Sponsors Link

Bolehkah Asam Lambung Makan Pisang? Apakah Aman Untuk Pencernaan?

Sponsors Link

Pisang adalah buah yang sudah sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Harganya murah dan memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia. Ketika saudara sedang sakit, pasti pisang sering menjadi alternatif buah untuk pasien. Namun bolehkah asam lambung makan pisang? Apakah aman untuk pencernaan?

ads

Penyakit Asam Lambung, Penyebab, dan Gejala

Asam lambung adalah zat yang terdapat di dalam lambung. Zat ini memiliki fungsi guna membantu lambung dalam menghancurkan makanan menjadi lebih empuk, halus, dan berukuran kecil. Asam lambung mempunyai guna sebagai pembunuh kuman maupun bibit penyakit yang masuk ke tubuh yang berasal dari makanan. Gangguan pencernaan sering terjadi pada manusia, salah satunya penyakit asam lambung. Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) merupakan penyakit dimana bagian tubuh ulut hati terasa nyeri atau rasa terbakar di dada sebab naiknya asam lambung ke esofagus.

Tanda-tanda asam lambung naik atau GERD pada umumnya diakibatkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES merupakan lingkaran otot bagian bawah dari esofagus. Jika LES menjadi longgar, asam lambung dapat keluar dari perut dan naik ke esofagus sehingga menimbulkan penyakit asam lambung. Penyebab penyakit asam lambung beragam. Pada umumnya, orang yang menderita asam lambung seringkali bersangkutan dengan stres, obesitas atau berat badan naik, hiatus hernia, konsumsi obat-obat tertentu, hamil, gastroparesis, atau mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Lantas makanan yang tidak sehat itu seperti apa. Bolehkah asam lambung makan pisang? Apakah aman untuk pencernaan?

Kandungan Pisang

Pisang merupakan buah tropis berwarna kuning yang banyak disukai orang. Buah ini disukai karena dapat diolah menjadi sekian beraneka ragam minuman dan makanan. Pisang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, antara lain:

  • Karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu sumber energi utama bagi tubuh. Pisang menjadi makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi dan cadangan energi ketika sedang berolahraga atau mengisi perut saat jam makan belum tiba.

  • Vitamin C

Pisang memiliki kandungan vitamin C sebesar 10 mg per buah. Vitamin membantu penyerapan makanan dan berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

  • Potassium

Pisang memiliki kandungan Potassium sebanyak 400 mg. Potassium bertugas untuk menjaga cairan dalam tubuh tiap individu. Namun perlu diperhatikan bahwa potassium bisa mencegah kram otot bila sedang olahraga.

  • Serat

Tubuh membutuhkan serat yang berguna untuk pencernaan Pisang menjadi buah yang tepat sebab per buah mengandung 3 gram serat.

  • Vitamin B6

Vitamin B6 yang dinamakan dengan pyridoxine dapat didapatkan dari pisang. Vitamin B seringkali didapatkan dari produk hewani tetap dapat ditemukan dalam Pisang. Vitamin B6 akan berguna untuk menumbuhkan sel-sel baru

Keamanan Mengonsumsi Pisang saat Asam Lambung

Sponsors Link

Khasiat pisang untuk asam lambung sangat banyak. Pisang memiliki tingkat keasaman atau pH sejumlah 5,6. Pisang juga memiliki serat yang dapat membetulkan sistem pencernaan dan meminimalisir refluks. Hal ini membuatnya dapat mengatasi penyakit asam lambung. Hanya saja, pakar kesehatan menganjurkan orang yang sedang menderita asam lambung tidak sembarangan memilih pisang. Pilih pisang yang telah masak atau matang karena dapat memberikan guna kesehatan ini. Di samping itu, usahakan orang yang sedang sakit ini tidak makan pisang dengan berlebihan. Apabila orang yang sedang tidak bisa makan pisang secara langsung, pisang dapat diubah menjadi jus pisang. Pisang juga dimakan secara perlahan. Sehingga, orang yang menderita asam lambung tetap merasakan buah pisang sebagai pelengkap makanan agar cepat sembuh.

Pencegahan Asam Lambung

Asam Lambung meskipun terdapat yang berupa penyakit ringan tetapi perlu segera diobati supaya tidak memunculkan penyakit asam lambung berat atau fenomena penyakit lainnya yang timbul sebab asam lambung. Ada sejumlah cara mengobati asam lambung tinggi yang bisa dilakukan supaya sembuh dari Asam Lambung. Cara menurunkan asam lambung antara lain:

Sponsors Link

  1. Kurangi makanan yang memiliki lemak tinggi dan makanan pedas. Makanan itu akan memperburuk asam lambung
  2. Kurangi minuman asam, soda, dan beralkohol.
  3. Kurangi minuman yang berisi kafein, seperti kopi. Minuman teh pun tidak disarankan
  4. Berhenti merokok karena dapat menyebabkan asam lambung tinggi.
  5. Hindari posisi istirahat yang datar. Usahakan untuk istirahat dalam suasana kepala lebih tinggi untuk menangkal naiknya asam lambung.
  6. Hindari berbaring sesudah makan. Biarkan makanan turun dari perut supaya menghindari asam lambung yang tidak kunjung sembuh.
  7. Perbanyak meminum air putih.
  8. Konsumsi obat ajakan dokter. Obat yang biasa dipakai untuk meredakan asam lambung ialah obat dengan kandungan Antasida, H-2 receptor blockers, Proton pump inhibitors (PPIs), dan Baclofen. Minum obat secara teratur hingga asam lambung reda.

Bolehkah asam lambung makan pisang? Apakah aman untuk pencernaan? Jawaban yang tepat adalah boleh dimakan namun tetap tidak berlebihan. Pisang mengandung kadar asam yang rendah dan memiliki serat yang tinggi sehingga baik untuk lambung. Cara mudah yang dianjurkan untuk meredakan penderita asam lambung, antara lain: kurangi makanan berlemak dan terlalu pedas, perbanyak oatmeal atau makanan dengan gandum yang memiliki serat tinggi, dan sayuran untuk asam lambung dengan kadar asam yang rendah seperti brokoli, kacang hijau, dan lain-lain. Konsultasikan kondisi kepada dokter ketika penyakit tidak kunjung sembuh.

Sponsors Link
, , ,