Sponsors Link

13 Cara Ampuh Menghilangkan Sendawa Akibat Asam Lambung yang Bisa Anda Coba

Sponsors Link

Sendawa adalah kondisi yang normal terjadi setelah makan, terutama kalau makan sangat kenyang. Namun, sering bersendawa bukan setelah makan biasanya gejala penyakit atau efek samping dari obat-obatan tertentu. Tubuh mengeluarkan gas secara alami melalui bersendawa, tidak hanya melalui kentut. Jika gas tidak dikeluarkan bisa menyebabkan perut kembung atau nyeri perut. Sendawa tidak hanya terjadi pada orang dewasa, bayi juga bisa sendawa sebagai kondisi yang baik karena kelebihan udara di dalam lambung sudah terbuang. Penyebab bayi sendawa umumnya adalah menyusu melalui ibu (ASI) terutama memakai botol susu.  Sama dengan orang dewasa, pada hakikatnya penyebab sendawa adalah menelan udara yang disebut aerophagia. Bersendawa secara terus-menerus dalam bahasa Inggris disebut eructation.

ads

Sendawa adalah salah satu gejala utama penyakit asam lambung yang terjadi karena lingkaran otot melemah sehingga gas lebih mudah naik ke kerongkongan seperti maag sering bersendawa. Sendawa biasanya diikuti dengan suara khas dan terkadang berbau. Gas yang tidak dikeluarkan bisa menyebabkan sakit perut dan kram yang beragam sesuai tingkat keparahan asam lambung dan durasi. Sendawa yang terjadi dapat mengganggu aktivitas sehari hari sehingga harus diselidiki penyebabnya agar bisa segera disembuhkan kalau memang akibat penyakit tertentu. Udara yang masuk adalah gas nitrogen dan oksigen yang akan didorong ke atas oleh lambung menuju kerongkongan dan keluar dari mulut dalam bentuk sendawa. Gas di dalam saluran pencernaan terbentuk dari proses pencernaan makanan atau ketika ada udara yang tertelan melalui mulut.

Udara bisa masuk ke tubuh khususnya sistem pencernaan akibat berbicara sambil makan, mengunyah permen karet, makan permen, makan terlalu cepat, dan merokok. Ada kondisi-kondisi lain yang menyebabkan seseorang lebih sering bersendawa antara lain konsumsi makanan atau minuman seperti brokoli, kacang-kacangan, pisang, biji-bijian utuh, kismis, dan minuman berkarbonasi atau soda. Jenis makanan dan minuman yang juga menyebabkan sendawa antara lain minuman keras, makanan kaya akan gula, tepung, dan serat yang menyebabkan sering sendawa. Sedangkan obat-obatan yang menyebabkan sendawa antara lain aspirin, ibuprofen, obat pencahar seperti sorbitol dan laktulosa, dan acarbose untuk menangani diabetes tipe 2.

Cara Ampuh Menghilangkan Sendawa Akibat Asam Lambung

Tidak hanya makanan dan minuman yang dikonsumsi, kondisi psikologis tertentu seperti merasa cemas juga bisa membuat orang menelan udara yang cukup banyak tanpa disadari. Tidak hanya asam lambung, ada beberapa penyakit lain yang bisa membuat penderitanya lebih banyak bersendawa akibat perut yang tidak nyaman antara lain Gastritis atau peradangan pada dinding lambung, Dispepsia, infeksi bakteri Helicobacter pylori pada lambung; tukak lambung, yaitu luka di dinding lambung, kerongkongan, dan usus halus bagian atas.

Gastroparesis, yaitu kelemahan otot dinding lambung karena kerusakan saraf yang mengatur fungsi lambung sehingga fungsi pencernaan menjadi lebih lambat; intoleransi laktosa, yaitu lambung tidak bisa mencerna laktosa dalam susu; penyerapan sorbitol atau karbohidrat fruktosa yang tidak optimal, gangguan atau kerusakan pankreas (pancreatic insufficiency); penyakit celiac akibat intoleransi gluten yang banyak terdapat dalam makanan bertepung; dan sindrom dumping, yaitu gejala akibat pengosongan lambung terjadi secara cepat, sebelum isinya tercerna dengan baik. Sendawa akibat asam lambung bisa dihilangkan dengan beberapa cara. Pertama, konsumsi makanan untuk asam lambung. Kedua, melakukan beberapa aktivitas bermanfaat bagi tubuh. Berikut penjelasannya secara lebih lanjut.

1. Konsumsi Beberapa Makanan yang Menyembuhkan Asam Lambung

Ada jenis makanan tertentu yang bisa membuat asam lambung meningkat sehingga menyebabkan sendawa, tetapi ada juga makanan yang bisa menyembuhkan asam lambung dan menjadi obat tradisional sendawa. Berikut daftar makanan yang bisa dikonsumsi untuk menghilangkan asam lambung dan sendawa.

  • Jahe
Sponsors Link

Jahe memiliki sifat karminatif yang menyebabkan otot gastrointestinal kendur sehingga mengurangi gas dan perut kembung karena asam lambung. Jahe juga bisa memperbaiki sistem pencernaan, membuat perut nyaman, dan meredakan rasa sakit yang ditimbulkan. Cara penyajiannya adalah dibuat air rebusan jahe yang disaring lalu ditambahkan dengan madu dan jus lemon. Minum larutan jahe sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Cara lainnya adalah konsumsi suplemen jahe dengan dosis yang tepat.

  • Cuka Apel

Cuka apel dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan masalah pencernaan seperti gejala radang lambung dan usus, nyeri ulu hati, dan dinding lambung yang luka. Saat ini larutan cuka apel banyak tersedia di pasar swalayan sehingga tidak perlu repot membuatnya sendiri.

  • Peppermint

Peppermint adalah racikan alami untuk mengatasi penyebab asam lambung naik karena mengandung sifat antispasmodik yang dapat mengendurkan saluran pencernaan, mengurangi pembentukan gas dalam perut, meningkatkan aliran empedu, ,menghilangkan penyebab perut kembung, dan  memperbaiki sistem pencernaan secara menyeluruh. Cara konsumsi peppermint adalah mencampurkan 1 sendok teh daun peppermint kering dengan 1 cangkir air mendidih yang dibiarkan selama 10 menit, lalu disaring. Cara lainnya adalah dengan minum teh ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Sebaiknya tidak konsumsi the ini jika memiliki riwayat batu empedu.

ads
  • Makanan Probiotik

Makanan probiotik dapat memulihkan keseimbangan alami bakteri usus yang berkontribusi pada pembentukan gas dan sendawa karena asam lambung. Makanan probiotik dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan mulai dari diare, sembelit, sindrom iritasi usus, kembung, termasuk sendawa karena asam lambung. Makanan probiotik terbaik yang bisa dikonsumsi adalah yogurt yunani, kefir, buttermilk, dan acar asam. Cara lainnya adalah konsumsi suplemen probiotik dengan saran dan dosis yang direkomendasikan oleh dokter.

  • Teh Chamomile

Sendawa karena asam lambung dapat diatasi dengan teh chamomile. The ini juga bisa meredakan kram usus. Sebuah studi tahun 2011 membuktikan chamomile mampu menenangkan perut dan mengurangi gas sehingga bisa mengatasi perut kembung, kolik, kejang dan sakit perut lainnya. Cara konsumsinya adalah seduh 1 teh chamomile di dalam 1 cangkir air mendidih, kemudian diamkan selama 10 menit. Minumlah teh chamomile sebanyak 2 sampai 3 kali sehari.

  • Kapulaga

Kapulaga dapat meningkatkan pencernaan perut sehingga pembentukan gas bisa dikurangi karena mengandung sifat karminatif untuk mengatasi perut kembung. Cara konsumsi kapulaga antara lain kunyah beberapa buah kapulaga secara rutin sebanyak 2 hingga 3 kali sehari, kapulagi sebanyak 1 sendok teh dicampur ke dalam 1 cangkir air mendidih lalu diamkan selama 10 menit dan saring. Agar rasanya semakin nikmat bisa ditambahkan madu. Minumlah teh kapulaga sesudah makan.

  • Adas

Biji adas mengandung beberapa komponen penting untuk pencernaan dan bisa mengatasi sendawa karena asam lambung. Adas mengandung sifat karminatif yang juga bisa mengatasi kembung. Dalam sebuah studi ISRN Pharmaceutics (2012) telah membuktikan banyak manfaat dari adas termasuk menyembuhkan penyakit lambung. Cara konsumsi adas antara lain kunyah 1/2 sendok teh adas sesudah makan agar gas dalam perut berkurang dan seduh 1 sendok teh adas bubuk dalam 1 cangkir air mendidih dan diamkan selama 5 menit. Minum air seduhan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

  • Kemangi

Kemangi juga bisa menyembuhkan sendawa karena asam lambung. Kemangi mengandung sofat antipasmodic dan karminatif yang baik untuk mengeluarkan gas sekaligus mengurangi rasa tidak nyaman dari penyakit perut lain seperti gangguan pencernaan, sakit perut, dan kembung. Cara konsumsinya adalah beberapa lembar daun kemangi mentah dikunyah setiap pagi secara teratur. Cara kedua adalah campur 1 sendok teh daun kemangi bubuk dengan 1 cangkir air panas dan diamkan selama 5 menit, lalu saring dan campur dengan madu.\

  • Buah Nanas

Buah nanas mengandung enzim bromelain yang sangat baik untuk menyembuhkan asam lambung. Buah nanas yang segar utamanya bisa mengatasi gejala yang ditimbulkan seperti bersendawa dan sakit perut. Konsumsi 1 sampai 3 buah nanas segar sebelum makan bisa memperbaiki sistem pencernaan, mengatasi sendawa, mengatasi refluks asam dan nyeri ulu hati.

2. Lakukan Diet

Bersendawa biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan atau minuman tertentu. Lakukanlah diet selama beberapa hari dengan membatasi atau menghindari tipe makanan yang membuat bersendawa.

3. Hindari Berbaring Setelah Makan

Sponsors Link

Jangan berbaring atau tidur setelah makan. Sebaiknya jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati lutut selama 10 menit agar makanan bisa dicerna dengan lebih baik. Kunyahlah makanan secara perlahan untuk mencegah masuknya udara terlalu banyak. Banyak konsumsi buah dan sayur sebagai cara mengobati asam lambung tinggi sehingga perut akan terasa nyaman.

4. Olahraga Secara Rutin 

Berjalan kaki atau olahraga ringan selama beberapa saat setelah makan bisa melancarkan proses pencernaan sehingga sendawa berkurang karena udara akan keluar dari perut. Berbaring dengan posisi terlentang, lalu angkat dan tekan lutut ke dada sebanyak 10 kali. Latihan ringan ini bisa membuat udara keluar perut sehingga perut akan terasa lebih ringan.

5. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu 

Jika sering bersendawa sebaiknya menghindari makanan yang pedas, terlalu asam dan mengandung gas seperti kol, sawi, minuman bersoda, kopi, atau teh. Makanlah dengan porsi kecil dan sering setidaknya 5x dalam sehari daripada 3x sehari tetapi dalam jumlah yang banyak. Terlambat makan juga bisa menyebabkan sendawa karena asam lambung naik.

Sendawa terkesan bukan hal yang serius, tetapi periksakan diri ke dokter segera jika terus atau sering bersendawa. Mungkin perut terasa kembung dan mual akibat asam lambung. Dokter akan menyelidiki kemungkinan penyakit yang diderita dengan melihat gejala asam lambung kronis yang terjadi dan melakukan pemeriksaan fisik untuk mendiagnosis penyebabnya. Dokter mungkin akan melakukan rontgen pada perut, MRI, atau CT scan untuk menilai kondisi sistem pencernaan dengan lebih cermat. Diri Anda sendiri yang mengetahui keadaan tubuh sehingga kalau merasa perlu ke dokter, lakukanlah segera sebelum terlambat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan