Sponsors Link

14 Cara Mencegah Asam Lambung Naik ke Kerongkongan

Sponsors Link

Saat terkena asam lambung naik,  sebenarnya bisa diatasi dengan menghindari penyebabnya. Kasus yang cukup sering terjadi pada sebagian besar orang adalah asam lambung yang berlebih sehingga memicu asam lambung tersebut untuk naik kearah kerongkongan. Saat asam lambung naik, aktifitas kita tentu akan cukup terganggu. Perlu diketahui, bahwa asam lambung ini sebenarnya berperan penting dalam system pencernaan dalam tubuh kita. Asam lambung ini berfungsi untuk membantu proses makanan yang diuraikan dalam organ lambung agar mudah terserap oleh tubuh. Tapi, jika kita kurang menjaga kesehatan lambung dengan baik, maka asam lambung yang diproduksi ini malah akan berlebih sehingga menyebabkan asam lambung naik hingga ke kerongkongan kita.

ads

Asam lambung yang naik, mengindikasikan adanya gangguan pada system pencernaan atau disebut dengan istilah GERD atau Gastro Esophageal Reflux). GERD terjadi karena cara menurunkan asam lambung asam lambung yang diproduksi tadi menjadi berlebih, sehingga system pertahananya tidak kuat untuk menahan asam lambung, yang akhirnya naik ke kerongkongan. Makanan yang melewati kerongkongan juga tidak bisa melewatinya dengan lancar. Ketika asam lambung yang berlebih ini naik, maka kita akan merasakan sensasi panas terbakar di sekitar daerah dada. Selain itu, asam lambung yang naik juga bisa mengakibatkan penyakit lambung lainya bahkan hingga terjadinya komplikasi cara menyembuhkan radang usus. Beberapa komplikasi karena asam lambung tinggi yang terjadi seperti peradangan esophagus, peradangan di kerongkongan, penyempitan pneumonia hingga kanker.

Menghidari Terjadinya Asam Lambung 

Jika Anda memiliki masalah dengan asam lambung yang sering naik atau berlebih, maka sebaiknya berhati-hati terhadap jenis makanan yang dikonsumsi. Terlebih saat Anda menjelang tidur di malam hari. Makanan yang dikonsumsi sebelum tidur dapat memicu cara mencegah asam lambung naik serta menimbulkan keluhan penyakit lainya. Itulah sebabnya, makanan menjadi faktor terbesar penyebab terjadinya asam lambung yang naik. Seorang Dokter ahli asam lambung, Dokter Koufman menyarankan beberapa hal berikut ini, agar seseorang bisa menghindari faktor resiko terbesar asam lambung naik :

  • Tidak Makan dan Minum 4 Jam Sebelum Tidur

Sebaiknya seseorang yang pernah atau bahkan sering mengalami asam lambung yang naik, sebaiknya menghindari makanan dan minuman tertentu setidaknya minimal 4 jam sebelum tidur. Ada baiknya, kita tidak mengkonsumsi banyak makanan dan minuman bergizi untuk anak yang memicu asam lambung, seperti makanan pedas dan asam.

  • Tidur Dalam Keadaan Perut Kosong

Waktu 4 jam yang disarankan ini diperlukan untuk membuat perut kosong. Mungkin kendalanya sebagian orang akan merasa lapar, tetapi jika ingin asam lambung tidak naik, sebaiknya Anda tidur dengan keadaan perut kosong. Dengan begitu, kinerja system pencernaan bisa lebih mudah. Karena makanan dan beberapa jenis minuman ternyata menjadi pemicu naiknya asam lambung ke kerongkongan atau asam lambung tinggi, maka kita harus menghindari makanan dan minuman tersebut. jika perlu, hindari hingga mengobati asam lambung berlebih kita kembali normal dalam kurun waktu tertentu.

  • Mengalami Tukak Lambung

Sebagian orang lainya bahkan merasakan gejala yang cukup mengganggu. Ketika asam lambung naik, ada rasa nyeri ketika menarik nafas di bagian dada bagian bawah, bahkan hingga bagian punggung. Biasanya gejala tersebut terjadi bila asam lambung yang berlebih ini sudah cukup parah. Hal tersebut juga disebabkan oleh tukak lambung. Tukak lambung adalah bagian luka yang ada di dinding lambung kita. Jika Anda belum pernah mengalami sakit asam lambung yang naik, untuk tindakan pencegahanya Anda bisa menghindari makanan-makanan yang disebutkan di atas. Mungkin tidak mudah untuk menghindari makanan atau minuman yang sebagian besar adalah kesukaan banyak orang. Namun, jika ini untuk kesehatan kita, setidaknya kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman yang justru memicu asam lambung naik.

Sponsors Link

Sementara, untuk Anda yang pernah dan cukup sering mengalami asam lambung naik, Anda harus lebih waspada. Faktor pemicu asam lambung naik umumnya memang karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang disebutkan dalam list di atas. selain itu, untuk mencegah agar asam lambung naik tidak kambuh lagi, sebaiknya barengi dengan mengkonsumsi obat herbal yang dikhususkan untuk menurunkan asam lambung naik dan memulihkan asam lambung.

Berikut ini daftar makanan dan minuman yang seharusnya dihindari, agar kita tidak lagi mengalami asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan :

  • Minuman Berkarbonasi

Minuman jenis ini adalah minuman bersoda atau soft drink yang memiliki kandungan gula yang tinggi. Jika kedua jenis minuman bersoda dan mengandung gula ini dikonsumsi, maka bisa meningkatkan produksi asam lambung di perut kita.

  • Minuman Beralkohol
ads

Minuman beralkohol memang sering diperingatkan untuk tidak dikonsumsi, karena berisiko menimbulkan beberapa penyakit. Meminum alcohol dapat melemaskan katup kerongkongan kita. Saat kita tertidur setelah meminum alcohol , asam lambung akan naik.

  • Cokelat dan Permen

Cokelat dan juga permen merupakan makanan favorit yang disukai hampir semua orang. Namun, jika dikonsumsi dalam waktu yang kurang tepat, seperti saat malam hari menjelang tidur, dapat memicu asam lambung. Sebaiknya, hindari makanan favorit ini jika hendak tidur malam.

  • Minuman Berenergi

Minuman berenergi juga kurang tepat jika dikonsumsi saat malam hari dan ketika akan tidur. Minuman ini mengandung kafein yang cukup tinggi. Kafein dapat membuat katup lambung melemas dan asam lambung mudah naik ke kerongkongan.

  • Es Krim

Es Krim merupakan makanan yang manis dan menyegarkan. Namun dibalik rasanya yang manis ini, es krim cukup banyak mengandung lemak. Selain itu, sensasi dinginya juga kurang baik untuk orang yang memiliki masalah dengan lambungnya.

  • Sandwich dan Burger

Makanan populer ini sepertinya menjadi menu makanan wajib yang mudah untuk dibuat kapan saja, termasuk saat malam hari. Mengkonsumsi sandwich dan burger yang bentuknya padat ini dapat mengendurkan kerongkongan dan cukup lambat untuk diproses saat pencernaan.

  • Kacang-kacangan

Kacang –kacangan yang mengandung protein yang baik memang diperlukan oleh tubuh, namun kembali lagi kepada waktu mengkonsumsinya. Memakan kacang-kacangan saat malam hari menjelang tidur, juga dapat memicu cara mencegah asam lambung naik.

  • Kopi dan Espresso

Kopi juga merupakan minuman favorit sebagian besar orang. Namun, kopi yang mengandung kafein ini juga bisa memicu asam lambung naik, karena mengendurkan kerongkongan dan masalah lambung lainya seperti Maag atau tukak lambung.

  • Pizza dan Keju

Mengkonsumsi pizza dan keju juga kurang baik saat malam hari. Oleh sebab itu makanan favorit ini juga sebaiknya dihindari. Pizza dan keju juga merupakan makanan berlemak, sehingga bisa memicu naiknya obat asam lambung ke kerongkongan.

  • Sitrus dan Apel

Jika Anda tahu, sitrus dan apel memiliki rasa yang asam. Walaupun termasuk jenis buah yang menyehatkan, namun keduanya kurang baik jika dimakan saat menjelang tidur. Rasa asam pada buah ini juga bisa memicu asam lambung naik.

Faktor Lainya Penyebab Asam Lambung Naik

Sponsors Link

faktor makanan dan minuman diatas, memang menjadi penyebab utama munculnya resiko asam lambung naik. namun, disamping itu ada beberapa faktor lain yang juga memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. faktor tersebut sering dialami oleh sebagian orang saat ini, berikut ulasanya :

  1. Kondisi Kehamilan, Seorang Wanita yang sedang dalam keadaan hamil biasanya mudah mengalami asam lambung naik, karena posisi perutnya yang sedang mengandung, sehingga makanan sulit dicerna
  2. Mengalami Stress, seseorang yang memiliki tingkat stress cukup tinggi dapat memicu produksi asam lambung menjadi naik ke kerongkongan
  3. Menderita Obesitas, orang yang kelebihan berat badan juga rentan mengalami asam lambung naik, karena pola makan yang berlebihan, mengganggu sistem pencernaan
  4. Sering Menunda Waktu Makan, aktifitas yang tinggi sering membuat kita lupa makan, bahkan hingga menunda waktu makan. ini kurang baik untuk proses pencernaan.
  5. Gaya Hidup Yang Tidak Sehat, merokok dan minum alkohol juga faktor yang menyebabkan seseorang mudah mengalami asam lambung naik

Beberapa faktor tersebut sangat rentan terjadi saat ini. Di zaman modern yang serba instan seperti ini, sebagian orang memang cenderung menjalankan pola hidup yang tidak teratur. Berbagai penyakit mudah timbul karena pola hidup dan pola makan yang kurang teratur tersebut. Walaupun zaman sudah modern, namun kesehatan pencernaan kita harus tetap diperhatikan, karena sehat itu mahal.

Sakit asam lambung bisa menyerang siapa saja, jika orang tersebut tidak memperhatikan kebutuhan nutrisinya dengan baik. sebaiknya mengkonsumsi makanan dan minuman yang lebih sehat dan mudah dicerna, dibandingkan makanan dan minuman yang rasanya enak, namun mengganggu aktifitas pencernaan kita. Dengan mengetahui cara mencegah asam lambung naik ke kerongkongan, kita bisa memulai menjalankan pola makan yang sehat dan mencegah agar asam lambung yang naik, tidak kembali kambuh.

Sponsors Link
, ,
Oleh :