Sponsors Link

22 Cara Menurunkan Asam Lambung Secara Alami dan Cepat

Sponsors Link

Mencari langkah untuk menurunkan asam lambung secara alami dan cepat, harus dilakukan saat kita mengalami sakit asam lambung mendadak. Mengidap sakit asam lambung seperti ini tentunya membuat aktifitas kita menjadi kurang bersemangat dan kondisi tubuh terkadang menjadi lemas. Walau begitu, sakit asam lambung umumnya bisa diatasi dengan cukup mudah. Namun, untuk gejala asam lambung tinggi, sebaiknya mengkonsumsi obat atau berkonsultasi kepada dokter. Asam lambung merupakan cairan yang keluar dari hasil produksi organ pencernaan dan mengandung asam klorida (Hcl). Cairan asam lambung ini sebenarnya berfungsi untuk memaksimalkan fungsi pencernaan dan mendeteksi bakteri serta kuman yang masuk ke tubuh, bersama dengan minuman dan makanan yang dikonsumsi. Asam lambung juga ikut membantu dalam proses penyerapan vitamin B12 oleh tubuh.

ads

Ketika seseorang memiliki kandungan asam lambung yang rendah maka ia dikatakan sakit asam lambung. Sama hal nya ketika asam lambung kita naik atau berlebih, maka kita juga bisa terserang sakit asam lambung. Yang sering dialami sebagian besar orang adalah sakit asam lambung yang tinggi, dimana, orang tersebut biasanya memiliki nafas yang kurang sedap dan mengalami gangguan pernapasan. Dalam dunia medis, sakit asam lambung ini dikenal dengan istilah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). LES dalam keadaan normal dapat terbuka dan tertutup ketika ada makanan atau minuman yang masuk ke perut. Jika tidak berfungsi baik, asam lambung dapat keluar dari lambung, sehingga menyebakan sakit asam lambung.

Gejala Sakit Asam Lambung

Sebelum kita mengalami sakit asam lambung, umumnya kita merasakan sakit pada lambung di saat kita terkena maag dan tukak lambung. Tukak lambung ini cukup berbahaya dan bisa mengakibatkan sakit asam lambung tinggi. Sementara Maag, itu lebih kepada sakit asam lambung ringan. Ada beberapa gejala yang bisa dibilang merupakan awal mula kita terkena asam lambung normal, maupun asam lambung yang berlebih. Berikut beberapa gejalanya:

  1. Asam lambung dalam perut yang seharusnya berfungsi dengan baik, malah akan naik kembali ke kerongkongan. Mulut juga akan merasakan rasa asam. (baca juga: Cara Menghilangkan Mual Karena Maag)
  2. Merasakan bau mulut atau nafas menjadi kurang segar.
  3. Penderita akan merasakan ada benjolan di bagian kerongkongan saat akan menelan makanan, sehingga sulit menelan makanan tersebut.
  4. Penderita akan merasakan sensasi terbakar di bagian dadanya, serta nyeri di bagian ulu hati. Kondisi ini semakin parah, saat makanan masuk ke dalam perut dan juga saat kita membungkuk.
  5. Akan mengalami laryngitis atau radang di bagian laring dan pita suara yang mengakibatkan suara menjadi parau.
  6. Jumlah Air liur kita akan meningkat secara mendadak.
  7. Mengalami batuk kering secara terus menerus, khususnya di saat malam hari. (baca juga: Gejala Maag Kambuh)

Penyakit asam lambung ini bisa terjadi pada seseorang dalam rentang waktu 1 hingga 2 kali sebulan. Sakit asam lambung yang ringan bisa diatasi dengan memperbaiki pola makan yang sehat, atau bisa juga menggunakan obat herbal alami yang aman dan nyaman untuk dikonsumsi. Sedangkan untuk sakit asam lambung yang cukup parah dan terus menerus terjadi, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter ahli, agar segera ditangani lebih lanjut.

Artikel Terkait :

Penyebab Sakit Asam Lambung Pada Manusia

Ketika asam lambung meningkat, bagian jaringan dinding kerongkongan dan bagian mulut akan teriritasi oleh naiknya asam lambung tersebut. Gejala asam lambung yang umum dialami oleh para penderita asam lambung sebagai berikut:

  1. Refluks asam lambung atau regurgitasi, dimana keadaan asam di dalam perut akan naik kembali ke kerongkongan kita, sehingga efeknya membuat mulut terasa asam dan pahit.
  2. Merasakan sensasi terbakar di bagian dada atau nyeri ulu hati, dimana kondisi seperti ini juga mengakibatkan asam lambung naik ke bagian esophagus pada lambung. Rasa nyeri akan semakin menguat ketika kita makan atau dalam posisi membungkuk.

Tidak ada akibat jika tanpa sebab, begitu juga dengan penyebab sakit asam lambung yang diderita oleh manusia. Gaya hidup yang serba instan dan kurang sehat seperti saat ini, juga bisa memicu sakit asam lambung ringan maupun berlebih. Berikut ini penyebab secara umum terjadinya asam lambung :

  • Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan ini umumnya banyak dialami orang yang tinggal di kota-kota besar. Obesitas memang membahayakan kesehatan tubuh kita, salah satunya menyebabkan tekanan darah tinggi. Karena aktifitas makan yang berlebih dan juga tekanan darah tinggi tersebut, kabarnya bisa menyebabkan otot LES melemah dan mudah terserang asam lambung.

  • Kondisi Kehamilan

Para wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan hormon. Akibat dari perubahan hormone tersebut, wanita hamil bisa mudah terserang sakit asam lambung, karena otot LES juga melemah, sehingga menyebabkan tekanan di daerah perut wanita hamil.

  • Konsumsi Makanan Lemak Berlebih

Makanan yang enak untuk dinikmati, biasanya malah banyak mengandung lemak. Masalahnya, makanan dengan kandungan lemak yang cukup berlebih akan memerlukan waktu pencernaan yang lama dibandingkan makanan sehat lainya. Karena keadaan tersebut, asam lambung akan dihasilkan lebih banyak dari biasanya. (baca juga: Makanan yang mengandung banyak serat)

  • Konsumsi Kopi, Cokelat, Kegiatan Merokok dan Alkohol

Kita sadari sekarang ini, kegiatan mengkonsumsi kopi, cokelat, alkohol dan kegiatan merokok sudah menjadi gaya hidup yang dilakukan sebagian besar orang. Namun, jika dilakukan secara berlebih, maka sangat mudah memicu sakit asam lambung yang tinggi dan menyebabkan otot LES tenang, sehingga memicu asam lambung kembali naik ke esophagus.

  • Stress
Sponsors Link

Stress juga bisa menjadi penyebab sakit asam lambung ringan maupun tinggi. Stress yang identik dengan keadaan otak yang menegang ini, rupanya berpengaruh kepada otot LES dan membuatnya menjadi lemas dan tidak bisa bekerja secara maksimal.

  • Hernia Hiatus

Penyebab ini khusus dialami oleh penderita hernia hiatus. Biasanya kondisi yang terjadi adalah sebagian dari lambung akan terdorong hingga melewati batas diafragma. Selain itu, penyakit ini juga menyebabkan otot LES menjadi semakin lemah dan memicu sakit asam lambung yang tinggi.

Makanan yang Harus Dihindari Saat Sakit Asam Lambung

Jika Anda sering mengalami sakit asam lambung, coba mulai perhatikan pola makan Anda. penyebab utama asam lambung terjadi, umumnya terkait proses pencernaan makanan dalam tubuh kita. Jadi, tidak sembarang makanan bisa kita konsumsi saat sedang sakit asam lambung. Beberapa makanan yang harus dihindari saat sakit asam lambung sebagai berikut:

  1. Makanan yang terlalu banyak mengandung minyak.
  2. Makanan yang terlalu banyak pedas dan asamnya.
  3. Makanan yang mengandung Alkohol.
  4. Makanan yang mengandung lemak.
  5. Minuman berkarbonasi dan mengandung kafein.
  6. Makanan mengandung Santan.
  7. Makanan Junkfood dan fastfood. (baca juga: Penyebab Makanan Sulit Dicerna Tubuh)

Usahakan agar beberapa jenis makanan tersebut bisa dihindari. Saat kita mengalami sakit asam lambung yang tinggi, itu karena bakteri helicobacter pylori, ditambah lagi dengan beberapa makanan tersebut dikonsumsi oleh kita, lama kelamaan asam lambung bisa lebih parah. Awalnya mungkin hanya terasa perih di lambung, namun lebih parah lagi, jika tidak ditangani dengan baik, maka bisa menyebabkan lambung luka, Maag kronis hingga kanker lambung. Tentunya Anda tidak ingin mengalami sakit asam lambung yang lebih parah bukan, sebagai berikut:

Bagi Anda yang pernah mengalami asam lambung, baik itu ringan maupun asam lambung yang tinggi, kita bisa membantu menurunkan asam lambung, dengan mengkonsumsi beberapa makanan khusus. tidak hanya membantu menurunkan asam lambung, beberapa makanan, minuman dan kebiasaan  berikut ini juga menyehatkan tubuh kita. berikut ulasanya:

  • Konsumsi Manisan Jahe

Manisan yang berbahan dasar jahe ternyata bisa menjadi alternatif makanan yang mampu membantu menurunkan asam lemak secara alami. Jahe adalah tanaman herbal yang biasa dijadikan obat untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya membantu cara menurunkan asam lambung. Anda bisa mengkonsumsi manisan jahe sebagai bahan alami penghilang mual dan muntah karena asam lambung yang naik, dan juga sangat baik untuk membersihkan usus yang kotor. (baca juga: Makanan Pembersih Usus Kotor)

  • Meminum The Chamomile

Minuman teh yang terbuat dari daun chamomile ini ternyata ampuh untuk menurunkan asam lambung yang tinggi. Selain itu, teh ini juga bisa mengoptimalkan kembali kinerja lambung kita. Hebatnya lagi, the chamomile ini juga membantu kita membuang gas di dalam perut akibat asam lambung yang tinggi. Rendam the chamomile dalam air mendidih, setelah matang dinginkan dan minum. jangan minum teh saat masih panas.

  • Mengkonsumsi Buah-buahan yang Aman untuk Lambung
ads

Saat asam lambung naik, sebenarnya kita harus menghindari memakan buah, terlebih yang rasanya asam seperti jeruk. Namun, kita bisa memilih alternative buah-buahan yang aman untuk lambung kita. buah-buahan tersebut seperti anggur, apel, melon, pir, pisang , cranberry dan semangka. Buah-buahan tersebut baik untuk dikonsumsi karena mengandung nutrisi atau cairan yang mengandung serat alami. Memakan buah ini juga tidak membuat perut sakit. (baca juga: Makanan Untuk Penderita Infeksi Saluran Pencernaan)

  • Konsumsi Sayuran Terbaik Untuk Lambung

Saat asam lambung menyerang, umumnya kita agak susah mengkonsumsi makanan seperti biasanya. Terkadang, makanan sehat seperti sayuran juga harus dibatasi, karena khawatir kondisi lambung semakin parah. Namun, sayuran memiliki nutrisi yang baik yang dibutuhkan tubuh kita. Solusinya adalah tetap mengkonsumsi sayuran yang memang aman dan disarankan untuk penderita asam lambung. Sayuran tersebut adalah brokoli,kentang, wortel, kacang, kubis, kacang panjang. Usahakan sayuran tersebut direbus agar bisa diterima oleh lambung kita.

  • Konsumsi Produk Gandum

Produk gandum memang sering direkomendasikan sebagai makanan yang sehat dan mengandung serat yang baik dan diperlukan tubuh. Gandum juga dapat membantu menurunkan asam lemak. Ada banyak produk makanan yang mengandung gandum seperti sereal, bubur gandum, oatmeal dan roti gandum. Jika kurang suka dengan gandum, Anda bisa mengkonsumsi beras merah. Sebaiknya konsumsi produk gandum original, tanpa tambahan pemanis.

  • Konsumsi Obat Mengandung Antasida

Anda yang terbiasa mengobati penyakit dengan meminum obat, bisa memilih obat-obatan yang mengandung antasida. Obat seperti ini akan bekerja mengatasi lambung yang bermasalah dan juga meringankan sakit perut karena gangguan asam lambung kita.

  • Konsumsi Produk Susu Rendah lemak

Susu yang rendah lemak ternyata bisa menjadi minuman yang aman dan membantu cara menurunkan asam lambung kita. Susu banyak mengandung kalsium yang baik untuk tubuh dan bersahabat bagi lambung kita. jenis olahan produk dari susu lainya, yang bisa dikonsumsi adalah keju, krim kerju dan susu kambing serta Yoghurt yang dibuat dari susu rendah lemak.

  • Minum Air Teh Hangat

Minuman teh selalu menjadi favorit anak-anak hingga dewasa. Dari dulu hingga sekarang, teh menjadi minuman yang wajib disajikan, terlebih saat sedang berkumpul dengan keluarga. Teh juga bahan alami yang ternyata bisa membantu mengatasi dan menurunkan asam lambung yang naik. Jenis teh yang digunakan adalah teh hitam dan teh hijau. Senyawa khusus yang terkandung dalam dua jenis teh tersebut ternyata ampuh untuk menanangkan asam lambung kita. Sebaiknya minum air the ini selagi hangat. Jika masih panas, tunggu hingga hangat.

  • Apel dan Apel Organik

Jika Anda memiliki apel organic, yang biasanya didapatkan di supermarket besar, maka Anda bisa menggunakanya sebgai obat untuk menurunkan asam lambung. Kabarnya, hampir semua jenis produk olahan dari Apel organic ini, bisa membantu menurunkan sakit asam lambung. Selain sehat, Apel juga memiliki rasa yang enak. Hindari memakan biji Apel karena berbahaya dan mengandung racun, yang juga tidak baik untuk usus anda. (baca juga: Obat Herbal Untuk Usus Buntu)

  • Hindari Konsumsi Daging yang Berlemak

Jika pernah terkena sakit asam lambung, maka Anda perlu memahami, bahwa makanan yang mengandung lemak tinggi itu sebaiknya dihindari, karena mengakibatkan asam lambung meningkat. Makanan yang berlemak, ketika masuk ke proses pencernaan, akan ditolak dan dikeluarkan kembali. Selain itu, makanan berlemak juga cukup sulit dicerna oleh usus kita. Namun Anda tetap bisa mengkonsumsi daging yang rendah lemak, seperti daging ikan, daging kambing yang tanpa lemak.

  • Konsumsi Makanan dengan Vitamin B

Makanan yang mengandung vitamin B, khususnya B2 dan B6 ternyata dapat membantu menurunkan sakit asam lambung. Khususnya bagi wanita hamil, disarankan untuk mengkonsumsi makanan bervitamin B tersebut untuk menghilangkan sakit asam lambung yang biasanya dialami selama massa kehamilan. Beberapa makanan mengandung vitamin B tersebut seperti kacang-kacangan, hati, ikan salmon, ikan sarden dan bayam.

  • Minum Air Mineral

Minuman yang paling aman, saat Anda terkena asam lambung adalah minum Air mineral atau air putih alami. Terkadang, saat sakit asam lambung, kita tidak bisa sembarang minum, terlebih minuman kafein atau soda. Maka dari itu, sebaiknya minum air mineral saja. selain bisa menghilangkan dehidrasi, minum air putih sebanyak 6 – 8 gelas setiap hari itu memang diperlukan tubuh, yang mampu sebagai penyembuh dalam penyakit usus buntu juga. (baca juga: Obat Usus Buntu Tanpa Operasi)

  • Jangan Makan Terlalu Cepat

Apakah Anda memiliki kebiasaan makan dengan cepat? Hal ini kurang baik untuk dilakukan, karena bisa memicu naiknya asam lambung. Bisa dibayangkan, makanan yang masuk ke dalam perut secara terus menerus, akan menyulitkan proses pencernaan dalam tubuh kita. Sebaiknya, makanlah dengan pelan dan kunyah makanan hingga lembut.

  • Saat Makan Duduklah dengan Benar

Bukan hanya makanan dan minuman tertentu yang harus dihindari untuk menurunkan sakit asam lambung, posisi duduk kita juga bisa berpengaruh. Terutama saat kita makan, jika kita terbiasa dengan posisi bergerak saat makan, ini akan berakibat asam lambung naik ke kerongkongan. Makanlah selalu dengan posisi duduk, dan tegak itu lebih baik agar asam lambung tidak naik, ini akan bagus bagi anda yang mempunyai penyakit radang usus. (baca juga: Cara Menyembuhkan Radang Usus)

  • Hindari Minum Minuman Asam Sehabis Makan

Jika kita jajan makanan di luar rumah, seperti makan siomay, bakso tahu, mie kocok dan lain sebagainya, sajian minuman yang ditawarkan biasanya es jeruk. Rasanya memang segar dan enak, tapi kebiasaan seperti itu bisa menyebabkan asam lambung diproduksi lambung dengan cepat. Minuman asam yang masuk ke perut dan bercampur dengan lemak, protein serta karbohidrat menyebabkan pencernaan melambat. Asam lambung akan turun jika kita menghindari kebiasaan minum minuman asam karena biasanya akan terjadi diare. (baca juga: Penyebab Diare)

  • Kurangi Konsumsi Makanan yang Digoreng

Gorengan memang cocok dimakan saat sore hari atau pagi hari sebelum sebagai menu camilan. Namun, bagi orang yang sedang sakit asam lambung, baiknya tidak dulu makan camilan gorengan seperti ini. gorengan dan makanan yang digoreng lainya mengandung lemak yang cukup tinggi dan bisa menganggu saluran pencernaan jika dikonsumsi berlebihan. Minyak yang terkandung dalam gorengan, bisa menaikan asam lambung.

  • Minum Air Hangat Campur Madu
Sponsors Link

Madu adalah obat alami yang sering dikonsumsi oleh beberapa orang, karena madu menyehatkan tubuh kita. Jika kita mengalami asam lambung yang naik, kita bisa mengkonsumsi madu yang dicampur dengan air hangat. Magnesium dan kalium yang terdapat dalam madu, ternyata ampuh untuk cara menurunkan asam lambung.

  • Jangan Tidur Telentang atau berbaring Saat Asam lambung Tinggi

Jika Anda sering kambuh asam lambungnya, maka hindari tertidur atau tiduran dengan posisi telentang atau berbaring. Jika dilakukan, dikhawatirkan asam lambung ini akan memicu muntah dan mual sehingga membuat tidur kurang nyaman. Jika memang ingin tidur, usahakan menambah bantal agar lebih tinggi posisi kepala kita dibanding tubuh. Jangan juga membiasakan tidur setelah makan.

  • Hindari Mengkonsumsi Makanan dengan Pemanis Buatan

Makanan dengan pemanis buatan juga dapat memicu asam lambung yang tinggi. Makanan yang mengandung pemanis akan membuat perut lebih cepat kenyang, namun hanya dalam waktu yang singkat. Kebiasaan memakan makanan dengan pemanis buatan tentunya dapat membuat produksi asam lambung meningkat. Untuk menurunkan sakit asam lambung, hindari konsumsi makanan dengan pemanis tersebut.

Artikel Lainnya:

  • Lemak dan Protein bersamaan

Anda perlu memperhatikan pola makan sehari-hari. Khususnya bagi yang sedang menjalani program diet yang cukup sering mengkonsumsi makanan yang berprotein dan berlemak. Namun tahukah Anda bahwa kedua nutrisi tersebut seharusnya tidak dikonsumsi secara bersamaan, karena dapat membuat asam lambung naik. Sebaiknya, kita memilih nutrisi mana yang ingin lebih dulu dikonsumsi. Berikan jarak waktu setidaknya hingga setengah jam, baru bisa mengkonsumsi nutrisi lainya.

  • Hindari Makanan Fast Food

Hampir setiap weekend restoran makanan cepat saji atau fast food begitu penuh oleh sebagian besar orang yang sedang makan. Rasanya jangan ditanya, namun akibatnya kurang baik, terutama untuk penderita asam lambung. Makanan cepat saji identik dengan digoreng dan mengandung zat MSG serta garam yang cukup tinggi. Mengkonsumsi garam dan MSG secara berlebih akan membuat tubuh memerlukan banyak cairan, itulah sebabnya kita bisa merasa mual atau muntah serta tidak merasakan lapar.

  • Merubah Gaya Hidup Yang Tidak Sehat

Menjalankan gaya hidup yang sehat akan berperan penting untuk menjaga kesehatan asam lambung kita. Namun, sebagian orang rupanya kurang menyadari gaya hidup sehat ini dan kebanyakanya menjalankan gaya hidup yang kurang sehat, seperti berhenti merokok dan tidak meminum minuman beralkohol serta tidur dalam waktu yang cukup.

Dari pemaparan diatas, kita bisa menyimpulkan bahwa sakit asam lambung yang sering dialami sebagian orang akhir-akhir ini, penyebabnya adalah gaya hidup yang kurang sehat serta pola makan yang kurang tepat. Kedua hal tersebut telah menjadi kebiasaan yang cukup sulit untuk dihindari. Namun, ketika sudah mengalami asam lambung yang tinggi, sebaiknya kita harus berusaha untuk menurunkan asam lambung dengan  mengikuti beberapa langkah untuk menurunkan asam lambung secara cepat dan alami.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :