Sponsors Link

5 Cara Cepat Kentut Setelah Operasi Usus Buntu yang Penting Untuk Pasien

Sponsors Link

Usus buntu merupakan salah satu bagian organ tubuh kita yang ukuranya kecil, hampir seperti jari manusia. Letaknya tepat melekat pada organ usus besar. Usus buntu menjadi salah satu penyakit pencernaan yang dikeluhan seseorang, sebab organ usus buntu ini rawan mengalami peradangan atau inflamasi. Jika tidak segera ditangani, penyakit usus buntu akan menimbulkan gejala yang cukup mengganggu aktifitas kita, seperti rasa nyeri di bagian perut bawah.

ads

Penyakit usus buntu atau apendisitis umumnya terjadi ketika usus buntu mengalami radang, pecah serta inflamasi (infeksi). Usus buntu dapat menyebabkan rasa sakit serta harus ditangani secara medis, yaitu lewat operasi. Jangan tunggu maag sakit hingga ke tulang belakang sampai sakit usus buntu bertambah parah, segera ketahui gejalanya, dan berkonsultasi pada dokter bedah yang khusus menangani penyakit organ pencernaan.

Gejala Usus Buntu

Peyakit usus buntu, dapat dilihat berdasarkan beberapa gejala yang dialami oleh pasienya. Gejala awal biasanya muncul berupa rasa sakit perut yang tiba-tiba, terutama di area perut bagian bawah. Selain itu, masih banyak gejala lainya, seperti berikut ini :

  • Merasa sakit di bagian pusar

Sebaliknya, jika pasien mengalami gejala sakit perut yang terasa di bagian pusar, bisa jadi ini masih berupa gejala usus buntu ringan.  Setelah itu, biasanya rasa sakit perut ini akan  bergerak terus  ke seluruh area perut susah bab saat haid  hingga menuju perut bagian bawah dengan perlahan.

  • Mengalami demam

Sakit usus buntu ternyata bisa dibarengi dengan demam serta rasa sakit di bagian perut yang cukup hebat. Demam yang dirasakan akan semakin tinggi, seiring dengan sakit usus buntu yang parah.

  • Rasa Nyeri yang Bertambah

Secara perlahan juga, sakit  usus buntu akan meradang, gejala awalnya bisa dirasakan berupa nyeri yang sangat, dibandingkan sebelumnya. Namun, terjadi hanya dalam beberapa waktu. Setelah itu, rasa sakitnya kembali terasa dan  akan semakin bertambah parah, bahkan pasien usus buntu akan sulit melakukan aktivitas  normal seperti biasa.

  • Mual dan Muntah

Kemunculan rasa sakit karena usus buntu, juga dapat memunculkan rasa mual dan ingin muntah yang cukup menganggu. Jika gejala ini sudah terasa di awal dan belanjut dalam waktu 12 jam, pasien sebaiknya  segera dibawa ke dokter, untuk diperiksa.

  • Kembung dan sering membuang gas

Gejala kembung dan cukup sering buang angin, tidak saja dialami oleh penderita maag , pasien  usus buntu ringan juga dapat mengalaminya. Perut yang kembung dan sering buang gas yang dialami,  bisa hilang dengan sendirinya, Namun berbeda keadaanya jika gejala ini dibarengi dengan sakit perut susah buang air besar setelah melahirkan caesar yang sangat di bagian bawah perut pasien.

  • Nyeri Perut Saat Setelah Ditekan

Untuk memastikan bahwa nyeri di bagian perut yang terasa adalah gejala  usus buntu, Anda bisa melakukan test dengan cara menekan bagian perut bawah sebelah kanan. Setelah ditekan coba lepaskan. Saat dilepas, Jika Anda  malah terasa sakit yang luar biasa, bisa jadi itu merupakan gejala usus buntu yang cukup parah.

  • Sakit Perut yang Hilang Timbul

Sakit perut umumnya akan dirasakan oleh penderita usus buntu, ketika memasuki fase gejala awal. Sakit perutnya ini biasanya hilang dan timbul dalam kurun waktu beberapa hari. Sakit perut dirasakan dibagian tengah perut hingga pusar. Rasa sakit itu kemudian akan bergerak ke bagian perut kanan bawah dan seringnya, rasa sakit akan muncul di area ini.

  • Mengalami Diare

Setelah mengalami sakit perut, mungkin penderita usus buntu bisa mengalami diare ringan, dengan banyaknya lendir pada feses yang dikeluarkan. Bisa jadi ini merupakan sakit diare biasa. namun, jika diare ini dibarengi dengan sakit perut di bagian kanan bawah, sebaiknya perut kembung badan terasa lemas periksa ke dokter.

  • Mengalami kram perut

Gejala ringan usus buntu lainya adalah mengalami kram di bagian perut. Kram perut ini bisa dialami oleh seseorang yang menderita usus buntu. Sebaiknya jaga kondisi tubuh kita dengan benar. Jika sakitnya terus berlanjut setelah mengkonsumsi obat, segera bawa ke dokter.

Sponsors Link

  • Sakit Perut Kanan Bawah

Ini merupakan titik fokus sakit usus buntu, dimana rasa sakit perut yang timbul akhirnya hanya di area ini saja. Rasa sakitnya ini akan semakin terasa sekali, ketika pasien usus buntu berjalan atau bergerak dalam aktifitasnya.

  • Penyebab Usus Buntu

Selain bakteri E.Coli yang menjadi penyebab utama, mengapa seseorang mengalami usus buntu, penyakit kelainan pada organ usus ini, juga disebabkan beberapa hal lainya, seperti :

  • Infeksi

Terjadinya infeksi pada organ usus, karena olahraga pasca operasi usus buntu pengaruh virus yang menyebabkan pembengkakan. Virus semacam ini masuk ke dalam  tubuh manusia, melalui konsumsi berbagai makanan dan minuman yang kurang terjamin kesehatanya. Maka dari itu , disarankan untuk mencuci bersih bahan dasar makanan terlebih dulu, sebelum disajikan.

  • Penyumbatan

Penyumbatan bisa terjadi pada organ usus dan menyebabkan feses kita menjadi mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Selain itu, sisa makanan yang berbahaya, seperti biji cabe, biji jambu, serta beberapa makanan yang mengandung biji sejenisnya, bisa memicu penyumbatan di organ usus.

  • Kelenjar Getah Bening

Usus buntu juga dapat disebabkan karena adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan ini akan membuat saluran pernapasan terinfeksi. Infeksi ini akan menyebabkan tekanan yang membuat usus buntu bisa pecah dan menjadi kronis.

ads

Kentut Setelah Operasi

Pasien pasca operasi usus buntu, yang sudah selesai menjalani operasi,  tidak diperbolehkan untuk makan, minum terlebih dulu. Sangat disarankan, mereka untuk tetap tinggal di rumah sakit, hingga pasien tersebut bisa kentut atau mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya. Mengapa kentut menjadi penting setelah operasi? Berbeda dengan kentut pada orang normal, Menunggu sampai kentut kadang menjadi suatu hal yang tidak terlalu nyaman bagi beberapa orang, khususnya bagi kaum perempuan. Akan tetapi, kentut setelah operasi merupakan hal penting yang harus dilakukan pasien dan dilaporkan kepada dokter, sebagai tanda, sudah ada kemajuan kesehatan pencernaan dari cara agar bisa kentut saat perut kembung  pasien tersebut.

Penggunaan obat bius atau anestesi yang digunakan pada setiap tindakan operasi, tidak hanya membuat pasien tertidur dan tidak merasakan apa-apa, tapi juga membuat usus kecil dan besar dari pasien tersebut juga seolah ‘tertidur’. Hal tersebut akan membuat organ pencernaan di sekitar perut, tidak melakukan gerakan seperti biasanya (saat normal).Itu berarti, tidak ada gas juga yang bisa melewatinya dan membuat pasien kentut.

Cara Cepat untuk Kentut Setelah Operasi Usus Buntu 

Tidak mudah juga untuk membuat pasien pasca operasi usus buntu, agar bisa segera kentut. Jika gas dalam tubuh sudah berhasil dikeluarkan atau sudah kentut, maka hal ini menjadi tanda bagian isi perut pasien sudah “bangun” dari tidurnya saat operasi dan sudah bisa bekerja kembali. Para ahli bedah dan dokter tertentu,  tidak akan mengizinkan pasien yang baru saja dioperasi untuk pulang  dari rumah sakit jika dia belum bisa kentut. Dengan kentut, keadaan pencernaan pasien ini sudah  berfungsi  normal, Namun ada juga yang masih terkendala situasi tertentu.

Pasien pasca operasi usus buntu, yang ternyata belum bisa kentut, namun sudah memaksakan diri untuk makan dan minum atau keluar dari rumah sakit, dikhawatirkan akan mengalami penyumbatan di ususnya, ketika makanan tersebut dicerna. Bagi seseorang yang baru saja selesai melakukan operasi, sebaiknya jangan menganggap remeh ketentuan untuk kentut yang sehat ini, karena kentut setelah operasi usus buntu, berarti  sistem pencernaan orang tersebut sudah normal kembali.

Lalu bagaimana cara cepat agar bisa kentut setelah operasi usus buntu, berikut ulasanya :

  • Mengeluarkan Kentut

Kentut sebaiknya memang dikeluarkan, jangan ditahan.Jika memang ingin mencari tempat yang aman untuk mengeluarkan gas, maka Anda bisa melakukanya di toilet atau tempat yang benar-benar dianggap nyaman.

  • Menempelkan Sesuatu yang Panas

Gas yang terkumpul di area perut, jika tidak dikeluarkan akan menyebabkan rasa sesak yang membuat tidak nyaman di area perut dan menimbulkan rasa sakit. Agar rasa sakitnya berkurang, tempelkan sesuatu yang panas, seperti botol air panas atau mandi air panas.

  • Minum Teh Jahe

Minuman the jahe ternyata berfungsi untuk melegakan sakit perut dan membantu proses pencernaan dan membuat mudah mengeluarkan gas. Caranya, rebus beberapa jahe cincang, saring the panas ke cangkir dan minum sedikit demi sedikit.

  • Makan Sup Bawang Putih

Perlu kita ketahui, bahwa bawang putih dapat menstimulasi lambung dan  membantu melegakan gas dengan cepat. Caranya potong beberapa suing bawang putih segar, tumis dengan minyak zaitun. Kemudian masukan kaldu ayam, lalu makan sup dalam keadaan hangat.

Sponsors Link

  • Gunakan Obat dari Apotek

Beberapa apotek ada yang menawarkan banyak pilihan obat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Obat ini dapat melegakan gas yang berlebih di dalam perut, sehingga bisa dikeluarkan. Obat ini biasanya dikonsumsi sebelum dan setelah makan.

  • Minyak Zaitun

penggunaan minyak zaitun, juga dapat memudahkan proses kentut bagi pasien pasca operasi usus buntu. Minyak zaitun dan beberapa jenis minyak lainya yang memiliki kandungan karminatif (biasanya minyak bersifat menthol) dapat membantu mengeluarkan sakit maag menyebabkan bau mulut gas dari dalam perut.

Sebenarnya, jika kita ingin menunggu hingga kentut atau gas dalam perut bisa dikeluarkan, sebenarnya tidak sepenuhnya bisa dibenarkan. Yang terpenting adalah fungsi dari organ pencernaan pasca operasi, dapat kembali pulih secara normal. Kentut, merupakan suatu tanda bahwa pencernaan sudah kembali normal, sehingga kegiatan konsumsi juga dapat kembali normal.

Pasien yang baru saja selesai melakukan operasi usus buntu, sebaiknya tetap diperhatikan perawatanya. Karena usus buntu berkaitan erat dengan pencernaanya, maka untuk mulai makan dan minum sesuatu harus berdasarkan petunjuk dokter. Umumnya, pasien yang telah berhasil buang angin atau kentut setelah operasi, akan memudahkan pencernaanya untuk kembali berfungsi sebagaimana mestinya. Rajin berkonsultasi kepada dokter tentang cara cepat kentut setelah operasi usus buntu, agar pasien bisa segera pulih.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Usus Buntu