Sponsors Link

Bolehkah Asam Lambung Makan Mangga? Apakah Menimbulkan Efek Samping?

Sponsors Link

Mangga merupakan buah yang sering dijumpai oleh masyarakat Indonesia. Buah ini bisa memiliki aneka rasa, mulai asam hingga manis. Banyak sekali kandungan yang dimiliki oleh buah Mangga sehingga masyarakat sering mengonsumsinya ketika sedang musimnya. Lantas bolehkah asam lambung makan mangga? Apakah menimbulkan efek samping?

ads

Penyakit Asam Lambung, Gejala, dan Penyebab

Asam Lambung atau dalam bahasa kedokteran dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ialah penyakit yang diatandai dengan nyeri pada unsur ulu hati sebab naiknya asam lambung ke esofagus (kerongkongan). Asam lambung adalah seyawa yang ada pada lambung dan mempunyai sifat kadar asam.

Tanda-tanda asam lambung naik dapat diketahui dengan mudah. Ada dua fenomena yang utama butuh diketahui untuk orang yang terindikasi terserang penyakit asam lambung yakni 1) Refluks asam lambung bakal naik ke kerongkongan sampai mulut terasa asam atau pahit, 2) Ada rasa sensasi terbakar dada atau nyeri ulu hati. Ini merupakan akibat asam lambung yang naik ke esofagus dan berada pada unsur tulang dada. Rasa nyeri dialami semakin terasa saat menunduk atau sesudah makan.

Penyebab penyakit asam lambung beragam, bisa saja ada penyebab mencret akibat asam lambung. Pada umumnya, orang yang menderita asam lambung biasanya terkaitdengan stres, obesitas atau berat badan naik, hiatus hernia, konsumsi obat-obat tertentu, hamil, gastroparesis, atau mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Lantas makanan yang tidak sehat tersebut seperti apa. Bolehkah asam lambung santap mangga? Apakah memunculkan efek samping?

Kandungan Mangga

Mangga berisi vitamin dan mineral untuk kesehatan tubuh. Bolehkah asam lambung santap mangga? Apakah memunculkan efek samping? Berikut kandungan yang dimiliki pada satu buah mangga:

  • Vitamin C

Mangga memiliki vitamin C yang tinggi sehingga meningkatkan daya tubuh seseorang dengan menangkal serangan bakteri penyebab sakit pilek, flu, batuk, dan lain-lain. Vitamin C dapat mendorong sel darah putih guna bekerja lebih baik dalam memberantas kuman dan bakteri.

  • Beta karoten

Kandungan beta karoten pada mangga diperlukan tubuh sehari-hari. Beta karoten berguna untuk memproduksi vitamin A yang bermanfaat menjaga kesehatan mata, kulit dan tulang tubuh.

  • Kalium

Kandungan mineral kalium dalam tubuh bermanfaat bagi oragan krusial, seperti jantung, otot  dan saraf bekerja dengan baik. Kalium juga bermanfaat mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh. Mangga saat sekali konsumsi bisa mengandung 300 miligram kalium sehingga baik untuk tubuh.

Efek Samping Asam Lambung Makan Mangga

Setelah mengetahui kandungan mangga, tentu akan semakin banyak yang ingin mengonsumsi buah tersebut. Namun asam lambung menghambat keinginan untuk memakan mangga. Bolehkah asam lambung makan mangga? Apakah menimbulkan efek samping? Mangga memiliki peran penting yaitu melancarkan pencernaan. Mangga mengatasi masalah pencernaan karena mengandung serat dan air. Serat yang terkandung dalam mangga sebesar tujuh gram. Mangga juga dapat meningkatkan nafsu makan dan fungsi pencernaan karena adanya aldehil, terpenes, dan ester.

Sponsors Link

Selain itu, mangga bisa menjadi penumpas kanker yang baik dan memiliki pengaruh asam lambung terhadap jantung. sehingga sering kali para ahli menyarankan untuk selalu makan buah mangga dalam pola makanan. Namun beberapa yang perlu diketahui bahwa mangga memiliki kandungan fruktosa. Fruktosa yang dimiliki mangga lebih besar daripada glukosa. Dua kandungan ini tidak seimbang sehingga sering sekali mangga sulit diserap oleh tubuh karena fruktosa sulit dicerna. Orang yang terlalu banyak makan mangga akan berpotensi mengeluarkan gas dan menderita perut kembung badan terasa lemas.

Pencegahan Asam Lambung Naik

Mengobat penyakit asam lambung sebetulnya tidak susah. Cara menurunkan asam lambung ialah mengganti menu makanan keseharian menjadi lebih sehat. Ada sejumlah cara dan makanan untuk asam lambung kronis supaya cepat sembuh, antara lain:

  • Ganti menu makanan sehat

Perhatikan Melakukan penataan makanan yang sehat dan hindari makanan yang yang dapat merangsang refluks asam lambung sampai penyakit sembuh. Contohnya makanan untuk asam lambung adalah menganti makanan seperti oatmeal yang mengandung gandum dan memiliki serat yang tinggi sehingga dapat membantu menyerap asam di lambung sehingga dapat mencegah isi lambung naik kembali. Contoh lain adalah adanya aneka sayuran saat makan, seperti brokoli, kol, bayam, dan lainnya. Sayuran ini memiliki rendah asam sehingga aman dikonsumsi guna penderita asam lambung.

Sponsors Link

  • Berhenti kebiasaan merokok dan alkohol

Merokok tidak baik untuk tubuh seseorang. Tidak hanya dominan  pada kesembuah penyakit asam lambung yang naik, tapi pun kesehatan organ pernapasan tubuh. Alkohol pun tidak disarakan guna pencernaan sebab dapat memperlama pengobatan asam lambung santap mangga. Sebaiknya orang yang memiliki kelaziman ini mengerjakan olahraga enteng secara tertata dan mengonsumsi air minum yang lumayan untuk menangkal dehidrasi, disarankan minum air mineral paling tidak 8 gelas per hari.

  • Istirahat yang cukup

Kurangi dan kebiasaan tidur sesudah makan. Tidur yang baik sesudah makan sekitar 2 jam setelah makan untuk meminimalisir risiko asam lambung. Hindari posisi istirahat dengan kepala yang lebih tinggi dari badan. Tinggi yang normal guna penderita asam lambung selama 10-15 sentimeter dari kasur.

  • Minum Obat menurut resep dokter

Konsumsi obat anjuran dokter. Obat yang biasa digunakan untuk meredakan asam lambung merupakan obat dengan kandungan Antasida, H-2 receptor blockers, Proton pump inhibitors (PPIs), dan Baclofen. Minum obat secara teratur sampai asam lambung reda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :