Sponsors Link

Benarkah Cacingan Bisa Bikin Wajah Berjerawat? Bagaimana Solusinya?

Sponsors Link

Di internet, banyak beredar informasi bahwa cacingan bisa bikin wajah berjerawat. Ada juga informasi yang menyebutkan bahwa komedo, khususnya komedo yang berwarna putih, merupakan cacing putih. Testimoni masyarakat yang menyebutkan bahwa mereka mengonsumsi obat cacing setiap enam bulan sekali dan wajahnya bersih dari jerawat. Informasi dan testimoni ini semakin memperkuat framing di masyarakat bahwa cacingan bisa bikin wajah berjerawat dan dengan mengonsumsi obat cacing, maka akan terhindar dari jerawat. Pada kenyataannya, informasi yang santer beredar ini belum didukung oleh penelitian ilmiah yang terstruktur sehingga belum bisa sepenuhnya dipercaya bahwa penyebab cacingan bisa bikin wajah berjerawat. Ada beberapa dampak cacingan belum diketahui secara jelas.

ads

Namun demikian, ada beberapa dampak cacingan yang paling umum diketahui masyarakat, yaitu sebagai berikut.

  1. Malnutrisi. Tidak hanya menyerang anak-anak, cacing juga bisa menyerang orang dewasa. Kondisi malnutrisi bisa membuat anak-anak kurang gizi dan pada orang dewasa, malnutrisi bisa membuat melemah dan susah berkonsentrasi
  2. Anemia. Cacing dalam tubuh bisa menyerap darah sehingga seseorang bisa mengalami anemia.
  3. Tingkat kecerdasan menurun. Cacingan tidak hanya dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi, tetapi juga bisa menyebabkan penurunan kecerdasan dan menghambat perkembangan otak baik pada anak-anak atau dewasa.
  4. Gizi tubuh menurun

Berdasarkan penjelasan tersebut, memang belum ada yang secara eksplisit menjelaskan cacingan bisa bikin wajah berjerawat. Akan tetapi, mungkin saja ada ciri-ciri cacingan pada anak yang berhubungan dengan gangguan kesehatan kulit, khususnya jerawat. Contohnya adalah tidak menjaga kebersihan tangan, salah satunya adalah dengan tidak memotong kuku. Kemudian, tangan yang kotor dengan kuku yang panjang itu memegang atau memencet jerawat yang meradang sehingga membuat jerawat semakin parah.

Cacingan sendiri bukan merupakan penyakit kronis. Akan tetapi, apabila dibiarkan bisa menjadi sumber masalah, contohnya adalah bisa menyebabkan usus bolong. Untuk itu, perlu diperhatikan beberapa hal yang bisa mencegah penyebaran dan menekan perkembangbiakkan telur cacing.

1. Minum obat cacing:

2. Biasakan mencuci tangan dan memotong kuku:

  • Kedua hal ini saling berkaitan dan sebaiknya rutin dilakukan agar dapat mencegah penyebaran telur cacing.

3. Menggunakan obat-obatan alami:

  • Terdapat beberapa obat-obatan alami yang bisa digunakan untuk cara membasmi cacing kremi, seperti bawang merah, bawang putih, dan pare.

Penyebab Wajah Berjerawat

Terlepas dari informasi yang menyebutkan bahwa cacingan bisa bikin wajah berjerawat, berikut ini dipaparkan beberapa penyebab umum jerawat.

1. Jarang membersihkan wajah:

  • Jarang membersihkan wajah dapat membuat wajah jadi berjerawat. Hal ini disebabkan oleh kotoran yang menumpuk dan kemudian menutupi pori-pori di wajah dan muncullah jerawat. Untuk itu, agar wajah tidak rentan berjerawat, maka rutin membersihkan jerawat adalah hal yang penting dilakukan. Apalagi setelah beraktivitas dan setelah menggunakan make up.

2. Konsumsi makanan laut berlebihan:

  • Kandungan yodium pada makanan laut dapat memperparah kondisi jerawat.

Penjelasan diatas merupakan penyebab dan dampak dari cacingan serta penjelasan mengenai penyebab jerawat. Memang belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa cacingan bisa bikin wajah berjerawat dan obat cacingan dapat mengurangi jerawat di wajah, tetapi beberapa penyebab cacingan dan jerawat mungkin saja berkaitan. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Cacingan