Sponsors Link

24 Cara Mengobati Tukak Lambung Secara Alami

Sponsors Link

Kasus peradangan biasa kita temukan pada radang tenggorokan tetapi peradangan juga dapat terjadi pada organ lainnya, salah satunya organ lambung. Peradangan yang terjadi pada lambung biasa disebut tukak lambung. Tukak lambung adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan serta luka yang terjadi pada daerah perut serta membran usus dua belas jari yang merupakan bagian pertama dari organ usus. Suatu peradangan terjadi akibat kedua organ tersebut mengalami luka atau tertusuk sehingga mengenai jaringan didalam nya yang lebih dalam sehingga terjadi sakit yang menusuk pada perut penderitanya. Kondisi tukak lambung umum terjadi pada siapa saja, karena penyakit tukak lambung biasanya terjadi akibat pola hidup yang kurang baik dan tidak merupakan penyakit yang disebabkan oleh faktor keturunan.

ads

Tukak lambung bisa menyerang siapa saja, tetapi pada umumnya penyakit ini menyerang pada penderita dewasa dan lanjut usia.  Dalam bahasa kedokteran tukak lambung sering disebut sebagai ulkus peptikum, ulkus peptikum diambil dari kata ulkus yang berarti luka. Sehingga tukak lambung yakni adanya luka pada lambung. Tukak lambung juga sering disebut sebagai penyakit maag namun dalam beberapa kondisi tukak lambung biasanya terjadi pada fase sakit maag yang lebih akut atau kronis. Penyakit yang satu ini identik dengan dengan rasa sakit yang menusuk pada perut sehingga terkadang penyakit ini membuat aktifitas penderita menjadi terganggu dan harus bed rest. (baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Usus)

Melihat aktifitas zaman sekarang yang menuntut seseorang untuk terus bekerja serta memiliki kesibukan yang padat tak khayal jika penderita penyakit tukak lambung meningkat. Penyakit tukak lambung tidak bisa dikatakan penyakit yang biasa, karena jika tidak segera diobati dengan tepat akan membuat penyakit lebih parah. Maka dari itu pada kesempatan kali ini tim dokter pencernaan akan membahas tentang cara megobati  tukak lambung. (baca juga: Makanan Untuk Penderita Radang Usus)

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi tukak lambung:

1. Mengkonsumsi madu

Untuk mengatasi penyakit pada tubuh manusia tentunya ada beberapa bahan alami yang dapat kita pakai guna menyembuhkan penyakit tersebut. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi tukak lambung yakni dengan mengkonsumsi madu. Pada kondisi cara mengobati tukak lambung atau maag, madu berperan sebagai pelumas atau melapisi dinding-dinding lambung, sehingga pada kondisi lambung yang luka tidak terjadi gesekan dari otot lambung yang mengakibatkan dinding-dinding lambung mengalami luka yang lebih parah. Maduk tidak hanya baik bagi perut serta lambung, madu juga dikenal memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita seperti untuk kecantikan, melunturkan lemak hingga membantu metabolisme tubuh. (baca juga: Fungsi Usus Halus Dalam Proses Pencernaan)

2. Mengkonsumsi makanan dengan tekstur lembut

Pola makan serta makanan yang dimakan oleh seseorang juga memperngaruhi suatu penyakit lambung dapat terjadi ataupun tidak. Bagi para penderita tukak lambung disarankan guna mengatasi tukak lambung yang lebih parah dengan mengkonsumsi makanan dengan tekstur lembut. Hal tersebut diharapkan dapat meringankan kerja lambung sehingga tidak harus bekerja secara keras dalam mengolah makanan tersebut. Makanan yang lembut juga dapat mengurangi luka yang terjadi pada lambung. (baca juga: Akibat Kurang Serat)

Artikel Terkait:

3. Jauhi makanan berlemak

Sponsors Link

Selain mengkonsumsi makan dengan tektur lembut, mengurangi makanan berlemak pun patut menjadi perhatian para penderita tukak lambung. Disaat seseorang mengkonsumsi makan dengan lemak tinggi akan memiliki resiko meningkatkan asam lambung penderita, dan peningkatan asam lambung yang tinggi juga ditakutkan dapat membuat luka pada lambung semakin parah karena adanya sifat korosif dari asam lambung tersebut. Oleh karena itu, coba lah untuk menjauhi makanan berlemak guna menghindari sakit tukak lambung yang semakin parah.

4. Mengkonsumsi makanan tidak terlalu pedas

Rasa makanan yang kita konsumsi juga akan mempengaruhi kesehatan lambung kita. Terutama bagi rakyat Indonesia yang sangat gemar memakan sesuatu dengan rasa pedas bahkan menjadi rutinitas sehari-hari mengkonsumsi makanan dengan rasa pedas. Makanan pedas merupakan salah satu makanan yang dapat memicu asam lambung meningkat karena rasa pedas akan membuat ekstresi asam lambung terangsang. Maka, guna menghindari sakit lambung, cobalah dengan mengurangi konsumsi makanan pedas terutama bagi kalian yang sudah memiliki riwayat maag. (baca juga: Gejala Maag Kambuh)

5. Membatasi konsumsi kopi

ads

Guna mencegah luka pada lambung yang lebih parah sebaiknya anda mengurangi konsumsi kopi maupun minuman berakhohol terutama pada pagi hari disaat perut anda sedang kosong. Kandungan kafein pada kopi dinilai dapat meningkatkan produksi asam lambung yang mana dapat memperburuk kondisi kesehatan lambung anda. (baca juga: Obat Herbal Usus Buntu)

6. Menjauhi rokok

Pada umumnya menjaga kesehatan tidak hanya dengan mengkonsumsi makanan sehat tetapi pola hidup dan gaya hidup yang sehat juga dapat mempengaruhi kesehatan organ tubuh kita. Mengkonsumsi rokok memang tidak secara langsung menyerang lambung, tetapi bagi pengkonsumsi rokok dengan aktif akan rentan dengan segala macam penyakit ataupun bagi perokok aktif yang sudah memiliki riwayat tukak lambung pengobatan yang sedang dijalani tidak akan berjalan dengan baik. Maka dari itu kurangi atau bahkan jauhi rokok guna menjaga kesehatan lambung anda serta menjaga kesehatan secara keseluruhan. (baca juga: Penyebab Susah Buang Air Besar)

7. Mengkonsumsi air daun jambu biji

Membuat ramuan tradisional bagi kesehatan serta penyembuhan tetap menjadi pilihan favorit bagi sebagian orang. Faktor efek samping serta bahan yang dapat di temukan disekitar kita membuat ramuan tradisional yang alami sangat digemari sebagian orang. Salah satu ramuan yang dapat mengatasi tukak lambung atau asam lambung yakni dengan mengkonsumsi air daun jambu biji. Cara nya dengan menyiapakan 7-9 lembar daun jambu biji, cucilah hingga bersih lalu rebuslah hingga air rebusan mengalami pengurangan sekitar setengah dari air rabusan awal. (baca juga: Penyebab Usus Buntu)

8. Mengkonsumsi yogurt

Minuman yogurt memang terkenal guna menjaga kesehatan lambung, selain dapat membunuh bakteri jahat kandungan probiotik pada yogurt sangat baik dalam mengatasi sakit tukak lambung. Kandungan probiotik yang terdapat dalam yogurt telah diteliti dapat membantu dalam memusnahkan H. pylori pada penyakit tukak lambung. (baca juga: Makanan Pembersih Usus Kotor)

9. Mengkonsumsi susu dan mentega rendah lemak

Selain yogurt, minuman susu serta mentega dengan rendah lemak juga memiliki kandungan probiotik yang baik bagi kesehatan lambung serta dapat mengatasi sakit tukak lambung yang semakin kronis. Maka, konsumsi lah susu atau pun mentega supaya kesehatan lambung dapat terjaga. (baca juga: Makanan Untuk Penderita Infeksi Saluran Pencernaan)

10. Mengatasi dengan mengkonsumsi bawang putih

Menurut penelitian kandungan bawang putih dapat membnatu memperlambat pertumbuhan H. pylori pada penyakit tukak lambung yang dapat membuat luka pada lambung semakin parah. Mengkonsumsi bawang putih memang sangat sulit karena rasa serta bau nya yang sedikit ekstrim sehingga sulit untuk dimakan dalam keadaan mentah. Bagi kalian yang tidak dapat mengkonsumsi bawang kalian dapat memasukkan bawang dengan pisang dan memakannya secara bersamaan sehingga rasa bawang yang menyengat tidak dirasakan.

Artikel lainnya:

11. Konsumsi ramuan kunyit

Sponsors Link

Bahan dapur yang satu ini hampir semua mengetahui manfaat nya bagi kesehatan. Bagi sebagian wanita kunyit memiliki banyak manfaat baik untuk masalah kulit hingga masalah organ kewanitaan. Pada kasus tukak lambung, kunyit pun mempunyai peran positif dalam menjaga kesehatan lambung. Dalam mengkonsumsi kunyit guna menjaga kesehatan lambung cara nya cukup mudah, kunyit dapat digabungkan dengan madu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Madu dan kunyit memiliki tingkat kalium yang tinggi dimana kalium tersebut membantu mempercepat proses terbentuknya alkali yang dapat melapisi permukaan dinding yang mengalami luka. Maka dari itu kunyit dan madu dapat kalian sajikan sebagai obat tradisional guna mengatasi sakit tukak lambung bagi keluarga anda. (baca juga: Fungsi Enzim Katalase)

12. Diet dengan cara yang sehat

Cara berikutnya yang bisa anda terapkan yakni melakukan diet dengan benar dan sehat. Aktifitas diet sebenarnya tidak selalu identik dengan seseorang yang bertubuh atau berbobot besar saja. Bagi penderita tukak lambung atau maag diet dengan cara yang sehat sangat bermanfaat guna mengontrol makanan yang masuk. Seperti contoh buat lah tabel perencanaan makan anda selama seminggu dan aturlah pola dan menu makanan yang dapat membantu penyembuhan dari sakit cara mengobati tukak lambung anda. Bagi penderita maag pola makan yang benar ialah makan dengan porsi yang tidak kurang atau berlebihan serta dengan waktu yang tepat. Aktifitas diet tersebut kita lakukan guna mencegah kenaikan tingkat asam lambung, sebagai berikut:

  • Meminum ramuan sari buah noni.
  • Ramuan air daun poncosudo.
  • Menjauhi minuman keras.
  • Meningkatkan konsumsi kacang-kacangan.
  • Konsumsi kandungan Flavonoid seperti: anggur merah dan kubis.
  • Mengkonsumsi Cranberry.
  • Membatasi minum teh.
  • Menjauhi minum berakohol.
  • Hindari makanan yang terlalu asam.
  • Meminum obat penurun asam lambung.
  • Istirahat dengan cukup.
  • Hindari stress.

Penjelasan diatas merupakan cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi sakit tukak lambung. Tunggu artikel kesehatan menarik lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan