Sponsors Link

3 Cara Mengatasi Agar Tidak Telat Makan Paling Efektif

Sponsors Link

Salah satu hal terpenting dalam hidup manusia adalah makan. Pada esensinya tidak ada makhluk hidup yang bisa tidak makan selamanya. Lewat pencernaan makanan pula manusia bisa memperoleh energi agar bisa kuat saat beraktivitas dalam kesehariannya. Maka dari itu, sebanyak apapun kegiatan sehari-hari Anda harus bisa mengatur waktu untuk makan. Telat makan biasanya menimpa para pekerja yang terlalu sibuk sehingga rentan untuk terjangkit penyakit.

ads

Bahaya Telat Makan

Jika sudah sangat sering telat makan, tidak hanya perut sakit seperti kram yang terjadi, tetapi beberapa hal buruk ini juga berbahaya:

  1. Terganggunya Metabolisme

Banyak dari pekerja ataupun yang masih sekolah mengalami gejala metabolisme tubuh yang terganggu. Hal ini dipicu karena kebiasaan telat makan yang menyebabkan nutrisi untuk tubuh menjadi kurang atau mencukupi tapi dengan pola tidak konsisten. Apalagi Anda yang terbiasa makan telat kemudian sekali makan dengan porsi yang berlebih tentu menyebabkan perut sakit setelah makan nasi karena lambung bermasalah.

  1. Badan Terasa Lemas

Hal yang paling nampak adalah gairah dalam melakukan kegiatan akan menurun. Hal ini karena sakit perut bagian atas tengah menyebabkan badan terasa lemas hingga wajah akan terlihat pucat. Kurangnya nutrisi dan asupan yang mengandung gizi yang cukup menjadi faktor utama hal tersebut terjadi.

  1. Gangguan Otak

Hal yang berbahaya adalah saat dampak sudah menimpa ke otak. Biasanya orang yang telat makan akan mengalami gangguan kinerja otak. Salah satunya berkurangnya kinerja kognitif dan memori yang mengakibatkan daya pikir seseorang menjadi menurun bahkan mudah lupa. Padahal Anda masih menjadi pekerja atau pelajar, pastinya gangguan ini sangat menganggu aktivitas keseharian.

  1. Siklus Menstruasi Tidak Konsisten

Bagi Anda yang perempuan, aktivitas telat makan akan membuat siklus menstruasi akan terganggu. Faktor yang menjadi penyebabnya adalah tidak adanya ovulasi. Apalagi saat nyeri menstruasi biasanya perut perih setelah makan.

  1. Rentan Sakit

Dampak yang paling nyata orang yang sering telat makan akan menjadikan Anda rentan sakit. Penyebabnya karena tubuh kekurangan nutrisi dan antibodi sehingga virus penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh. Paling sering penyakit yang akan diidap adalah flu, maag, dan bisa juga tipes. Jika sudah sangat parah, maag kronis menyebabkan kematian.

Cara Mengatasi Agar Tidak Telat Makan

Berbahayanya dampak orang yang terkena penyakit atau hal negatif karena telat makan harus diperhatikan. Sesibuk apapun aktivitas keseharian harus mengantisipasi agar tidak telat makan. Hal berikut yang bisa Anda lakukan agar tidak telat makan :

  • Menyiapkan Bekal

Bekal sesederhana apapun menjadi sangat berarti, lebih bagus jika membawa bekal makanan yang mengandung banyak serat. Karena serat bagus untuk pembentukan energi. Biasanya para pekerja akan enggan meninggalkan meja kerjanya karena sudah serius dengan pekerjaannya. Maka praktis dilakukan ketika bekal sudah ada dan sambil mengerjakan, Anda bisa memakan bekal tersebut.

  • Membawa Buah atau Camilan yang Bergizi

Hal ini penting diperhatikan dan bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak bisa meninggalkan pekerjaannya. Maka mengerjakan sambil memakan buah akan bisa memberikan asupan yang cukup bagi tubuh. Selain buah yang baik untuk penderita maag, pilih camilan yang mengandung nilai gizi yang baik buat tubuh. Seperti roti atau makanan bergizi lainnya.

  • Manajemen Waktu

Cara sederhana yang bisa dilakukan adalah merancang waktu dalam sehari. Di mana sudah ada jadwal di mana Anda harus istirahat untuk memberikan asupan pada tubuh. Meskipun banyak pekerjaan yang menumpuk, hal ini harus dilakukan agar terbiasa hidup disiplin dan tubuh Anda menjadi sehat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan