Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Feses Berwarna Hitam Secara Alami dan Medis

Sponsors Link

Feses, atau biasa disebut dengan tinja, merupakan kotoran buangan hasil proses pengolah makanan dalam tubuh yang keberadaannya harus disingkirkan. Feses mengandung senyawa-senyawa sisa yang sudah tidak diperlukan lagi seperti sisa lemak, sisa protein, pigmen empedu, sejumlah kecil makanan yang tidak dicerna, sel epitel, potongan bakteri, serta senyawa lain yang sudah tidak memiliki manfaat bagi tubuh.

ads

Namun ternyata, pada tubuh seseorang dengan penyakit tertentu, karakteristik feses akan mampu memberikan clue perkiraan jenis penyakit yang diderita oleh orang tersebut. Pada keadaan normal, feses akan relatif memiliki warna kecokelatan dengan bentuk silinder agak panjang dan berteksur lunak. Sedangkan pada orang yang mengidap penyakit tertentu, indicator warna, konsistensi, bentuk, jumlah, bau, unsur pokok yang terkandung, dan frekuensi pembuangannya akan berubah. Baca lebih lanjut: penyebab bab berdarah.

Faktor Perubahan Feses Berwarna Hitam

Salah satu faktor perubahan pada feses yang terlihat jelas adalah warna. Pasien penyakit dalam akan memiliki potensi untuk memiliki feses dengan warna putih, hijau, oren, merah, bahkan hingga hitam pekat. Feses dengan warna hitam, atau biasa disebut “melena’, relatif disebabkan oleh adanya penyakit serius dalam tubuh. Oleh para ahli, feses berwarna hitam memiliki penjabaran kemungkinan penyakit sebagai berikut :

  • Varises Esofagus

Penyakit ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah pada esophagus bagian bawan akibat adanya penyakit hati, yang dipicu oleh gaya hidup alcoholic. Pembuluh darah yang pecah akan mengeluarkan darah yang kemudian mengalir menuju usus dan bercampur dengan feses, menjadikannya berwarna hitam pekat.

  • Penyakit Hati

Penyakit hati berupa sirosis dan hepatitis merupakan penyebab munculnya penyakit varises esophagus. Sirkulasi darah menuju hati akan terganggu, menyebabkan aliran darah yang berlawanan, dan pada akhirnya memicu timbulnya pembengkakan (varises). Dugaan terkuat disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi alcohol secara berlebihan.

  • Mallory-Weiss Syndrom

Syndrom jenis ini disebabkan oleh robekan selaput lender pada bagian bawah kerongkongan. Penyebabnya, selain alcohol, dapat diderita akibat muntah-muntah dahsyat dengan gerakan kejutan, berlebihan, dan terus menerus dialami oleh pasien.

  • Ulkus Lambung

Ulkus adalah luka terbuka (borok) pada internal tubuh di bagian lambung ataupun usus kecil. Ulkus akan mengeluarkan darah yang mengalir ke bawah menuju feses dan pada akhirnya ikut bercampur. Penyebab dapat dikarenakan oleh konsumsi obat anti-inflamasi dan aspiris secara berlebihan, serta infeksi bakteri H. pylori.

  • Radang Perut

Disebut juga “gastritis” Disebabkan oleh alkohol dan obat-obatan anti-inflamasi dan aspirin dengan dosis berlebih yang lama-kelamaan mengikis lapisan lambung dan memicu keluarnya asam lambung secara berlebih.

  • Radang Usus

Biasa disebut “diverticulitis”. Pasien akan terkena pendarahan akibat pecahnya kantong yang menonjol keluar pada dinding usus besar. Kantong yang terbentuk dipicu muncul oleh gaya hidup yang berantakan dan tidak memperhatikan kebiasaan diet sehat.

  • Fisura Anal
Sponsors Link

Pendarahan lapisan anus terjadi akibat adanya robekan pada saluran anus, antara anus dan rectum. Hal ini dipicu oleh sembelit dengan tinja bertekstur keras disebabkan oleh kurangnya jumlah air putih yang dikonsumsi, kurang makan makanan berserat, banyak konsumsi produk dari susu, stress, dan sebab lain. Baca lebih lanjut tentang bahaya tidak bab seminggu dan buah pelancar bab.

  • Wasir

Wasir adalah keadaan dimana pembuluh darah yang membengkak pada daerah lubang anus akhirnya pecah. Penyebabnya dapat berupa kebiasaan melakukan aktifitas berat, terlalu sering duduk, ataupun diakibatkan oleh kondisi kehamilan tertentu.

  • Kanker Usus Besar

Kanker usus besar dipicu kehadirannya oleh penyakit Crohn. Pada awalnya akan terbentuk tumor dengan sifat yang lebih jinak dan seiring berjalannya waktu mampu berubah menjadi sel kanker ganas yang dapat menggerogoti tubuh penderitanya. Massa sel kanker semakin lama semakin membesar dan mengeluarkan darah, mengalir menuju usus dan bercampur dengan feses menyebabkan feses yang keluar berubah warna menjadi kehitaman.

  • Penyakit Crohn

Penyakit Crohn akan mula-mula diawali dengan gejala diare kronis, dan gejala pencernaan lainnya. Selanjutnya akan terjadi peradangan pada keseluruhan saluran cerna, dengan dominasi terjadi di usus kecil. Peradangan semakin hari semakin membengak dan infeksi, lalu menimbulkan pendarahan.

Pengobatan Medis

ads

Begitu banyaknya kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam tubuh seseorang membuat kita harus cepat tanggap terhadap gejala-gejala lain yang timbul. Jika dirasa sudah lebih dari 3 hari feses tidak kembali ke cici-ciri normal nya, maka kita wajib untuk segera menjadwalkan periksa ke dokter. Dokter akan membantu menangani masalah feses berwarna hitam yang kita derita secara medis. Berikut penanganan yang dilakukan oleh para ahli kesehatan medis :

  1. Konsultasi Dokter

Dokter akan melakukan diagnosis dengan sesi tanya-jawab langsung dengan pasien. Biasanya akan ditanyakan gejala-gejala apa yang belakangan ini sedang dirasakan, serta dilanjutkan dengan pertanyaan lain yang lebih mengarah menuju gejala penyakit yang lebih spesifik.

  1. Tes Diagnostik Lanjutan

Tes diagnostik lanjutan akan dianjurkan oleh dokter yang sebelumnya telah melakukan sesi tanya-jawab dengan kita. Biasanya hal ini dilakukan untuk lebih meyakinkan diagnosis, dan dapat menggambarkan dengan lebih jelas dan detail kondisi sekitar daerah yang bermasalah. Contoh diagnostik lanjutan dapat berupa tes feses, endoskopi, foto X-Ray, dan berbagi jenis tes lanjutan lainnya tergantung rekomendasi dan permintaan dokter.

  1. Operasi

Operasi akan menjadi jalan terakhir yang diambil oleh setiap dokter untuk penyakit yang sudah sangat mengkhawatirkan, dan dilakukan untuk meminimalisir persebaran penyakit lain yang mungkin ditimbulkan dari penyakit yang diderita.

  1. Pemasangan Nasogastric Tubes (NGT)

NGT merupakan sebuah selang atau tube yang akan dimasukkan lewat lubang hidung menuju lambung. Alat ini dipasang dengan tujuan memasukkan  makanan, obat, dan cairan bagi pasien yang terkena gangguan saluran pencernaan atas, pasca operasi esophagus, keracunan, dan yang kehilangan kesadaran.

Pengobatan Tradisional dan Alami

Nah, sedangakan bagi orang-orang yang menghindari pengobatan medis ala dokter, pengobatan tradisional dan alami dapat menjadi solusi yang tepat. Berikut cara-cara dan alternatif obat yang dapat kita konsumsi sebagai cara untuk mengatasi feses berwarna hitam yang sedang dialami:

  1. Diet Seimbang dan Sehat

Isi perut dan tubuh kita dengan makanan sehat berupa sayur-sayuran tinggi serta, lauk dengan protein yang cukup, serta buah-buahan yang sehat. Penting hukumnya untuk selalu membersihkan bahan makanan sebelum dimakan, dan pastikan untuk selalu memasaknya dengan baik hingga matang. Makan makanan matang akan meminimalisir kemungkinan terbawanya bakteri dan virus pathogen jahat dalam makanan. Baca lebih lanjut tentang makanan untuk asam lambung. makanan untuk iritasi usus, dan makanan untuk penderita diare.

  1. Kurangi makanan terlalu asam, pedas dan berminyak

Karena makanan dengan jenis asam, peda, dan berminyak cenderung menimbulkan efek buruk apalagi pada tubuh yang sedang dalam proses penyembuhan. Makanlah makanan lain yang lebih aman bagi perut misalnya bubur ayam, bubur kacang hijau, dan sup ayam.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Air putih dengan sejuta manfaat nya akan mampu membantu mengeluarkan racun, menjaga fungsi sistem perncaan, menjaga keseimbangan cairan tubuh dan fungsi lain bagi tubuh. Bagi pasien dengan gejala buang air besar berlebihan dan muntah-muntah disarankan untuk banyak meminum air putih agar jumlah cairan tubuh tetap terjaga dan tidak dehidrasi (kekurangan cairan). Disarankan untuk konsumsi air putih minimal 10 gelas dalam sehari.

  1. Mengurangi konsumsi bahan makanan ber-zat besi, locorice hitam, blueberry, dan bismuth
Sponsors Link

Kandungan zat besi, locorice hitam, blueberry, dan bismuth dipercaya mampu memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti yang telah disebutkan di atas. Pengunaan yang masih dalam batas wajar masih diperbolehkan, namun dosisnya harus sangat dijaga.

  1. Dibantu dengan konsumsi Jelly Gamat

Jelly Gamat merupakan salah satu obat herbal yang terbuat dari ekstrak teripang emas dengan kandungan yang lengkap seperti gamapeptide, kolagen, protein, omega 3, 6 dan 9, asam amino, glucosaminoglycans, mukopolisakarida, dan mineral baik lainnya. Senyawa-senyawa tersebut saling bekerja sama dan dengan cepat mampu menyebuhkan penyakit dalam yang mengakibatkan feses berwarna hitam.

  1. Dibantu dengan konsumsi Koloklin Capsule

Koloklin Capsule adalah obat herbal lain yang dipercaya mampu meredakan sakit dengan gejala feses berwarna hitam. Setiap kapsul nya mengandung bahan alami seperti aloe vera, poolygonum multiflorum, semen cassie, dan bahan utama nya berupa ekstrak daun lotus. Kapsul ini dapat merawat sistem pencernaan yang meradanga dan berdarah.

  1. Manajemen stress yang baik

Keadaan tubuh yang stress dapat memicu kondisi tubuh malah semakin drop. Tetap fokus pada hal-hal yang membuat kita bahagia dan nyaman, dan selalu ingat untuk berhenti sejenak jika merasa terlalu lelah.

  1. Beristirahat yang cukup

Istirahat yang cukup akan mengembalikan stamina tubuh apalagi untuk seseorang yang telah sembuh dari penyakit. Tidur akan mengembalikan energi tubuh, serta mempercepat tubuh kembali pada kondisi fit nya. Para ahli menyarankan untuk tidur minimal 7-8 jam dalam sehari, dengan jam yang paling tepat antara jam 22.00-06.00 untuk kualitas tidur terbaik.

Perhatikan tanda-tanda kecil yang tubuh berikan, karena biasanya tubuh akan bereaksi berbeda jika sedang ada sesuatu yang salah di dalam nya. Belajar untuk peka terhadap tubuh sendiri dan perlahan coba untuk memperbaiki kebiasaan-kebiasaan hidup yang dirasa perlu untuk diperbaiki. Bisa dimulai one step at a time yang terus dibiasakan sehingga pada akhirnya kebiasaan tersebut dapat menjadi gaya hidup kita yang baru dan lebih sehat!

Sponsors Link
, ,