Sponsors Link

17 Cara Mengatasi Perut Begah dan Susah BAB

Sponsors Link

Tidak sulit untuk menemukan cara mengatasi perut begah dan susah BAB, jika kita mengetahui penyebabnya. Perut yang dirasa begah atau kembung atau juga mual biasanya dikarenakan organ lambung kita sedang bermasalah. Lambung adalah bagian dari system pencernaan, yang jika bermasalah, efeknya akan menyebar ke bagian system pencernaan lainya, bahkan hingga susah BAB. Lambung yang bermasalah sehingga membuat perut sakit dan terasa begah, biasanya disebabkan oleh sakit asam lambung yang naik. Penyakit asam lambung yang naik ini terjadi karena bagian LES atau lower esophageal sphincter tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. LES itu sendiri adalah lingkaran otot yang letaknya berada di bagian bawah dari pada cara mengatasi asam lambung berlebihan organ lambung kita. LES ini juga diibaratkan sebagai gerbang diantara makanan yang masuk dan lambung kita.

ads

Perut yang begah juga sering terjadi karena kita makan terlalu kenyang. Saat kita sedang lapar dan ingin makan sesuatu, biasanya memicu kita untuk makan dalam porsi banyak. Padahal, kebiasaan ini kurang baik bagi kesehatan. Akibat dari makan yang terlalu banyak hingga kenyang, perut akan terasa penuh dan begah. Terkadang, untuk bernapas apalagi sambil berjalan saja cukup sulit. Perut yang begah juga terasa seperti kembung.

Perut Begah dan Susah BAB

Ketika perut menjadi begah dan terasa penuh, secara otomatis ini akan menganggu fungsi pencernaan lainya. Hasilnya, untuk BAB saja menjadi sulit. Susah BAB atau sembelit merupakan kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk buang air besar (BAB). Jika biasanya mereka bisa BAB secara teratur, saat sembelit bahkan mereka bisa tidak BAB. Feses menjadi mengeras dan padat, sehingga sulit untuk dikeluarkan.

Umumnya, susah BAB seperti ini lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria. Wanita hamil dan sedang dalam masa haid, biasanya memiliki keluhan susah BAB. Namun, secara umum, baik pria dan wanita yang mengalami sembelit, terjadi karena:

  1. kurang minum
  2. kekurangan makanan berserat
  3. pola hidup yang kurang sehat
  4. pola makan yang tidak teratur dan lain sebagainya.

Penyebab susah BAB sesungguhnya belum bisa dipastikan, karena cukup sulit  untuk mengetahuinya dengan pasti. Walau begitu, umumnya susah BAB disebabkan oleh terjadinya konstipasi atau semeblit yang awalnya disebabkan oleh pola makan yang buruk, kehamilan, pengaruh obat, menunda untuk BAB hingga karena kondisi kesehatan tertentu.

Susah BAB yang cukup sering dialami sebagian besar orang, bisa terjadi karena waktu untuk BAB itu sendiri menjadi berkurang, tidak seperti biasanya. Setiap orang memiliki frekuensi waktu yang berbeda dalam hal buang air besar. Selain itu tidak ada patokan yang baku tentang berapa kali normalnya waktu yang diperlukan untuk BAB dalam seminggu. Secara umum, kondisi yang menyebabkan seseorang susah buang air besar, sebagai berikut :

  • Kehamilan

Sebanyak 40% dari wanita hamil yang mengalami sembelit saat periode awal kehamilanya. Selama masa kehamilan, tubuh wanita memproduksi banyak hormone progesterone dan menimbulkan efek berupa kendurnya otot –otot dalam tubuh, sehingga menyulitkan otot di bagian usus untuk berkontraksi. Maka dari itu, ibu hamil sering sulit untuk BAB.

  • Pola Makan yang Buruk

Salah satu faktor yang membuat seseorang sulit BAB adalah pola makan yang kurang sehat. Makanan yang seharusnya dikonsumsi adalah makanan sehat seperti buah-buahan, sereal dan sayuran. Sembelit juga bisa terjadi, jika seseorang yang tidak terbiasa meminum susu , kemudian meminumnya, pencernaan tidak menerima dan membuatnya menjadi sembelit.

  • Pengaruh Obat-obatan
Sponsors Link

Anda yang sedang mengkonsumsi obat-obatan juga bisa terkena dampak sulit BAB. Biasanya jenis obat-obatan yang membuat susah BAB adalah obat antidepresan, antiepilepsi, antipsikotik dan juga obat-obatan seperti pereda nyeri dan suplemen zat besi.

  • Menunda Buang Air Besar

Berkaitan dengan BAB, seharusnya tidak ada alasan untuk menunda kegiatan ini. jika kita sudah mau BAB namun terkesan ditunda-tunda, maka sembelit akan muncul. Sebaiknya, segerakan pergi ke toilet jika sudah merasa ada “panggilan” untuk BAB.

Cara mengatasi perut begah dan susah BAB, seperti diulas sebelumnya, jika perut begah Anda disebabkan oleh makan yang terlalu kenyang, maka kita bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut:

  • Minum Air Hangat atau Minum The Mint

Perut yang terasa begah dan penuh terkadang membuat kita menolak untuk makan sesuatu. Namun, kita masih bisa minum dengan minuman yang bisa memulihkan perut begah tersebut. Anda bisa mencoba minum air hangat, teh manis hangat atau teh hangat yang dicampur daun mint. Minuman tersebut dapat mendorong gas yang terdapat dalam perut keluar dalam bentuk angin. Sebaiknya minum minuman teh hangat atau air hangat ini sedikit demi sedikit dulu, jangan langsung diminum seperti hal nya ketika kita minum.

  • Gunakan Pakaian yang Lebih Longgar
ads

Ketika perut begah, kondisinya akan semakin parah jika kita menggunakan pakaian atau celana dengan ukuran yang terlalu pas. Biasanya, celana jeans atau celana kerja kita berukuran terlalu ketat, sehingga membuat perut yang begah ini semakin kurang nyaman. Cobalah untuk mengganti pakaian tersebut dengan pakaian terusan yang tidak ada karet di bagian perutnya.

  • Hindari Tidur Setelah Makan

Setelah makan kenyang, biasanya kita memang mudah mengantuk dibandingkan saat belum makan. Namun, hindari tidur setelah makan, apalagi jika keadaan perut sedang begah. Hal ini akan sangat menghambat system pencernaan. Saat kita berbaring tidur, penyakit lain yang juga bisa terjadi adalah gejala radang lambung dan usus asam lambung yang naik hingga gangguan pernapasan. Tunggulah hingga 3 jam setelah makan, baru bisa tidur.

  • Berjalan kaki dan berdiri

Ketika perut sedang begah, sebaiknya Anda juga jangan melakukan olahraga yang terlalu keras. Cukup lakukan olahraga yang sifatnya lebih ringan, namun membuat kita bergerak. Kita bisa melakukan gerakan kecil di rumah, seperti mencuci piring, membersihkan lantai dan meja.

  • Mengkonsumsi Obat Antasida

Obat Antasida merupakan obat yang biasanya dikonsumsi untuk menghilangkan sakit maag dan bisa juga digunakan untuk meredakan perut begah dan kembung. Tidak hanya itu, obat antasida ini juga dapat menetralisir terjadinya asam lambung naik yang bisa menyebabkan dada menjadi perih.

Sementara itu, untuk mencegah sembelit, kita bisa melakukan diet sehat dengan memperbanyak mengkonsumsi jenis makanan seperti buah-bahan dan sayuran. Namun, selain makanan sehat tersebut, ternyata beberapa jenis makanan lainya juga bisa membantu mengatasi susah buang air besar. Jenis makanan ini adalah makanan manis yang biasanya dikonsumsi, namun menyehatkan. Berikut jenis makanan tersebut:

  • Madu Murni

Madu adalah salah satu jenis makanan yang sering dijadikan sebagai obat herbal alami yang dapat mengatasi berbagai penyakit. Salah satunya adalah susah BAB. Untuk mengatasi susah BAB, sebaiknya madu ini dicampur dengan air hangat terlebih dulu. Kemudian, minum campuran madu dan air hangat tadi setidaknya 30 menit sebelum makan. Efeknya, organ usus kita akan lebih kuat dalam mencerna makanan yang sifatnya agak keras. Madu berfungsi seperti enzim yang penting untuk pencernaan.

  • Sari Tebu

Ternyata sari tebu juga dapat membantu mengatasi susah BAB atau biasa disebut sembelit. Sari tebu memiliki kandungan molasses yang banyak mineralnya dan memiliki sifat seperti obat pencahar. Tidak hanya bisa membantu mengatasi sembelit, sari tebu ini bermanfaat untuk kesehatan mata, kulit dan rambut kita.

  • Xylitol

Xylitol biasanya dimanfaatkan untuk kesehatan gigi. Namun, tahukah Anda bahwa Xylitol ini ternyata bisa digunakan untuk mencegah sembelit dan juga merampingkan badan. Xylitol bermanfaat untuk membersihkan organ usus kita secara alami. Xylitol selayaknya gula yang rendah kalori dan dapat dikonsumsi kapan saja.

  • Konsumsi Makanan Penuh Serat dan Vitamin

Sudah bukan rahasia lagi, jika seseorang yang kurang mengkonsumsi makanan berserat, pencernaanya kurang lancar. Oleh sebab itu, serat memiliki manfaat yang baik untuk melancarkan pencernaan kita setiap harinya. Serat banyak terdapat pada buah-buahan seperti papaya dan juga sayuran seperti bayam dan apricot.

  • Banyak Minum Air Putih
Sponsors Link

Kita pastinya sudah tahu, jika kebutuhan kita terhadap minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Air putih dapat membersihkan tubuh kita dari racun dan zat lainya yang dapat melemahkan kondisi tubuh. Dalam pencernaan, agar kita tidak lagi terkena sembelit cara mengatasi susah BAB yang cukup mengganggu aktifitas, maka sebaiknya minum air putih dengan lebih sering lagi.

  • Menggunakan Gel Lidah Buaya

Tumbuhan alami lidah buaya dipercaya sebagai obat herbal alami untuk membantu menyembuhkan berbagai penyakit dan juga bagus untuk perawatan kecantikan. Untuk masalah pencernaan, ternyata lidah buaya juga berperan penting untuk membuat perut lebih dingin, tenang dan mudah untuk melakukan BAB secara lancar.

  • Konsumsi Minyak Zaitun

Kaum wanita pasti sudah sangat mengenal minyak zaitun dan manfaatnya untuk kecantikan alami. Minyak zaitun ini ternyata dapat juga dikonsumsi oleh seseorang yang sedang mengalami susah BAB, agar lancar dan tidak mengalami sembelit. Konsumsi minyak zaitun dengan ditambah jus buah jeruk nipis dan konsumsi setiap pagi sebelum makan.

  • Minum Yoghurt

Minuman yoghurt diketahui memiliki kandungan bakteri khusus yang bersahabat dengan system pencernaan kita. Bakteri tersebut akan membantu melancarkan BAB dengan lancar. Anda dapat mengkonsumsi satu cup youghurt ketika sedang sarapan. Selain melancarkan BAB, usus kita juga akan lebih bersih.

Saat kita mengalami perut begah, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena sembelit atau sulit untuk BAB. Oleh sebab itu, kita harus menghindari penyebab sembelit dan perut begah dengan seksama. Dengan melakukan 17 cara mengatasi perut begah dan susah BAB ini, kita bisa mengurangi penyakit kelainan yang sering terjadi pada pencernaan yang cukup berbahaya. Selaint itu, kita juga akan lebih cermat dalam menjalankan pola makan dan pola hidup yang lebih sehat untuk kehidupan yang lebih baik.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :