Sponsors Link

Cara Penularan Bakteri Helicobacter Pylori yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Seperti yang kita sadari, ada banyak sekali jenis penyakit di saluran pencernaan. Untuk kita yang ingin terhindar dari bahaya berbagai macam jenis penyakit, lebih baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Salah satu caranya adalah dengan memperhatikan gaya hidup kita. Sebab ke manapun kita pergi, ada bakteri, virus, dan polusi yang bisa menjadi penyebab penyakit. Salah satunya adalah bakteri Helicobacter pylori. Bakteri ini merupakan bakteri yang bisa tumbuh di saluran pencernaan. Bakteri ini bisa tumbuh di lambung dan berbahaya untuk saluran pencernaan.

ads

Bahayanya lebih lanjut adalah karena bakteri ini memiliki kemampuan untuk menimbulkan infeksi dengan cara menyerang dan merusak dinding lambung dan usus halus. Pada kondisi normal lambung akan mengeluarkan asam. Akan tetapi, ketika penularan bakteri helicobacter pylori terjadi, lambung akan mengurangi kemampuan asam untuk membunuh bakteir jahat dan mencegah asam untuk mencerna makanan. Untuk menjaga anda dari risiko penyakit ini sebaiknya anda memaksimalkan konsumsi vitamin untuk membantu penyerapan makanan.

Hal itu terjadi karena Helicobacter pylori dapat hidup dalam cairan asam di lambung sehingga asam lambung tidak efektif dalam membunuh bakteri yang ada di dalam lambung. Jika seseorang terinfeksi Helicobacter pylori, umumnya akan menunjukkan gejala yang signifikan. Infeksi Helicobacter pylori dapat menimbulkan penyakit saluran pencernaan, seperti gastritis dan tukak lambung. Penularan bakteri helicobacter pada pencernaan ini akan membuat penderita menjadi tidak nyaman untuk mengonsumsi makanan.

Bahkan mungkin juga tidak nyaman untuk beraktifitas karena rasa tidak nyaman yang diderita di lambungnya menyebabkannya tidak ingin melakukan aktifitas apapun. Untuk itu, dibutuhkan obat pencernaan yang aman dan dapat mengembalikan kondisi asam lambung ke kondisi normal. Hindari makanan dan minuman yang bisa memperburuk keadaan penularan bakteri helicobakter pylori dalam tubuh. hindari makanan dan minuman seperti soda, makanan yang mengandung rasa pedas yang tinggi, gula yang terlalu banyak, kafein, cuka, dan buah asam seperti jeruk, strawberry, berry, kedondong, dan lain sebagainya. Pilih menu yang aman untuk lambung seperti makanan dengan rasa tawar, roti tawar, gandum, dan bubur.

Proses Penularan Bakteri Helicobacter Pylori

Jika anda ingin tahu bagaimana proses penyebaran atau penularan bakteri helicobacter Pylori pada pencernaan, simak penjelasan berikut ini:

Penularan bakteri Helicobacter pylori dari seseorang ke orang lain belum diketahui secara pasti. Dugaan terkuat ialah penularan bakteri terjadi melalui kontak mulut atau ludah. Di mana kemungkinan terbesarnya ialah bakteri yang dikeluarkan oleh penderita tertelan oleh orang yang sehat. Dugaan lainnya, bakteri Helicobacter pylori dapat menyebar secara fecal-oral. Proses ini merujuk pada kondisi di mana seseorang yang terkena infeksi Helicobacter pylori sebelumnya menelan bakteri lewat udara.

Bakteri bisa keluar lewat kotoran penderita, sehingga jika anda berada dalam daerah sanitasi yang tidak sehat, anda bisa tertular bakteri ini. Helicobacter pylori juga dapat menyebar melalui air atau makanan yang terkontaminasi bakteri tersebut. sebaiknya anda segera menemukan pengobatan yang tepat untuk cara melancarkan pencernaan makanan. Faktor risiko penularan bakteri helicobacter akhirnya menjadi semakin meningkat jika seseorang berada pada kondisi sebagai berikut:

  • Dia tinggal di lingkungan sanitasi yang tidak layak
  • Dia tinggal di area pemukiman padat penduduk ditambah dengan sanitasi yang tidak layak
  • Dia memiliki kebiasaan memasak air minum tidak sampai matang, ditambah air tersebut diperoleh di area pemukiman yang padat penduduk
  • Dia tinggal satu atap dengan penderita infeksi Helicobacter pylori.

Infeksi bakteri Helicobacter pylori

Sponsors Link

Infeksi bakteri helicobacter Pylori dalam saluran pencernaan sangat merugikan pasien, bisa menyebabkan bahaya muntah darah sehingga dibutuhkan secepatnya pertolongan pertama muntah darah. Pasalnya H. pylori dapat hidup di dalam lambung dan bisa bertahan di cairan asam. Bakteri ini menjadi penggangu fungsi asam dalam lambung untuk mencerna makanan dan membunuh bakteri jahat yang merugikan tubuh. Seseorang yang tertimpa infeksi bakteri helicobacter pylori memiliki peluang terkena resiko kanker. Luka yang ditimbulkan oleh H. pylori bisa mengakibatkan infeksi kronis dan beresiko meningkatkan kanker lambung nonkardia.

Pada kondisi seperti ini, dia sebenarnya sebelumnya telah membutuhkan makanan fermentasi untuk pencernaan dan memperbaiki kondisi pencernaan. Peradangan dan luka yang diakibatkan oleh infeksi bakteri ini juga dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel dan sistem pencernaan. Kerusakan dalam waktu lama bisa memicu mutasi geentik dan perubahan genetik. Kondisi inilah yang kemudian bisa berkembang menjadi kanker. Risiko ini bisa semakin meningkat dan bisa segera tersebar luas ke seluruh tubuh jika seoserang tidak memiliki pola makan sehat. Seseorang yang jarang makan sayur buah, merokok, punya penyakit anemia pernisiosa, memiliki risiko tinggi mudah terserang infeksi bakteri ini. Penderita harus segera menghubungi dokter jika mengalami gejala-gejala seperti:

Demikian pemaparan tentang penularan bakteri helicobacter pylori pada pencernaan yang harus anda ketahui. Selamat menjaga kesehatan dengan gaya hidup sehat dan menelan makanan yang mudah dicerna tubuh.

Sponsors Link
, ,