Sponsors Link

3 Cara Menghilangkan Wasir Dengan Bawang Putih Wajib Anda Coba

Sponsors Link

Wasir atau dalam istilah kedokteran disebut hemoroid adalah keadaan dimana membengkaknya pembuluh darah vena pada bagian rektum dan anus sehingga bisa mengakibatkan pendarahan dan ketidak nyamanan. Gejala awal yang  terjadi pada pederita wasir yaitu munculnya tonjolan kecil di bagian anus da jika tidak segera diobati benjolan tersebut akan bertambah besar dan bisa mengalami pendarahan.

ads

Jenis – jenis Wasir

Wasir biasanya disebabkan karena pada saat buang air besar sering mengejan. Secara umum, wasir dibagi menjadi 2 jenis menurut letaknya, yaitu :

  • Internal hemoroid

Wasir jenis ini akan muncul di bagian dalam rektum. Biasanya internal hemoroid ini tidak terasa nyeri, tapi BAB yang dikeluarkan berdarah. Internal hemoroid ini tidak bisa dilihat dengan kasat mata dan juga tidak bisa diraba dengan tangan, gejala yang dapat diketahui yaitu adanya darah yang keluar saat buang air besar. Jika hal ini terjadi akan menyebabkan masalah yang lebih berbahaya, karena jika wasir ini membesar dan keluar akan menyebabkan penderitanya mengalami nyeri yang sangat kuat.

Wasir jenis ini berwarna pink, jika sembuh akan masuk sendiri, namun pada beberapa penderita wasir jenis ini ada yang harus didorong ke dalam dengan cara dibantu dengan jari. Internal hemoroid ini terbagi lagi dalam 4 stadium, yaitu :

  1. Stadium 1 (tahap awal) : pada tahap awal ini gejala yang dirasakan yaitu keluarnya darah ketika buang air besar tanpa mengalami rasa sakit / nyeri dan tidak ada tanda berupa benjolan di anus.
  2. Stadium 2 (Tahap sedang) : pada tahap ini gejala yang dirasakan yaitu keluarnya benjolan pada saat mengejan, tapi benjolan ini bisa masuk kembali setelah selesai buang air besar.
  3. Stadium 3 (tahap menengah) : pada tahap ini benjolan yang keluar akan mulai terasa sakit / nyeri setiap akan  buang air besar, penderita akan merasakan feses akan keluar bersama dengan benjolan wasir tersebut. Benjolan yang keluar tidak dapat masuk kembali kecuali dibantu didorong dengan menggunakan jari.
  4. Stadium 4 (tahap parah / akut) :pada tahap ini benjolan di anus akan tampak dan menonjol keluar, penderita akan merasakan ketidak nyamanan dan bersifat menetap (tidak bisa masuk kembali) meskipun sudah dibantu dorong dengan menggunakan jari.

Pada stadium 3 dan stadium 4 penderita wasir harus mendapatkan penanganan, bahkan bagi penderita yang ingin menghilangkan benjolan di anus dapat dilakukan dengan cara operasi.

  • External hemoroid

Kebalikan dengan internal hemoroid, wasir jenis external hemoroid ini akan muncul di bagian luar anus. Wasir jenis ini akan terasa gatal di bagian anus dan juga akan terasa nyeri, bahkan bisa menyebabkan keluarnya darah (pendarahan),eksternal hemoroid ini berwarna kebiru – biruan.

Penyakit wasir bukanlah penyakit menular dan juga tidak berbahaya. Wasir dapat dialami oleh segala usia, baik laki-laki maupun perempuan, tetapi wasir ini sering dialami oleh ibu hamil dan penderita diare.

Gejala Wasir

Wasir memiliki gejala – gejala sebagai berikut ini :

  1. Mengalami pendarahan setelah melakukan buang air besar.
  2. Mengeluarkan cairan lendir saat setelah buang air besar.
  3. Terdapat benjolan yang keluar di anus, biasanya benjolan ini harus dibantu dengan tangan untuk memasukkanya kembali ke dalam anus setelah.
  4. Mengalami bengkak pada bagian anus, rasa nyeri di bagian anus, dan juga terdapat kemerahan pada bagian anus.
  5. Merasakan gatal – gatal di bagian sekitar daerah anus.
Sponsors Link

Penyebab Wasir

Wasir disebabkan karena adanya peningkatan pada tekanan pada pembuluh darah vena yang berada di anus dan rektum, hal ini diakibatkan karena saat buang air besar terlalu kuat atau terlalu lama mengejan.

Beberapa penyebab lain dari penyakit wasir ini yaitu :

  1. Mengangkat benda – benda berat.
  2. Faktor usia yang semakin menua, hal ini mengakibatkan lemahnya penopang jaringan di tubuh.
  3. Batuk yang terjadi terus  menerus atau sering muntah.
  4. Obesitas (kelebihan berat badan) atau bisa juga disebut dengan kegemukan.
  5. Memiliki riwayat wasir dalam keluarga.
  6. Kelamaan dalam posisi duduk dan juga berdiri.
  7. Diare.
  8. Sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi dan juga pedas serta rendah serat.
  9. Kehamilan.
  10. Melakukan hubungan seks melalui anus (anal intercourse) yang sering dilakukan.

Biasanya gejala wasir dapat hilang setelah beberapa hari tanpa adanya penanganan.  Bahkan wasir yang disebabkan karena kehamilan akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Namun pentingnya menjaga pola hidup dan juga pola makan dibutuhkan untuk mencegah timbulnya wasir. Beberapa tips – tips untuk menjaga pola hidup, antara lain :

ads
  1. Konsumsi air putih minimal 2 liter per hari, mengurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein dan minuman yang mengandung alkohol.
  2. Rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buah, sayur – sayuran, beras merah atau beras coklat, makanan yang mengandung biji – bijian, kacang – kacangan.
  3. Buang air besar secara teratur jangan ditunda / ditahan – tahan, karena jika sering menahan untuk buang air besar akan mengakibatkan tinja menjadi keras dan juga kering, sehingga membuat kita terpaksa mengejan saat buang air besar.
  4. Diet sehat alami atau menurunkan berat badan bagi yang mengalami obesitas atau kegemukan.
  5. Hindari mengkonsumsi obat – obatan yang  bisa menyebabkan konstipasi, seperti obat pereda sakit yang mengandung kodein.

Menjaga pola hidup juga bisa mencegah penyakit wasir untuk kambuh kembali. Selain itu, wasir juga bisa disembuhkan dengan obat – obatan yang bisa dibeli di apotek maupun toko – toko obat berizin dan juga resep yang diberikan oleh dokter.

Menghilangkan Wasir Dengan Bawang Putih

Wasir dapat disembuhkan dengan cara menjaga pola makan dan juga pola hidup, serta bisa diobati dengan obat – obat yang telah tersedia di apotek dan toko obat berizin. Selain dengan cara – cara tersebut, wasir juga bisa dihilangkan dengan cara alami, salah satunya dengan bawang putih.

Bawang putih memiliki khasiat antara lain berfungsi sebagai supositoria, memperkuat pembuluh darah, sebagai penghancur kuman di daerah dubur, mengurangi peradanagn di kulit, sebagai anti inflamasi, membantu mempercepat pemulihan dinding yang rusak di pembuluh darah vena di rektrum dan anus, membantu membersihkan saluran usus dan mengurangi rasa tidak nyaman di dalam perut. Berikut 30 cara menghilangkan wasir dengan bawang putih, diantaranya sebagai berikut ini :

1. Dengan cara di oleskan

Caranya ambil 2 siung bawang putih, tumbuk dan beri dengan sedikit air panas. Kemudian saring menggunakan kin atau saringan yang halus, dinginkan. Oleskan air saringan bawang putih tadi ke bagian benjolan di anus, lakukan setelah buang air besar karena setelah buang air besar benjolan di anus akan keluar. Lakukanlah hal ini setiap hari dan secara teratur sampai benjolannya mengempes. Jangan lupa untuk ritun mengkonsumsi air putih yang cukup untuk membantu proses penyembuhan wasir.

2. Dengan cara dimasukkan ke dalam anus

Caranya ambil 1 siung bawang putih yang ukurannya kecil yang sudah dikupas, kemudian sebelum tidur malam masukkan bawang putih tersebut ke dalam anus, dan biarkan selama semalaman. Bawang putih akan dikeluarkan sendiri oleh usus pada esok harinya. Lakuka hingga wasir mengalami perubahan yang signifikan. Peringatan : Jangan pernah gunakan bawang putih ke dalam anus saat wasir sedang berdarah sebab bisa memperparah kondisinya.

3. Dengan cara mengkonsumsi bawang putih

Bawang putih bisa dikonsumsi secara langsung dengan yaitu dengan cara mencincang bawang putih dan diamkan hingga 8 – 10 menit, ini bertujuan agar kandungan alisin yang ada pada bawang putih keluar. Kemudian cara menghilangkan wasir dengan bawang putih tersebut ditelan (seperti minum obat) pada saat sebelum makan ataupun pada saat sedang makan, bantu dengan minum air putih agar mudah untuk ditelan.

Cara Menyembuhkan Wasir Pada Masa Kehamilan

Sponsors Link

Wasir sering diderita oleh ibu hamil, pada masa kehamilan agak sulit cara menghilangkan wasir dengan bawang putih disembuhkan dibandingkan setelah melahirkan. Salah seorang ahli kebidanan dan kandungan dari Mayoclinic, Roger W. Harms, M.D memberikan 9 tips – tips tentang cara menyembuhkan wasir pada masa kehamilan, yaitu:

  1. Memperbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari.
  2. Melakukan olahraga yang ringan, seperti jalan kaki atau bernang selama 30 menit, hal ini bisa membantu otot – otot di saluran pencernaan agar aktif dalam mendorong sisa makanan dalam usus ke saluran pembuangan.
  3. Buang air besar secara teratur dan jangan menahan saat ingin buang air besar. Jika menahan buang air besar akan menyebabkan feses atau kotoran di usus menjadi keras dan mengakibatkan lamanya mengejan. Jika kesulitan Buang air besar, coba untuk minum segelas air hangat di pagi hari sebelum buang air besar.
  4. Berendam dengan air hangat dengan cara duduk. Hal ini dikarenakan pada air hangat bermanfaat untuk mencairkan penggumpalan darah yang beku. Lakukan hal ini setelah buang air besar, caranya dengan duduk didalam baskom yang berisi air hangat selama kurang lebih 10 – 15 menit.
  5. Dengan menggunakan es batu. Es batu bisa meredakan rasa nyeri dan menghentikan pendarahan yang terjadi. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa buah es batu, kemudian dipecahkan menjadi pecahan kecil – kecil. Masukkan pecahan es batu tersebut ke dalam plastik dan balutkan dengan handuk yang tebal, lalu duduk diatasnya selama kurang lebih 10 menit. Lakukan secara rutin agar wasir bisa berkurang.

Demikian beberapa ulasan tentang bagaimana cara untuk menghilangkan wasir dengan mudah yang bisa anda lakukan dengan menggunakan bawang putih.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Ambeien