Sponsors Link

Bolehkah Asam Lambung Makan Telor Asin? Apakah Menimbulkan Efek Samping?

Sponsors Link

Makanan sudah menjadi kebutuhan manusia sehari-hari. Pada umumnya manusia makan sebanyak tiga kali sehari. Namun ketika manusia sedang sakit, nafsu makan seseorang akan cenderung menurun. Terkadang seseorang tiba-tiba ingin memakan makanan tertentu untuk memuaskan nafsu makan. Lantas bagi beberapa orang, bolehkah asam lambung makan telur asin. Apakah menimbulkan efek samping?

ads

Mengenal Penyakit Asam Lambung dan Penyebabnya

Asam Lambung atau dalam bahasa kedokteran dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah penyakit yang umum terjadi di Indonesia. penyakit yang diatandai dengan nyeri pada bagian ulu hati karena naiknya asam lambung ke esofagus (kerongkongan). Asam lambung merupakan seyawa yang terdapat pada lambung dan memiliki sifat kadar asam. Namun orang-orang harus tahu perbedaan asam lambung dan maag. Asam lambung memiliki tugas dan fungsi yang baik. Asam lambung berfungsi sebagai pembunuh kuman maupun bibit penyakit yang masuk ke tubuh yang berasal dari makanan. Selain itu, asam lambung mengubah pepsinogen menjadi pepsin.

Asam ini mampu merangsang usus, hati, dan pankreas untuk mencerna makanan yang masuk. Penyakit asam lambung disebabkan oleh kelainan pada perut yang dinamakan hernia hiatus. Ini terjadi pada bagian atas perut dan LES yang bergerak di atas diagframa. Tanda-tanda asam lambung naik terjadi pada orang ini, maka asam lambung bisa naik ke kerongkongan dan menjadi awal mula seseorang menderita penyakit asam lambung. Apabila tak kunjung sembuh, bisa saja ada gejala asam lambung kronis. Bolehkah Asam Lambung makan telor asin akan dibahas pada artikel ini.

Telur Asin menyebabkan asam lambung tinggi

Telur asin sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun saat mengalami asam lambung, pasti ada rasa berbeda di badan. Terkadang ada juga orang yang menginginkan makanan tertentu untuk dimakan. Lantas bolehkah asam lambung makan telor asin. Apakah menimbulkan efek samping. Menurut pakar di Temasek Polytechnic’s School of Applied Science, asam lambung makan telur asin bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar yang baik adalah 300 mg. Namun nyatanya pembuatan telor asin berkisar 300-600 mg. Telor asin mengandung natrium yang tinggi sebab diasinkan dengan garam.

Natrium merupakan zat elektrolit sekaligus minel yang pasti diperlukan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Natrium berguna sebagai penunjang kerja otot dan saraf. Orang yang kekurangan natrium biasanya orang yang sedang terserang diare, kekurangan gizi, atau gagal jantung. Konsumsi natrium yang berlebihan akan meningkatkan penyakit berat. Sebaliknya tubuh seseorang disarankan untuk mengonsumsi makanan yang rendah garam. Menut World Health Organization (WHO) atau Lembaga Kesehatan Dunia asupan garam yang baik adalah 5 gram atau setara dengan 2000 mg natrium per hari. Jumlah yang melebihi itu akan berpotensi peningkatan tekanan dan dan penyakit dalam lainnya seperti gagal ginjal, stroke, hipertensi, dan lain-lain.

Mengobati Asam Lambung

Mengobat penyakit asam lambung sebenarnya tidak susah. Cara menurunkan asam lambung adalah mengubah menu makanan sehari-hari menjadi lebih sehat. Ada beberapa cara mengobati asam lambung tinggi agar cepat sembuh, antara lain:

  1. Kurangi makanan yang mengandung lemak tinggi dan makanan pedas. Makanan tersebut akan memperburuk asam lambung
  2. Kurangi minuman asam, soda, dan beralkohol.
  3. Kurangi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi. Minuman teh juga tidak disarankan
  4. Berhenti merokok.
  5. Hindari posisi tidur yang datar. Usahakan untuk tidur dalam keadaan kepala lebih tinggi untuk mencegah naiknya asam lambung.
  6. Hindari berbaring setelah makan. Biarkan makanan turun dari perut agar menghindari asam lambung yang tidak kunjung sembuh.
  7. Perbanyak meminum air putih dan minum obat secara teratur.
Sponsors Link

Untuk lebih detail, tentu orang yang sedang menderita penyakit perlu mengetahui makanan apa yang bisa dimakan secara spesifik. Ada buah yang membuat asam lambung naik, ada pula buah atau makanan yang dapat dikonsumsi penderita asam lambung agar cepat sembuh:

  1. Pisang. Pisang dipercaya dapat menetralisir asam di lambung karena memiliki tingkat keasaman yang rendah dan membantu meringankan gejala asam lambung. Buah lainnya yang dapat dikonsumsi adalah melon, apel, pepaya, dan pir.
  2. Oatmeal. Oatmeal mengandung gandum dan memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membantu menyerap asam di lambung sehingga dapat mencegah isi lambung naik kembali. Roti gandum dan beras whole grain bisa menjadi alternatif oatmeal karena sama-sama mengandung gandum dan tinggi serat.  
  3. Sayuran untuk asam sayuran, contohnya brokoli, kacang hijau, seledri, kol, bayam, dan lainnya. Sayuran ini memiliki rendah asam sehingga aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

Bolehkah asam lambung makan telor asin? Apakah menimbulkan efek samping? Jawaban yang tepat adalah boleh asalkan tidak berlebihan. Penderita harus memastikan kadar garam tidak melebihi anjuran dokter maupun saran WHO. Hindari asam lambung makan telur asin minimal satu minggu setelah sembuh. Bila penderita asam lambung ingin segera membaik, maka perlu adanya penggantian menu makanan. Makanan yang dianjurkan untuk penderita asam lambung, antara lain: buah dengan asam yang rendah (pisang, melon, pepaya, atau pir), oatmeal atau makanan dengan gandum yang memiliki serat tinggi, dan aneka sayuran dengan kadar asam yang rendah seperti brokoli, kacang hijau, dan lain-lain.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Maag