangan Otak

Sponsors Link

Cacingan merupakan bahasa sehari-hari yang digunakan untuk sebutan penyakit karena adanya cacing parasit di dalam tubuh manusia. Umumnya, penyakit cacingan ini lebih banyak dialami anak-anak dibandingkan orang dewasa. Biasanya, faktor lingkungan dan makanan menjadi penyebab berkembang biaknya cacing parasit, kemudian masuk ke dalam tubuh manusia. Cacing parasit yang masuk ke tubuh manusia dan menjadi penyebab cacingan, adalah cacing kremi, cacing cambuk, dan cacing kalung. Penyakit cacingan akan pantangan makanan penderita tipes menjadi penyakit yang berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Cacingan juga berpotensi menimbulkan penyakit lainya seperti batuk-batuk, anemia, badan yang kurus dan lain sebagainya. Penyakit cacingan juga bisa mudah menular, terlebih jika banyak faktor yang mendukung penyebaran penyakit cacingan ini disekitar lingkungan kita. Berikut ini adalah ciri sembuh dari disentri gejala seseorang yang muncul karena cacingan:

ads
  • Kondisi badanya selalu lesu, loyo, lemah dan kekurangan darah (anemia)
  • Berat badanya menurun dan terkena malnutrisi
  • Mengalami batuk yang tak kunjung sembuh
  • Merasakan nyeri di bagian perut
  • Mengalami diare
  • Memiliki perut buncit
  • Rambutnya memiliki warna seperti jagung
  • Wajahnya pucat dan bagian mata tidak bersih
  • Kondisi Peertumbuhan tubuh terganggu
  • Postur anak cacingan lebih pendek
  • Memiliki daya tahan tubuh yang rendah
  • Menurunya tingkat konsentrasi

Proses Masuknya Parasit Cacing ke Tubuh Manusia

Penyakit cacingan, khususnya cacingan pada anak-anak biasanya terjadi cukup mendadak. Sebelumnya, cara penularan cacingan pada anak tidak mengeluhkan sakit apa-apa, namun jika sudah terkena cacingan secara perlahan anak bisa mengalami gangguan nutrisi bahkan hingga anemia. Selain itu, penyakit cacingan juga ciri-ciri tipes kambuh bisa menghambat perkembangan otak yang mempengaruhi kecerdasan pada anak-anak. Berikut ini cara penularan penyakit cacingan pada manusia:

  • Anak-anak yang cukup sering bermain dengan tanah, juga bisa terkena cacingan. Hal ini diakibatkan oleh larva cacing yang berasal dari tanah, dan masuk ke dalam pori-pori kulit  tubuh anak.
  • Biasanya, saat bermain tanah, anak-anak bertelanjang kaki dan saat itulah ia menginjak larva telur yang obat herbal perut kembung masuk dengan mudah ke dalam kulit kakinya. Setelah itu, anak akan merasa gatal-gatal.
  • Cacing atau parasit tersebut dapat masuk ke dalam tubuh manusia , dari makanan dan minuman yang dikonsumsi dan sudah terkontaminasi. Makanan atau minuman tersebut telah tercemar oleh telur atau larva cacing.
  • Selain lewat makanan, telur cacing bisa masuk ke tubuh manusia lewat debu. Telur cacing yang berada di wilayah kotor akan mengering dan menempel dengan debu.

Kemudian, debu tersebut juga hinggap di makanan yang dijual di pinggir jalan atau tempat yang sering dipegang tangan manusia. Setelah masuk ke cara menjaga kesehatan usus dalam tubuh, telur ini berkembang menjadi parasit cacing dan berkembang biak membentuk sebuah koloni. Koloni parasit itu akan menyerap sari makanan yang mengandung protein dan gizi penting untuk tubuh.

Dampak Cacingan Pada Manusia

Secara umum, penyakit cacingan banyak diderita oleh penyebab busung lapar anak-anak, namun tidak menimbulkan resiko kematian. Penyakit cacingan ini hanya bisa menular kepada seseorang atau anakp-anak yang ternyata memiliki kondisi tubuh yang cukup lemah, sehingga rentan tertular penyakit. Sebaiknya, sebagai orang tua yang ingin anak-anaknya terhindar dari penyakit cacingan, sebaiknya kita mulai memperhatikan kebersihan mereka. Biasakan untuk mereka mencuci obat tradisional radang usus tanganya terlebih dulu, sebelum menyentuh benda-benda disekitarnya atau sebelum makan. Potong kukunya dengan rapi , serta ajarkan mereka untuk selalu menggunakan sandal atau sepatu saat berada di luar rumah. Penyakit cacingan ternyata dapat dengan mudah menular ke dalam tubuh manusia melalui tanah dan makanan yang terkontaminasi oleh larva telur cacing parasit.

Demikian itulah ulasan cara penularan bisa terjadinya cacingan. Oleh sebab itu, setelah kita tahu cara penularan cacingan tersebut, sebaiknya segera lakukan tindakan pencegahan, agar anak-anak dan keluarga kita terhindar dari penyakit cacingan.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Cacingan