Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Kekenyangan Setelah Makan Yang Efektif

Sponsors Link

Segala sesuatu yang berlebihan sangat berbahaya bagi tubuh, termasuk bahaya makan berlebihan, jika Anda makan dalam porsi yang banyak dan dengan beraneka macam menu, perut Anda akan menjadi tidak nyaman. Hal ini yang biasa kita sebut dengan kekenyangan, suatu keadaan tak nyaman pada perut yang ditandai dengan perut terasa begah setelah makan, dada sesak, susah untuk bernafas karena terasa sangat penuh, bahkan kadang untuk berjalan juga sangat susah sekali. Untuk mengatasi kekenyangan setelah makan, selain mengkonsumsi obat untuk perut begah, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan:

ads
  1. Jangan Langsung Tidur

Setelah makan, tubuh akan mencerna apa yang telah anda melalu beberapa proses pencernaan. Saat itu organ pencernaan bekerja ekstra, dan dengan langsung tidur setelah makan akan menghambat pencernaan Anda. Jadi berikan jarak 2-3 jam sebelum Anda tidur atau berbaring.

  1. Minum Teh Peppermint

Minumlah teh peppermint selain ampuh untuk cara mengatasi sakit perut karena makan pete, juga berfungsi sebagai minuman alami untuk mengurangi rasa tidak nyaman, mual dan muntah akibat kekenyangan. Teh ini dipercaya sangat bagus untuk mengatasi begah di perut. Fungsi kerjanya adalah dengan membantu mendorong gas keluar dari usus dan perut. Dengan begitu, perjalanan makanan yang Anda makan jadi lebih lancar dan cepat diproses oleh tubuh. Namun, usahakan untuk minum sedikit-sedikit dulu, jangan langsung menenggak terlalu banyak. Kombinasikan dengan air hangat juga, jangan air dingin karena justru akan semakin menambah gas dalam perut.

  1. Gunakan Untuk Aktivitas Ringan

Aktivitas ringan seperti berdiri dan jalan kaki adalah cara efektif mengatasi kekenyangan. Jalan santai juga olahraga yang baik untuk penderita asam lambung. Jika kebetulan Anda sedang di rumah, Anda bisa mencuci piring dan membereskan meja. Bila Anda sedang makan di luar, berjalan-jalanlah sebentar di sekitar tempat Anda makan. Aktivitas ringan bisa membantu proses kerja organ pencernaan dan mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

  1. Duduk Tegak

Posisi yang paling bagus agar makanan bisa cepat terserap oleh organ pencernaan adalah dengan duduk tegak. Jadi tubuh akan lebih maksimal dalam pengolahan makanan sehingga akan membuat perut nyaman dan sistem pencernaan menjadi lancar. Termasuk jika sedang berada di rumah, coba untuk duduk tegak terlebih dahulu sebelum berbaring di tempat tidur.

  1. Ganti Pakaian Longgar

Longgarkan pakaian saat kekenyangan, karena pakaian yang ketat terutama di bagian perut dapat menekan lambung sehingga mengganggu proses pencernaan. Bagi Anda yang kebetulan makan di rumah, anda bias langsung berganti pakaian dengan yang lebih longgar, yang sekiranya bias memberikan rasa nyaman di bagian dada dan perut. Namun bagi Anda yang kebetulan ada acara makan di luar rumah, cobalah untuk melonggarkan celana atau kemeja Anda.

  1. Minum Obat Antasida

Obat antasida yang biasanya dijual bebas tanpa resep dokter adalah untuk obat asam lambung naik jantung berdebar. Namun sebenarnya itu bisa untuk mengatasi perut begah dan kembung. Selain itu, obat antasida juga bisa membantu menetralisir asam lambung yang naik dan menyebabkan nyeri dada. Saat perut begah karena kekenyangan, orang cenderung akan berbaring nyaman. Namun justru hal ini tidak akan membuat kondisi perut lebih baik, sebaiknya ikuti cara diatas dan makan secukupnya saja.

Nah demikianlah artikel tentang cara mengatasi kekenyangan setelah makan yang sangat efektif. Dan alangkah lebih baiknya jika anda tidak makan berlebihan ya guys. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan