Sponsors Link

5 Cara Mengeluarkan Cacing Kremi dari Perut yang Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Anda tentunya sudah cukup sering mendengar penyakit pada organ pencernaan yang biasa disebut dengan istilah penyakit cacingan, yang, sesuai namanya, memang diakibatkan oleh adanya parasit berbentuk cacing yang hidup di dalam organ pencernaan manusia. Cacing-cacing ini biasanya akan masuk dalam bentuk telur atau benih yang kemudian akan berkembang biak di dalam tubuh apabila tidak segera ditangani, dan nantinya akan menggerogoti tubuh dari  dalam dikarenakan sifat mereka sebagai binatang parasit. Parasit berbentuk cacing ini sendiri terbagi lagi menjadi beberapa macam dan jenisnya, di mana yang umum diketahui dan dikenal oleh banyak orang dan juga ahli medis ada rmpat macam, yaitu:

ads
  • Cacing Tambang
  • Cacing Gelang
  • Cacing Pita
  • Cacing Kremi

Masing-masing cacing tersebut akan menimbulkan gejala yang tidak selalu sama dan bahkan terdapat perbedaan, karena memang masing-masing parasit cacing tersebut dapat masuk ke dalam tubuh menggunakan saluran yang berbeda, kemudian sel dan organ yang mereka serang pun berbeda. Contohnya seperti cacing tambang, di mana cacing ini akan masuk melalui kulit kaki, dan kemudian akan menjalar ke berbagai area tubuh melalui pembuluh darah dan sangat mungkin menyebabkan penyakit kurang darah atau yang sering disebut sebagai Anemia, dan juga cacingan bisa bikin wajah berjerawat karena darah yang menjadi kotor akibat infeksi cacing.

Kemudian misalnya cacing gelang yang biasanya hidup di area usus besar, dan terkadang menyebar juga ke area paru-paru, dan seringnya masuk ke dalam tubuh melalui makanan serta minuman yang kita konsumsi, dan biasanya mengkonsumsi nutrisi yang diterima oleh tubuh sehingga penderita akan mengalami penurunan berat badan, susah gemuk karena cacingan, dan juga tampak lesu. Lalu ada cacing pita, yang selain menyerang manusia juga dapat menyerang hewan seperti babi dan sapi, yang memiliki beberapa jenis spesies dengan ukuran yang berbeda-beda, di mana ukuran terpanjang mereka bisa mencapai 4-8 meter, di mana cacing ini justru akan meningkatkan nafsu makan tetapi dibarengi dengan rasa mual, pusing, lesu, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Selanjutnya yang akan kita bahas cara mengatasinya pada artikel ini adalah cacing kremi, di mana parasit yang kecil ukurannya ini umumnya akan masuk melalui benih telur yang menempel pada makanan atau minuman yang tidak dijaga kebersihannya, atau pada tangan yang tidak dibersihkan dengan baik seusai buang air, dan biasanya ditemukan berkembang biak di area anus. Karena itulah mereka yang memiliki cacing kremi di dalam tubuhnya akan sangat sering merasakan gatal-gatal di area anus, dan bahkan dalam beberapa kasus, pada wanita juga akan sering mengalami gatal di area vagina yang juga sering ditemukan benih telur cacing kremi.

Risiko penularan cacing kremi ini cukup tinggi, terutama apabila anda tinggal di area yang padat penduduknya, atau di rumah yang dihuni terlalu banyak orang dengan kamar mandi yang tidak terpisah atau hanya satu kamar mandi, dan juga pada area yang sanitasinya tidak terjaga mulai dari kebersihan toilet, makanan, minuman, pakaian, dan lain sebagainya. Ditambah lagi, apabila anda tinggal di area dengan iklim tropis seperti di Indonesia, cacing ini akan lebih mudah hidup dan berkembang biak karena kondisi cuaca yang hangat yang akan meningkatkan peluang hidup mereka menjadi lebih tinggi.

Tentu saja apabila anda terkena cacing kremi bukannya tidak bisa diobati, dan bahkan bisa dimulai dari merubah kebiasaan sehari-hari terutama dalam menjaga kebersihan makanan, minuman, dan juga pakaian. Merubah kebiasaan tersebut menjadi kebiasaan-kebiasaan baru berikut ini akan dapat mengurangi risiko terkena cacing kremi sehingga tubuh akan terbebas dari penyakit tersebut. Kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Jangan biasakan menghisap jari atau menggigit kuku
  2. Ganti pakaian dalam secara rutin
  3. Ganti seprai tempat tidur secara berkala
  4. Rendam cucian pakaian dengan air panas
  5. Cuci tangan dengan disinfektan setelah buang air besar atau mengganti popok bayi
  6. Jangan biasakan menggaruk anus apabila terasa gatal-gatal karena akan meningkatkan risiko telur cacing menempel pada kuku.
Sponsors Link

Dengan menerapkan beberapa kebiasaan baru tersebut diharapkan anda akan lebih terhindar dari penyakit cacing kremi dan memperkecil peluang persebaran benih atau telur cacing tersebut kepada anggota keluarga lainnya. Sebelum membahas lebih lanjut, anda bisa membaca artikel kami terkait penyakit pencernaan lainnya seperti 10 makanan yang menyebabkan radang usus buntu, kemudian diare setelah operasi usus buntu dan alasannya, lalu ada juga alasan kenapa anda sakit perut setelah operasi usus buntu, kemudian artikel terkait diare seperti diare disertai lendir darah, lalu juga diare disertai sendawa berbau, lalu mengenai penyebab diare setelah minum kopi, dan lain sebagainya.

Ada beberapa tanda serta gejala yang perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah anda terkena cacing kremi atau tidak, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anus terasa gatal, yang biasanya akan sangat dirasakan pada malam hari,
  2. Munculnya warna kemerahan seperti ruam pada area sekitar lubang anus
  3. Perut akan sering terasa nyeri yang berkepanjangan
  4. Anda juga akan sering merasakan mual tanpa sebab dan tiba-tiba
ads

Melihat beberapa gejala tersebut, tentunya ada baiknya segera dilakukan pengobatan yang harus segera dilakukan agar dapat menghilangkan risiko komplikasi, dan juga untuk segera memulihkan kondisi organ pencernaan anda supaya dapat dengan segera membebaskan diri dari parasit cacing. Beberapa cara mengeluarkan cacing kremi dari perut menggunakan obat-obatan alami ataupun medis yang bisa anda coba antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pirantel Pamoat

Obat medis yang mengandung Pirantel Pamoat sudah dipercaya dan terbukti sejak lama dapat mengatasi beragam masalah yang diakibatkan oleh cacing di dalam tubuh, dan bisa anda beli tanpa memerlukan resep dari dokter. Saat obat ini masuk ke dalam tubuh, cacing-cacing yang ada di dalam akan dalam waktu singkat mengalami kelumpuhan sementara yang biasa disebut dengan spastik, sehingga mereka akan mudah dikeluarkan pada saat buang air besar. Perlu dicatat bahwa obat ini tidak membunuh cacing dan hanya sekedar melumpuhkannya, karenanya sebaiknya anda tetap mengunjungi dan berkonsultasi dengan dokter untuk upaya pemberantasan parasit cacing yang lebih maksimal.

2. Albendazole

Obat cacingan yang satu ini lebih ditujukan kepada cacing-cacing penyebab cacingan pada organ tubuh, termasuk cacing kremi yang dapat menimbulkan infeksi dan komplikasi apabila jumlahnya terus bertambah tanpa diobati, sehingga sangat penting untuk dikonsumsi sebagai salah satu cara mengeluarkan cacing kremi dari perut yang efektif. Pada saat obat ini diminum dan masuk ke dalam tubuh, Albendazole akan secara efektif membunuh cacing-cacing yang hidup di dalam organ-organ pencernaan dan menghancurkannya.

Karena sangat efektif tersebut sehingga akan berbahaya apabila anda mengkonsumsi tanpa mengetahui takaran yang tepat sehingga sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum meminumnya. Karena apabila diminum tanpa takaran yang dianjurkan, obat yang sangat kuat ini malahan akan dapat merusak organ pencernaan yang dilalui oleh Albendazole ini dan meningkatkan peluang terjadinya iritasi pada usus dan juga organ pencernaan lainnya yang justru akan menimbulkan penyakit-penyakit baru.

3. Mebendazole

Cara mengeluarkan cacing kremi dari perut menggunakan obat medis selain Albendazole dan Pirantel Pamoat adalah menggunakan obat yang biasanya digunakan untuk membunuh cacing, termasuk cacing kremi, yaitu Mebendazole, yang juga sangat ampuh dalam membasmi parasit-parasit tersebut, terutama cacing yang sudah dewasa.

Tetapi sayangnya obat ini hanya ampuh untuk membasmi cacing yang sudah dewasa saja dan tidak bisa memberantas telur-telur cacing yang masih ada di dalam tubuh, sehingga sangat memerlukan perhatian intensif pasca pengobatan dan memerlukan pengawasan dari dokter yang menangani. Selain ketiga obat-obatan medis tersebut, anda juga bisa mencoba obat-obatan alami yang bisa anda coba menggunakan bahan-bahan dapur yang mudah diperoleh, seperti misalnya:

4. Minyak Kelapa

Sponsors Link

Minyak kelapa yang memiliki banyak khasiat ini juga ampuh dalam memberantas cacing yang ada di dalam tubuh, dan juga sebagai salah satu cara mengeluarkan cacing kremi dari perut yang ampuh, dan bisa dicoba dengan melakukan dua cara, yaitu pertama adalah dengan cara dioleskan pada area anus, dan kedua adalah dengan meminumnya langsung untuk menghancurkan cacing dari dalam.

5. Wortel

Mengkonsumsi wortel juga sangat baik dan juga termasuk ke dalam cara mengeluarkan cacing kremi dari perut yang bisa dicoba, dikarenakan makanan yang kaya akan serat ini dapat memperbaiki pencernaan sehingga mempermudah cacing keluar pada saat buang air besar. Jangan biarkan cacing kremi bersarang dan berkembang biak tanpa dilakukan pengobatan, karena apabila jumlahnya semakin banyak, akan dapat menyerang organ-organ pencernaan anda dan memakan semua nutrisi yang masuk ke dalam tubuh yang tentunya akan membahayakan kesehatan anda ke depannya.

Anda juga bisa membaca tulisan kami lainnya mengenai 7 makanan penyebab cacing kremi, kemudian mengenai cara penularan cacingan yang akan dibahas lebih lengkap, kemudian anda juga bisa membaca 35 cara mengobati cacingan yang kami jabarkan secara lengkap. Dengan mencoba menggunakan 5 macam cara mengeluarkan cacing kremi dari perut tesebut, diharapkan akan dengan segera memberantas parasit tersebut dari dalam organ pencernaan sehingga fungsi tubuh akan kembali normal dan terhindar dari komplikasi lainnya yang mungkin terjadi.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan