Sponsors Link

Ketahuilah 4 Cara Mengatasi Dubur Gatal Secara Alami

Sponsors Link

Dubur seringkali merasakan gatal, dan kita akan otomatis menggaruknya agar rasa gatal itu segera hilang. Tetapi terkadang akan mengalami kesulitan karena masih berada di tempat umum, atau celana yang Anda pakai adalah celana jeans yang berbahan tebal. Hal ini membuat Anda jengkel, tetapi akan berlalu jika rasa gatal itu menghilang dan segera melupakannya. Padahal rasa gatal pada dubur bisa saja itu bukan rasa gatal biasa, tetapi Anda mungkin saja terkena sakit lubang dubur setelah buang air besar.

ads

Penyakit dubur gatal dalam dunia medis dinamai pruritus ani. Penyakit ini  memiliki perbedaan fisura ani dan fistula ani. Fistula ani adalah kelainan yang sering terjadi dan dapat kambuh di dalam atau lebih sering di sekitar dubur. Memang dalam skala keseriusan, dubur gatal jarang bersifat serius. Tetapi dubur gatal bisa menyebabkan iritasi, hal ini dikarenakan intensitas besar garukkan yang dilakukan.

Asal Mula Dubur Gatal

Dubur gatal terjadi karena jamur (kandida) dengan warna merah dan sisik di kulit sekitarnya. Rasa gatal ini berasal karena beberapa hal berikut :

  1. Penyebab umum terjadinya dubur gatal karena kebersihan dari pasien tidak terjaga. Biasanya ketika mandi tidak bersih atau daerah dubur tidak terkena sabun yang membersihkan bakteri penyebab rasa gatal.
  2. Hal lainnya karena penyakit kulit seperti psoriasis atau eksim. Dan bisa juga karena reaksi alergi yang disebabkan karena deterjen cuci yang Anda pakai.
  3. Iritasi yang berasal dari bahan kimia pada makanan seperti lada, merica, cabai, dan makanan pedas lainnya.
  4. Penggunaan antibiotik dapat menyebabkan rasa gatal pada dubur.
  5. Kulit dubur mengalami lecet.
  6. Pengidap penyakit tumor akan juga merasakan gatal.

Gejala Dubur Gatal

Dubur gatal memang jarang menjadi penyakit yang serius, tetapi bukan berarti rasa gatal yang menyerang Anda tidak bisa menjadi parah, maka penting untuk mengetahui gejala ketika dubur gatal :

  1. Dubur gatal menimbulkan rasa terbakar dan perih sehingga akan menciptakan rasa tidak nyaman.
  2. Dalam keadaan lembap akan menyebabkan rasa gatal pada dubur akan terus terjadi dan inflamasi garukan.

Cara Mengatasi Dubur Gatal Secara Alami

Pengobatan fistula ani yang pertama dilakukan pada penderita dubur gatal adalah dengan cara menahan diri untuk tidak merespon rasa gatal tersebut dengan menggaruk. Hal ini biasanya yang menyebabkan iritasi akan memperburuk keadaan. Bila rasa gatal semakin menjadi, menggaruknya memakai sarung tangan juga akan memperparah bahaya fistula ani tidak diobati. Untuk itulah, langkah lain untuk mengatasi dubur gatal sebagai berikut :

  • Pemberian Krim Kortikosteroid dan Anti Jamur

Krim dipakai ketika dubur gatal terindikasi adanya dermatitis kontak dan sudah ada infeksi jamur.

  • Krim Anti Gatal dan Konsumsi Obat

Krim ini berguna untuk mengurasi rasa gatal. Apalagi saat malam hari, biasanya intensitas rasa gatal akan meningkat. Dan juga dengan mengonsumsi obat tradisional dubur gatal atau obat cacingan bila terdapat penyebab cacingan karena infeksi cacing kremi.

  • Membersihkan Area Dubur Secara Berkala

Hal ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri yang menjadi penyebab rasa gatal. Selain menggunakan sabun, Anda juga bisa menggunakan tisu basah untuk membersihkannya.

  • Hindari Pakaian Ketat

Pemakaian celana yang ketat akan menyebabkan kelembapan. Hal ini yang menyebabkan dubur gatal akan menjangkiti.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan