Sponsors Link

33 Cara Mengatasi Konstipasi dengan Cepat dan Efektif

Sponsors Link

Konstipasi adalah istilah lain dari sembelit atau susah buang besar. Konstipasi dapat terjadi karena adanya kelainan pada system pencernaan kita, yang ditandai pengerasan feses sehingga cukup sulit untuk dikeluarkan. Konstipasi tentunya akan membuat kita menjadi kurang nyaman, khususnya pada bagian perut yang terasa kembung dan penuh. Konstipasi umumnya dialami sebagian besar orang, karena beberapa faktor penyebab yang berasal dari makanan maupun gaya hidup sehari-hari. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi konstipasi tersebut, mulai dari mengkonsumsi obat-obatan khusus, hingga menggunakan bahan alami yang aman dan nyaman untuk kesehatan kita.

ads

Seperti kita ketahui bahwa ketika mengalami konstipasi dan berkonsultasi ke dokter, dokter akan menanyakan riwayat kesehatan kita terlebih dulu. Selain itu, gaya hidup serta rutinitas kita juga akan ditanyakan. Setelah itu, baru dokter bisa melakukan diagnosis terhadap konstipasi yang sedang dialami. Umumnya, untuk gejala konstipasi, dokter akan menanyakan hal yang lebih spesifik, seperti apakah Anda mengejan dalam waktu lama setiap kali melakukan BAB. Kemudian, akan ditanyakan juga ciri sembuh dari disentri apakah frekuensi buang air besar tersebut terjadi 3 kali dalam satu minggu, serta bagaimana tekstur tinja yang keluar, apakah berbentuk butiran dan keras atau sebaliknya.

Penyebab Konstipasi Secara Umum

Kemudian, Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik , namun biasanya ini dilakukan pada pasien anak-anak. Dokter akan melakukan pemeriksaan melalui anus dan meraba perut anak-anak yang terkena dan harus tahu cara mengatasi konstipasi. Jika kasus konstipasi yang dialami cukup parah, bahkan tidak kunjung sembuh walaupun sudah mendapat penanganan dokter, sangat dianjurkan untuk melakukan serangkaian pemeriksaan jenis-jenis keracunan makanan lainya, agar menghindari kemungkinan penyakit atau gangguan penyakit yang lebih berbahaya. Pemeriksaan yang dapat dilakukan :

  • Pemeriksaan manometri anorektal, memeriksa kinerja otot dan saraf di sekitar rectum
  • Rontgen Perut
  • Kolonoskopi
  • CT scan
  • Cek darah untuk mengetahui kadar hormone dalam tubuh, khususnya hormone tiroid

Tahukah Anda, bahwa penyakit gangguan pencernaan atau konstipasi ini ternyata lebih berisiko terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Khususnya, wanita hamil akan lebih berisiko terkena konstipasi di masa kehamilanya. Selain itu, Lansia dan anak-anak juga masuk dalam kategori orang yang berisiko mengalami konstipasi. Adapun penyebab konstipasi secara umum, disebabkan oleh beberapa faktor. Seseorang yang kurang minum dalam keseharianya, sering menunda keinginan untuk BAB, jarang mengkonsumsi serat, merupakan beberapa faktor penyebab mereka akhirnya mengalami konstipasi. Orang yang perbedaan wasir dan ambeien ternyata sering mengalami stress dan depresi juga rentan mengalami kosntipasi.

Pengobatan Konstipasi Tanpa Obat-Obatan

Umumnya, konstipasi yang  dialami seseorang ini bisa diatasi dengan perubahan pola makan yang benar dan perubahan gaya hidup sehari-hari. Namun, jika kedua hal tersebut ternyata belum bisa mengatasi konstipasi tersebut, sebaiknya Anda melakukan pengobatan lebih lanjut dengan menghubungi dokter. Dokter akan memberikan resep untuk mengatasi konstipasi Anda, dengan memberikan obat pencahar agar proses buang air besar lebih lancar. Mungkin, cara ini cukup efektif untuk beberapa bulan ke depan, agar Anda terbiasa dengan proses BAB yang normal kembali. Anda juga bisa mencoba beberapa cara lainya, yang terbilang mudah untuk dilakukan dan umumnya menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk kesehatan kita. Berikut ini 33 cara mengatasi konstipasi:

  • Perbanyak minum air putih

Air putih memang obat alami yang paling mujarab, untuk kesembuhan berbagai penyakit. Salah satu khasiatnya tentu untuk masalah sembelit. Jika Anda mengalami sembelit, perbanyak minum air putih. Sifatnya yang cair, dapat membantu melunakan feses yang terlalu keras karena sembelit.

Sponsors Link

  • Banyak Makanan berserat

Tahukah Anda bahwa serat ini merupakan laksatif alami yang baik bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi serat yang mengandung kandungan air, dapat melunakan tinja yang mengeras agar lebih mudah dikeluarkan. Para ahli menyarankan, kita setidaknya harus mengkonsumsi serat minimal 20- 35 gram setiap hari.

  • Mengkonsumsi Buah Prune

Pernah mengenal buah prune? Buah ini merupakan salah satu buah yang kaya dengan serat alami. Selain itu, buah prune juga mengandung sorbitol, yaitu zat gula alami yang cara mengobati luka lambung mampu melunakan tinja ketika sedang sembelit. Konsumsi buah prune dengan diolah menjadi Jus atau dimakan secara langsung, setelah dicuci terlebih dulu.

  • Menghindari Olahan Keju dan Susu

Produk olahan susu dan keju merupakan salah satu makanan yang mungkin wajib ada setiap harinya, khususnya bagi Anda yang tidak menyukai sarapan nasi di pagi hari. Namun, keju dan susu mengandung laktosa yang ternyata bisa membuat perut kembung dan membuat kita mengalami penyebab mencret konstipasi. Sebaiknya, kurangi konsumsi susu dan keju hingga konstipasi reda.

  • Konsumsi Bahan Alami yang Dapat Melunakan  Tinja
ads

Anda juga bisa mencoba beberapa tanaman herbal alami yang ampuh mengatasi sembelit. Tanaman ini seperti jenis psylium, fenugreek dan flaxseed  yang ternyata dapat melunakan tinja yang mengeras juga. Tanaman herbal ini biasanya hadir dalam bentuk suplemen kapsul yang dijual di toko makanan sehat atau di Apotek terdekat.

  • Meminum Minyak Jarak

Konstipasi yang membuat tinja memadat, sebaiknya diperlukan pelicin agar lebih mudah dikeluarkan. Salah satunya adalah dengan meminum minyak jarak. Minyak jarak ini dapat menstimulus bagian organ usus dan melumasinya, sehingga tinja lebih mudah dikeluarkan. Minyak jarak aman diminum dengan resep dokter.

  • Konsumsi Yoghurt Untuk Diet harian

Yoghurt yang rasanya sedikit asam dan segar itu, ternyata mengandung kultur bakteri hidup atau disebut prebiotik. Prebiotik ini dapat menyehatkan system pencernaan kita dan tentunya membuat kegiatan BAB lebih lancar. Jika Anda sedang menjalankan diet, cobalah untuk menambahkan yoghurt pada menu diet harian Anda.

  • Perbanyak Olahraga

Saat sembelit, sebaiknya Anda lebih banyak bergerak dengan berolahraga. Ketika seseorang kurang berolahraga, maka keadaan ususnya cukup lemah. Ketika sembelit, tentu saja tinja akan lebih sulit dikeluarkan, karena kinerja usus yang kurang maksimal. Lakukan gerakan olahraga teratur minimal 3- 4 kali seminggu.

  • Posisi Nyaman dan benar Saat BAB

Tidak hanya pola hidup yang sedikit dirubah saat sembelit, tapi posisi Anda ketika BAB juga dapat membantu untuk melancarkanya. Cobalah untuk berada di posisi jongkok ketika BAB. Jika ciri ciri diare sembuh Anda terbiasa di toilet duduk, maka bisa dibantu dengan menggunakan bangku, untuk menyangga kaki Anda. posisi ini dapat meningkatkan tekanan ke usus dan mempermudah tinja keluar dengan lancar.

  • Mencoba Latihan Yoga

Olahraga Yoga kini begitu digandrungi oleh berbagai usia. Olahraga ini rupanya dapat juga menstimulus organ usus kitam serta membantu membentuk posisi tubuh yang nyaman ketika BAB. Pose pada yoga yang cenderung lentur dan menggerakan bagian perut ini, dapat meningkatkan Obat usus buntu tanpa operasi tekanan dalam usus kita, agar tinja lebih terpancing untuk keluar.

Beberapa hal lainya yang juga bisa Anda lakukan, untuk melancarkan kegiatan BAB ketika sembelit seperti berikut:

  • Hindari Makanan yang Diproses
  • Meminum Magnesium
  • Jangan Abaikan Ritme Tubuh Untuk bergerak
  • Jangan Ketergantungan dengan Laksatif
  • Minum Minyak Mineral
  • Minum Obat Pencahar
  • Berkonsultasi Dengan Doktor
  • Mengatur Jadwal BAB
  • Melatih Perut
  • Jangan Menahan BAB Terlalu Lama
  • Makan Dengan Jam Teratur
  • Hindari Fast Food
  • Hindari Diet

Adapun bahan alami lainya, yang juga bisa Anda coba untuk membantu proses BAB yang sulit akibat sembelit, dengan memanfaatkan beberapa bahan herbal berikut ini :

  • Minyak Zaitun
  • Jus Lemon
  • Gel Lidah Buaya
  • Kunyit
  • Daun Kejibeling
  • Pepaya
  • Tomat
  • Temulawak
  • Makan Sereal Gandum
  • Makan Ubi Jalar
Sponsors Link

Untuk menghindari konstipasi , sangat dianjurkan agar Anda mengubah pola makan serta gaya hidup yang sebelumnya kurang mendukung kesehatan. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah tidak mengabaikan waktu BAB ketika memang sudah waktunya. Dengan begitu, keadaan Anda akan jauh lebih nyaman dan leluasa. Walaupun konstipasi terlihat ringan, namun Anda juga harus waspada. Konstipasi yang tidak mendapat penanganan dengan baik, dapat menimbulkan komplikasi. Untuk jangka panjang , dapat menyebabkan wasir dan hemoroid , serta terjadinya penumpukan feses yang mengeras, pada bagian rectum. Tidak hanya itu, komplikasi lainya bisa berupa sobeknya kulit pada bagian anus, hingga usus yang mencuat keluar karena terlalu keras saat mengejan.

Obat-Obatan Penyembuh Konstipasi

Selain beberapa cara mengatasi sembelit di atas, sembelit juga dapat dilakukan dengan metode pengobatan lainya yang lebih mudah. Beberapa obat di bawah ini, direkomendasikan untuk sembelit Anda:

  1. Stimulan, seperti bisacodyl
  2. Suplemen serat, seperti Metamucil, Konsyl, Fibercon, Citrucel serta obat lainya yang berisi psyillium juga metilselulosa yang membantu melancarkan BAB
  3. Lubrikan (pelumas) , yang mengandung mineral juga baik untuk membantu BAB agar bisa melewati usus besar dengan lebih mudah
  4. Laksatif ostomik, obat yang mengandung laktulosa, magnesium sitrat ata Fleet Enema
  5. Pelunak BAB lainya yang juga mengandung laksatif

Sementara itu, lakukan juga beberapa alternative pengobatan di rumah seperti :

  1. Perbanyak mengkonsumsi serat yang berasal dari buah, sayuran, dan gandum
  2. Mengkonsumsi cukup air, khususnya musim panas terik seperti sekarang ini
  3. Menghindari obat-obatan tanpa resep yang malah akan menambah parah sembelit seperti obat antishiamin

Sebenarnya, cara aman untuk mencegah sembelit adalah dengan meminum banyak air serta makan makanan berserat. Selain itu, coba untuk selalu aktif bergerak dan melakukan aktifitas fisik dengan berolahraga ringan. Batasi konsumsi alcohol karena akan membuat kesehatan semakin memburuk. Hindari juga stress yang akan memperparah sembelit Anda. Dengan beberapa cara mengatasi konstipasi diatas, semoga kita dapat terhindar dari kasus sembelit dan menjalankan pola hidup yang lebih sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :