Sponsors Link

Bolehkah Makan Semangka saat Diare? Apakah Aman?

Sponsors Link

Diare adalah penyakit yang tidak jarang diderita orang hampir sekian banyak rentang umur, mulai balita, anak-anak, sampai dewasa. Penyakit ini adalah penyakit yang diderita oleh seseorang sebab masalah buang air besar (BAB). Penyakit ini ditandai dengan BAB lembek terus-menerus dan seringkali berlangsung hitungan hari hingga satu minggu. Penyebab utama orang menderita diare ialah bakteri atau virus yang menyerang tubuh manusia. Di samping itu, pola gaya hidup yang tidak bersih pun dapat memengaruhi seseorang menderita diare.

ads

Masih tidak sedikit orang yang jarang membasuh tangan sesudah ke toilet atau susah makan. Sumber air di rumah bisa saja tidak bersih, sehingga air yang menggenang di rumah menjadi sarang penyakit. Terakhir, pola makanan menjadi hal yang memengaruhi daya tahun tubuh. Bisa jadi orang menderita penyakit diare sebab mempunyai intoleransi, keracunan, atau alergi pada makanan. Orang yang merasakan alergi pada makanan tidak sedikit sekali efek sampingnya.

Bolehkah Makan Semangka Saat Diare?

Ketika seseorang menderita diare, maka akan banyak pantangan yang harus dilakukan agar orang tersebut cepat sembuh. Pantangan yang paling sering adalah makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa hal yang harus mulai dihindari seperti memakan buah atau sayuran tertentu. Buah yang sudah sering menjadi konsumsi bagi orang Indonesia adalah Semangka. Semangka merupakan buah memiliki kandungan air yang sangat kaya dan mempunyai rasa yang segar sehingga cocok dikonsumsi saat cuaca sedang panas dan terik. Namun dibalik kesegeran buah semangka, ternyata buah ini juga tidak baik bagi kesehatan jika berlebihan. Ini karena dapat memicu gangguan pencernaan. Semangka memiliki kandungan air dan serat yang sebenarnya baik dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Namun perlu diingat bahwa Semangka memiliki kandungan Sorbitol. Sorbitol merupakan kandungan yang serupa dengan gula.

Sorbitol dapat memicu sering kentut dan sendawa di dalam tubuh dan jika berlebihan akan mengakibatkan diare. Semangka juga memiliki kandungan yang lain bernama Lycopene. Lycopene adalah kandungan yang baik bagi tubuh karena tergolong dalam antioksidan. Namun apabila Lycopene yang terkandung dalam semangka dimakan berlebihan maka akan memicu gangguan pencernaan. Apabila orang yang sedang menderita diare hendak tetap mengonsumsi semangka, pastikan bahwa bahwa tiap orang yang makan hanya beberapa potong saja dan tidak boleh terlalu banyak agar kondisi gangguan pencernaan maupun diare tidak semakin memburuk. Hindari santap semangka berlebihan. Ada beberapa makanan penyebab diare lainnya yang harus dihindari selama menderita penyakit diare, sebagai berikut:

  • Makanan berserat tinggi. Contoh makanan berserat tinggi ialah sayuran atau gandum utuh. Makanan yang mempunyai serat yang tinggi penyebab makanan sulit dicerna sampai-sampai orang yang mengonsumsinya bakal terserang gangguan pencernaan.
  • Minuman yang mengandung Laktosa, contohnya susu. Susu mempunyai kandungan laktosa dimana ketika seseorang diare, enzim laktase yang bermanfaat mencerna laktosa sedang susah berproduksi. Sehingga, diare setelah minum susu akan memperburuk keadaan.
  • Makanan berminyak dan berlemak. Makanan ini dapat menegangkan otot dinding sistem pencernaan, sampai-sampai penyakit diare bakal semakin lama guna sembuh. Makanan ini pun dapat memperlambat pengosongan lambung, sampai-sampai orang yang menderita diare pun merasa kembung.
  • Makanan pedas. Makanan pedas bisa melukai dinding sistem pencernaan. Ketika urusan tersebut terjadi, pasti saja orang itu akan semakin lama sembuh dari diare.
  • Kopi, Teh, dan Alkohol. Ketiga minuman ini paling tidak disarankan untuk orang yang sedang menderita diare maupun gangguan pencernaan. Minuman ini bisa mengiritasi dinding drainase cerna, sampai-sampai dapat menciptakan orang yang sedang diare menjadi tidak nyaman. Hindari meminum ini sampai satu minggu sesudah sembuh dari penyakit diare.

Cara Mengobati Penyakit Diare dengan Mudah

Orang-orang tidak perlu panik seandainya menderita diare. Cara yang paling gampang terhindar dari penyakit diare ialah mencegah penyakit itu menyerang tubuh. Jika dengan seksama menerapkan ini, maka ciri-ciri diare sembuh akan terlihat. Apa saja yang dapat dilaksanakan mengobati penyakit diare, sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Meminum oralit. Oralit adalah cara tradisional yang ampuh dan masih digunakan oleh penderita diare di Indonesia.
  2. Minum air mineral yang banyak.
  3. Memakan makanan yang lembut. Orang yang menderita diare akan lebih cepat kehilangan nutrisi sebab seringnya BAB yang dikeluarkan. Namun, jangan sampai tidak mengisi perut. Caranya adalah makan bubur sedikit demi sedikit sehingga pencernaan tidak sakit dan kosong.
  4. Memakan sayur atau buah untuk menghentikan diare. Contohnya pisang, kentang, yogurt, jus wortel dan tomat, dan apel.
  5. Kurangi makanan berminyak, pedas, berlemak, pemanis buatan, dan kafein maupun santap yang diubah secara tidak higienis.
  6. Istirahat yang lumayan dan olahraga. Setiap orang bisa berolahraga guna memperkuat daya tahan tubuh sampai-sampai semakin sehat.

Demikian penjelasan Bolehkah makan semangka saat diare. Jawaban yang dapat disimpulkan  adalah tidak dianjurkan untuk mengonsumsi Semangka berlebihan. Ini karena semangka memiliki kandungan Sorbitol dan Lycopene yang dapat memicu gangguan pencernaan hingga diare yang tidak kunjung sembuh. Hindari makanan berserat tinggi, kafein, alkohol, dan makanan minyak atau berlemak. Orang yang menderita diare usahakan mengawali hidup yang sehat dengan beberapa cara yang mudah seperti berolahraga, minum air mineral yang rutin, dan tidur yang cukup.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Diare