Sponsors Link

9 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami Terbukti Berkhasiat Ampuh

Sponsors Link

Ambeien atau wasir atau dalam istilah medis disebut dengan hemoroid merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan membengkaknya pembuluh darah vena di rektum dan anus. Ambeien atau wasir atau hemoroid memang sangat menggangu aktifitas kita. Hal ini disebabkan karena adanya benjolan dibagian rektum dan anus makanan pembersih usus kotor yang sangat mengganggu. Ambeien atau wasir atau hemoroid ini terjadi karena terlalu lama mengejan saat buang air besar yang disebabkan oleh mengerasnya feses sehingga menyebankan terlalu lama mengejan.

ads

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ambeien atau wasir terbagi menjadi 2 jenis, yaitu internal hemoroid dan eksternal hemoroid. Internal hemoroid adalah jenis wasir (ambeien) yang muncul dibagian dalam rektum. Wasir (ambeien) jenis ini tidak menyebabkan nyeri, namun feses yang dikeluarkan berdarah saat buang air besar. Sedangkan eksternal hemoroid adalah wasir (ambeien) yang muncul dibagian luar anus. wasir (ambeien) jenis ini akan terasa nyeri dan juga terasa gatal, wasir (ambeien) jenis ini berwarna kebiru – biruan.

Penyebab Wasir

Wasir (ambeien) perbedaan wasir dan ambeien ini terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada pembuluh darah vena yang berada di anus dan rektum, hal ini disebabkan karena pada saat buang air besar terlalu kuat atau terlalu lama mengejan.

Beberapa penyebab lain dari penyakit wasir ini yaitu :

  1. Sering mengangkat benda – benda yang terlalu berat.
  2. Faktor usia yang semakin menua, hal ini mengakibatkan lemahnya penopang jaringan di tubuh.
  3. Batuk yang terjadi terus  menerus atau sering muntah.
  4. Obesitas (kelebihan berat badan) atau bisa juga disebut dengan kegemukan.
  5. Memiliki riwayat wasir dalam keluarga.
  6. Kelamaan dalam posisi duduk dan juga berdiri.
  7. Diare.
  8. Sering mengkonsumsi makanan berlemak, makanan pedas serta rendah serat.
  9. Wanita pada masa kehamilan.
  10. Melakukan hubungan seks melalui anus (anal intercourse) yang sering dilakukan.

Wasir (ambeien) penyebab bab berdarah jenis internal hemoroid ini terbagi menjadi 4 stadium, yaitu sebagai berikut ini :

  • Stadium 1 (tahap awal) : pada tahap awal ini gejala yang dirasakan yaitu keluarnya darah  ketika buang air besar tanpa mengalami rasa sakit / nyeri dan tidak ada tanda berupa benjolan di anus.
  • Stadium 2 (Tahap sedang) : pada tahap ini gejala yang dirasakan yaitu keluarnya benjolan pada saat mengejan, tapi benjolan ini bisa masuk kembali setelah selesai buang air besar.
  • Stadium 3 (tahap menengah) : pada tahap ini benjolan yang keluar akan mulai terasa sakit / nyeri setiap akan  buang air besar, penderita akan merasakan feses akan keluar bersama dengan benjolan wasir tersebut. Benjolan yang keluar tidak dapat masuk kembali kecuali dibantu didorong dengan menggunakan jari.
  • Stadium 4 (tahap parah / akut): pada tahap ini benjolan di anus akan tampak dan menonjol keluar, penderita akan merasakan ketidak nyamanan dan bersifat menetap (tidak bisa masuk kembali) meskipun sudah dibantu dorong dengan menggunakan jari.

Perlu anda ketahui bahwa internal hemoroid pada stadium 3 dan stadium 4 harus segera mendapatkan penanganan, bahkan pada stadium ini penderita bisa menghilangkan benjolannya dengan cara dioperasi.

Tanda-tanda ambeien yang sudah sembuh

Lalu,bagaimana ciri – ciri ambeien yang sudah sembuh?. Bagi orang awam, tentunya kita kurang paham mengenai tanda atau ciri – ciri jika ambeien yang kita derita sudah sembuh. Adapun ciri – ciri ambeien (wasir) yan sudah sembuh diantaranya adalah sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Berhentinya pendarahan yang keluar di anus dan rektum.
  • Benjolan yang terdapat di bibir anus akan kempes.
  • Rasa gatal dan nyeri akibat ambeien (wasir) akan hilang.
  • Benjolan yang keluar di bibir anus akan kembali masuk ke dalam.

Pentingnya untuk menjaga pola hidup dan juga pola makan untuk mencegah timbulnya wasir. Beberapa tips – tips setelah sembuh dari ambeien untuk menjaga pola hidup, diantara sebagai berikut ini :

  1. Rutin konsumsi air putih minimal 2 liter per hari, hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan minuman yang mengandung alkohol.
  2. Rutin mengkonsumsi makanan makanan yang tidak boleh dimakan saat sembelit yang mengandung serat, seperti buah, sayur – sayuran, beras merah atau beras coklat, makanan yang mengandung biji – bijian, kacang – kacangan.
  3. Buang air besar secara teratur dan jangan pernah menunda / menahan – nahan saat akan buang air besar, karena jika sering menahan untuk buang air besar akan mengakibatkan feses (kotoran di usus) menjadi keras dan juga kering, sehingga membuat kita terpaksa mengejan saat buang air besar.
  4. Melakukan diet sehat secara alami atau menurunkan berat badan bagi yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.
  5. Sebaiknya menghindari konsumsi obat – obatan yang  bisa menyebabkan konstipasi, seperti obat pereda sakit yang mengandung kodein.

Menjaga pola hidup juga bisa mencegah penyakit wasir (ambeien) untuk datang kembali. Selain itu, wasir juga bisa disembuhkan dengan obat – obatan yang bisa dibeli di apotek maupun toko – toko obat berizin dan juga resep yang diberikan oleh dokter.

ads

Ambeien (wasir) memiliki gejala – gejala sebagai berikut ini :

  1. Keluarnya darah usai buang air besar, yang berupa darah segar.
  2. Keluarnya cairan lendir pada saat setelah melakukan buang air besar.
  3. Adanya benjolan yang keluar di anus, biasanya benjolan ini harus dibantu dengan tangan untuk memasukkanya kembali ke dalam anus setelah buang air besar.
  4. Mengalami pembengkakan di bagian anus, rasa nyeri di bagian anus, dan juga warna kemerahan di bagian anus.
  5. Rasa gatal yang terjadi di bagian sekitar area anus.

Mengobati  & Mengatasi Wasir (Ambeien) Datang Kembali Dengan Cara Alami:

1. Dengan daun jambu biji

Ambillah beberapa  pucuk daun (daun muda yang baru muncul di bagian ujung) jambu biji, kemudian rebuslah daun tersebut hingga mendidih, ambil air rebusan tadi dan dinginkan. Jika sudah dingin, minumlah air rebusan tersebut  1 gelas per hari secara teratur.

2. Dengan kangkung

Ambil beberapa batang kangkung cuci bersih kemudian masukkan ke dalam panci dan beri air, lalu rebuslah batang kangkung tersebut sampai mendidih,setetah itu saring dan ambil airnya dan didinginkan. Kemudian minumlah air rebusan kangkung tersebut  setiap 1 gelas per hari secara teratur hingga sembuh.

3. Dengan tape

Tape merupakan makanan hasil permentasi antara ubi kayu atau singkong dengan ragi. Tape ini sangat baik di konsumsi penderita wasir atau ambeien, hal ini dikarenakan kandungan ragi yang terdapat pada tape dapat membantu mengeluarkan bakteri yang berbahaya di tubuh.

4. Dengan menggunakan bawang putih

Cara pengobatan wasir (ambeien) lainnya yaitu dengan menggunakan bawang putih, beberapa cara yang bisa dilakukan dengan bawang putih diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Dengan cara di oleskan
  • Dengan cara dimasukkan ke dalam anus
  • Dengan cara mengkonsumsi bawang putih

5. Dengan menggunakan lidah buaya

Tanaman lidah buaya mempunyai khasiat sebagai penyembuh penyakit ambeien (wasir). Beberapa kandungan yang terdapat pada tanaman lidah buaya antara lain emolien, imago dan juga anti-inflamasi. Beberapa kandungan ini berkhasiat sebagai penenang dan dapat meredakan dan mengempiskan pembengkakan pada pembuluh darah vena.

Tanaman lidah buaya juga mengandung senyawa kimia anthraquinone, yang berfungsi untuk membantu mengencangkan dinding saluran pencernaan, membantu mendorong feses dan membantu melunakkan feses agar mudah keluar.

Cara menggunakannya yaitu dengan cara dioleskan pada bagian yang sakit atau bisa juga diolah menjadi makanan atau minuman.

6. Dengan daun sirsak

Daun sirsak memiliki kandungan yang bisa menyembuhkan penyakit ambeien (wasir). Cara membuatnya yaitu cuci bersih beberapa lembar daun sirsak, masukkan kedalam panci dan masukkan air secukupnya, kemudian rebus daun sirsak tersebut sampai betul-betul layu. Setelah mendidih dan layu, saring dan tunggu hingga airnya terasa hangat, setelah hangat minum air rebusan tersebut. Minumlah 1 kali sehari setiap pagi secara teratur sampai ambeien sembuh.

Sponsors Link

7. Dengan kulit manggis

Caranya bersikan beberapa kulit manggis dan rebus dengan air secukupnya hingga mendidih dan masak, kemudian saring air rebusan tadi tunggu hingga air menjadi hangat, setelah itu minum air tersebut 1 kali sehari di pagi hari, lakukan secara teratur agar bisa memperoleh hasil yang optimal.

8. Dengan akar Jeruk Nipis

Caranya ambil beberapa akar jeruk nipis kemudian bersihkan dan rebuslah dengan air secukupnya hingga mendidih biarkan hingga 5 menit, kemudian saring dan tunggu hingga air rebusan menjadi dingin. Setelah itu minum airnya 1 kali sehari secara teratur.

9. Dengan daun sosor bebek

Tanaman sosor bebek merupakan salah satu tanaman hias yang banyak ditanam di rumah – rumah. Untuk digunakan sebagai obat ambeien (wasir) caranya ambillah 50 lembar daun sosor bebek yang telah dibersihkan sebelumnya, lalu keringkan daunnya dengan menggunakan sinar matahari. Setelah daunnya kering, tumbuklah daun sosor bebek tersebur hingga, kemudian seduh dengan air panas dan minum saat sudah hangat. Minumlah ramuan ini 3 kali sehari , jika tidak suka dengan rasa alami dari air ini, bisa anda tambahkan 1 sendok makan madu. Begitulah cara –  cara alami yang bisa di coba dalam penyembuhan penyakit wasir (ambeien), lakukan secara rutin sampai penyakit ambeien (wasir) tersebut sembuh.

Demikianlah beberapa ulasan tentang ambeien (wasir), cara pengobatan dengan cara alami dan juga ciri – ciri ambeien (wasir) cara mengobati infeksi usus yang sudah sembuh, ada baiknya jika kita selalu menjaga pola makan dan juga pola hidup kita agar terhindar dari penyakit ambeien atau wasir.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Ambeien