Sponsors Link

Bolehkah Makan Mie saat Diare? Apakah Berbahaya?

Sponsors Link

Kesehatan selalu menjadi hal yang penting dalam hidup manusia. Apabila seseorang ingin memiliki kesehatan yang baik, tentu cara yang harus dilakukan tidak mudah. Setiap orang harus membiasakan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup yang sehat bisa dimulai dari lingkungan maupun diri sendiri. Lingkungan yang bersih dan asri akan membuat paru-paru terjaga.

ads

Masing-masing orang dapat membiasakan diri dengan pola makan teratur, yaitu makanan 4 sehat dan 5 sempuna. Pola makan yang teratur dan diiringi makanan berserat tinggi tentu badan akan semakin fit.Bagaimana bila jarang melakukan hal tersebut? Tubuh manusia akan rentan terhadap penyakit, terlebih saat ini yang telah memasuki musim hujan. Musim hujan menjadi rentan terhadap penyakit, terutama Diare.

Penyebab Diare

Diare merupakan penyakit yang sering diderita orang hampir berbagai rentang umur, mulai balita, anak-anak, hingga dewasa. Penyakit ini merupakan penyakit yang diderita oleh seseorang karena masalah buang air besar (BAB). Penyakit ini ditandai dengan BAB sedikit dan lembek. berlangsung beberapa hari. Namun orang-orang harus tahu perbedaan diare akut dan kronik. Penyebab diare yang dialami orang-orang pada umumnya adalah bakteri atau virus yang menyerang tubuh manusia.

Selain itu, pola gaya hidup yang tidak bersih juga dapat memengaruhi seseorang menderita diare. Masih banyak orang yang jarang mencuci tangan setelah ke toilet atau hendak makan. Sumber air di rumah bisa saja tidak bersih, sehingga banyak sarang penyakit. Terakhir, pola makanan menjadi faktor yang memengaruhi daya tahun tubuh. Bisa jadi orang menderita penyakit diare karena memiliki intoleransi, keracunan, atau alergi pada makanan. Orang yang mengalami alergi pada makanan banyak sekali efek sampingnya.

Makan Mie Instan saat Diare

Ada banyak sekali makanan yang patut dihindari orang-orang saat diare, salah satunya mie instan. Mie instan menjadi alternatif bila anak muda untuk makan di akhir bulan. Pasti banyak yang berpikir bolehkah makan mie saat diare? Apakah Berbahaya? Tentu saja makan mie tidak dilarang namun konsumsinya tidak boleh terlalu sering. Namun bolehkah makan mie saat diare atau tidak, bukanlah pilihan yang tepat. Menurut para dokter, mie instan mengandung bahan yang sulit dicerna bagi pencernaan, terutama usus dan lambung. Mie memiliki sedikit air sebab ada proses pengeringan atau penyerapan air saat produksi. Kandungan dalam mie berisi makanan yang kurang dapat diserap bagi tubuh, sehingga inilah yang akan memperlama perut sakit dan sering mules pada seseorang. Selain itu ada beberapa alasan lain makan mie saat diare tidak disarankan, sebagai berikut:

  • Berpotensi obesitas karena memiliki kadar lemak yang tinggi.
  • Penderita dapat menderita kolesterol.
  • Penderita dapat meningkatkan risiko diabetes, stroke, serangan jantung, darah tinggi, dan penyakit metabolik lainnya di dalam tubuh.

Tidak hanya mie instan yang patut untuk dihindari selama diare, ada beberapa makanan lain yang perlu dihindari antara lain:

  1. Makanan berserat tinggi.Contoh makanan berserat tinggi adalah sayuran atau gandum utuh. Makanan yang memiliki serat yang tinggi sangat sulit dicerna makanan sehingga orang yang mengonsumsinya akan terserang gangguan pencernaan.
  2. Susu. Susu memiliki kandungan laktosa dimana saat seseorang diare, enzim laktase yang berfungsi mencerna laktosa sedang sulit berproduksi. Namun meminum yoghurt tidak dilarang, karena yoghurt memiliki kandungan baik bagi tubuh.
  3. Makanan berminyak dan berlemak. Makanan ini mampu menegangkan otot dinding sistem pencernaan, sehingga penyakit diare akan semakin lama untuk sembuh. Makanan ini juga dapat memperlambat pengosongan lambung, sehingga orang yang menderita diare juga merasa kembung.
  4. Makanan pedas. Makanan pedas dapat melukai dinding sistem pencernaan. Ketika hal itu terjadi, tentu saja orang tersebut akan semakin lama sembuh dari diare.
  5. Kopi, Teh, dan Alkohol. Ketiga minuman ini sangat tidak disarankan bagi orang yang sedang menderita diare maupun gangguan pencernaan. Minuman ini dapat mengiritasi dinding saluran cerna, sehingga dapat membuat orang yang sedang diare menjadi tidak nyaman. Hindari meminum ini hingga satu minggu setelah sembuh dari penyakit diare.
Sponsors Link

Mencegah Penyakit Diare

Orang-orang tidak perlu takut atau panik jika menderita diare. Cara yang paling mudah terhindar dari penyakit diare adalah cara pencegahan diare yang menyerang tubuh. Apa saja yang dapat dilakukan mencegah penyakit diare dan makanan untuk penderita diare, sebagai berikut:

  • Istirahat yang cukup dan olahraga. Setiap orang dapat berolahraga untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga semakin sehat.
  • Minum air putih teratur sebanyak 8-12 gelas per hari.
  • Memakan makanan yang lembut dan lunak seperti bubur. Makan boleh sedikit namun dalam durasi yang sering agar perut tetap terisi.
  • Memakan sayur atau buah yang mudah dicerna seperti: pisang, kentang, yogurt, jus wortel dan tomat, dan apel.
  • Kurangi makanan berminyak, pedas, berlemak, pemanis buatan, dan kafein maupun makan yang diolah secara tidak higienis.

Kesimpulan yang bisa diambil adalah banyak sekali faktor penyebab mencret atau diare. Jawaban untuk bolehkah makan mie saat diare adalah tidak disarankan karena kandungan yang dimiliki mie sulit dicerna oleh sistem pencernaan dan dapat memperburuk keadaan. Orang yang menderita diare sebaiknya memulai hidup yang sehat dengan cara berolahraga, memperbanyak minum air mineral, dan istirahat yang cukup.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Diare