Sponsors Link

23 Cara Mencegah Keracunan Makanan Agar Cepat Pulih

Sponsors Link

Kondisi keracunan makanan merupakan kelainan yang terjadi kepada seseorang saat mengkonsumsi makanan atau minuman yang ternyata telah terkontaminasi oleh beberapa bakteri atau virus berbahaya. Makanan tersebut terkontaminasi saat sedang diolah, seperti memasak makanan yang belum matang. Seseorang yang mengalami keracunan pertolongan pertama keracunan makanan makanan umumnya menunjukan gejala seperti mual, muntah hingga diare.

ads

Sepertinya keracunan makanan dapat disembuhkan dengan mudah, seperti hal nya ketika meminum obat untuk diare. Namun, keracunan makanan bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman bahkan hingga mengancam nyawa, jika sudah sampai pada kondisi terburuk. Kondisi cara mengatasi perut begah  keracunan makanan sebaiknya segera dicegah dan diatasi, bila sudah mulai terlihat gejalanya.

Peringatan Keracunan Makanan

Beberapa hal berikut ini adalah peringatan untuk kita semua, agar tidak menyepelekan jenis makanan yang sepertinya menyehatkan, padahal tetap harus dibersihkan dan dimatangkan terlebih dulu, berikut ulasanya :

  1. Makanan organic adalah jenis makanan yang berasal dari tumbuhan organic. Walaupun terkesan bersih dan sehat, bukan berarti kita bisa langsung memasukan makanan tersebut ke dalam mulut. Tetap cuci dan bilas makanan dari tumbuhan organic tersebut, hingga bersih
  2. Jika Anda berpergian untuk piknik dan sering membawa mayonnaise , sebaiknya masukan mayo tersebut ke dalam kulkas agar tetap segar
  3. Menjaga kebersihan talenan Anda dan gunakan sesuai kondisi makanan yang akan dipotong.

Berikut ini 23 cara mencegah keracunan makanan yang dapat dilakukan, untuk meminimalisir resiko yang berbahaya bagi tubuh kita :

  • Menjaga Kebersihan Dapur

Dapur di dalam rumah kita, menjadi tempat yang paling strategis untuk menyimpan dan juga memasak makanan. Oleh sebab itu, Area dapur harus kita jaga kebersihanya. Tidak hanya area tempatnya saja, tapi kebersihan alat-alat memasak dan menyimpan makanan pembersih usus kotor makanan di dapur juga perlu dibersihkan. Gunakan sabun yang telah dicampur dengan air panas dan mulai bersihkan alat memasak yang mudah dijangkiti bakteri, seperti talenan, meja dapur, area sekitar kompor dan lainya. Jika Anda menggunakan wastafel untuk mencuci daging atau ikan, maka bersihkan juga wastafel tersebut.

  • Mencuci Tangan Sebelum Makan dan Menyentuh Makanan

Ini merupakan hal kecil yang ternyata besar manfaatnya untuk kesehatan, yaitu mencuci tangan sebelum memakan sesuatu. Cucilah tangan dengan sabun anti bacteria yang sekarang mudah didapat di supermarket dekat rumah. Cucilah tangan dengan baik dan benar lalu lap tangan agar terhindar dari bakteri sekitarnya.

  • Memasak Makanan Hingga Matang

Karena salah satu faktor penyebab keracunan makanan adalah makanan yang kurang dimasak dengan matang, kita harus mencoba memasak makanan hingga benar-benar matang. Khususnya untuk makanan olahan daging sapi, ayam dan telur yang lebih beresiko membawa obat herbal usus buntu racun bagi tubuh kita. Gunakan temperature kematangan daging khusus, agar kita yakin masakan daging tersebut sudah benar-benar matang.

Sponsors Link

  • Menghindari Serangga dan Hewan di Makanan

Beberapa jenis serangga seperti lalat sangat perlu dihindarkan dari makanan yang sedang disimpan. Lalat dan hewan jenis lainya dapat membawa bakteri dan kotoran ke dalam makanan, sehingga dapat membuat orang yang mengkonsumsi makanan tersebut menjadi keracunan, sama dengan halnya penyebab mencret yang akan terjadi bila anda terjadi keracunan makanan. Lindungi makanan yang disimpan di dapur dengan pelindung untuk makanan khusus.

  • Jangan Makan Kerang Mentah

Kerang adalah salah satu makanan laut favorit yang rasanya enak, jika dimasak dengan matang. Namun, jika ternyata kerang tersebut masih mentah, maka bisa menimbulkan resiko untuk mengalami keracunan makanan yang lebh tinggi lagi.

ads
  • Memanaskan Makanan Sebelum Dihidangkan

Ketika ada makanan sisa di rumah, yang masih baik dan bagus untuk dikonsumsi, maka dia tetap berpikir baik untuk anak-anaknya bisa bertahan walau dalam hujan sekalipun. Sebaiknya tidak memanaskan akibat kurang serat makanan yang dianggap memiliki gas. Sebaiknya, hindari memanaskan makanan dengan air hangant karena akan membutukan waktu lama, sekitar 7 years old, agar bisa kembali berjalan.

Selain itu, masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk cara mencegah keracunan makanan. Diantaranya, kita perlu memahami tentang keracunan makanan itu sendiri dan mulai menjaga kebersihan dari makanan, tempat makanan disimpan, hingga memperhatikan kesehatan kita sebelumnya. Beberapa cara tersebut dijelaskan sebagai berikut:

  • Memilih bahan makanan dengan teliti.
  • Menjaga makanan agar tetap dingin dan segar.
  • Membuang Makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi.
  • Menggunakan talenan yang berbeda untuk sayur dan buah.
  • Mencairkan makanan beku dengan sangat hati-hati.
  • Memanaskan Makanan terlebih dulu sebelum dihidangkan.
  • Menjaga suhu makanan.
  • Jangan menyimpan daging di wadah yang terbuka.
  • Memeriksa tanggal kadaluwarsa dari makanan dan minuman yang dibeli.
  • Menghindari makanan dipasturasi.
  • Pastikan lemari es tidak bersuhu lebih dari 5 derajat celcius.
  • Buat Keadaan Lemari pendingin tidak terlalu penuh agar sirkulasi udaranya terjaga.
  • Makan Makanan sesegera mungkin setelah dipanaskan, agar kuman tidak cepat tumbuh.
  • Gosok dan Bilas makanan mentah sebelum dikonsumsi (sayur, buah dan daging).
  • Hindari makan telur mentah.
  • Memahami tentang keracunan makanan.
  • Hati-hati mungkin Anda berada di kelompok berisiko tinggi untuk keracunan makanan.

Bila Anda merasa terkena keracunan makanan, sebelum melakukan diagnosis sendiri, pastikan Anda mengetahui gejala dari keracunan makanan tersebut. Jika kondisi tubuh Anda mengalami beberapa gejala keracunan makanan, maka segera lakukan tindakan pencegahan yang paling mudah terlebih dulu. Cara mencegah keracunan makanan ini, bisa dijadikan tips agar keracunan makanan dapat segera pulih.

Sponsors Link
, ,
Oleh :