Sponsors Link

Bolehkah Asam Lambung Makan Durian? Apakah Berbahaya?

Sponsors Link

Durian merupakan buah yang unik. Durian memiliki ukuran yang besar dan dilapisi dengan kulit tebal berduri. Jika seseorang yang membukanya tidak hati-hati, bisa terluka tangannya. Buah ini juga memiliki aroma yang khas, beberapa orang menyukai bau unik ini tapi tak sedikit orang membenci aromanya. Pasti orang yang menyukai durian merasa tak cukup hanya memakan satu bagian durian. Namun bolehkah asam lambung makan durian? Apakah berbahaya?

ads

Asam Lambung, Penyebab, dan Gejala

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan penyakit asam lambung adalah penyakit dimana kondisi asam lambung naik menuju kerongkongan. Pada keadaan normal, asam lambung tidak boleh berada di kerongkongan.

Penyebab terjadinya GERD adalah asam yang naik karena lingkaran otot bagian bawah kerongkongan yang menutup jalan asam lambung ke atas tidak berjalan dengan baik. Sehingga, asam lambung tersebut naik ke kerongkongan. Penyebab lainnya adalah karna makanan yang dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Gejala asam lambung kronis bisa dengan mudah diketahui, seperti mulut yang pahit, terasa nyeri di tubuh atau punggung, mual, hingga dada terasa terbakar. Tanda-tanda asam lambung yang parah bisa memberikan gejalan kecemasan pada penderita karena banyak yang berpikir penyakit ini berujung kematian.

GERD dapat mengurangi kualitas hidup penderita mesi penyakit ini tidak berbahaya. Dokter Ari menyebutkan bahwa penderita GERD mengalami peningkatan seiring waktu dan perubahan gaya hidup. Penyakit yang baru didefinisikan sekitar awal tahun 2000an ini memiliki 9,35% penderita GERD pada tahun 2016.

GERD juga menimbulkan komplikasi penyakit lainnya yang berhubungan dengan asam lambung, yaitu Esofagitis. Esofagitis merupakan inflamasi atau peradangan pada bagian dinding kerongkongan. Gejala yang terlihat adalah sulitnya penderita untuk menelan makanan jika kasusnya parah. Ini karena munculnya tukak lambung. Tukak ada ketika lapisan dinding kerongkongan tererosi dan terluka.

Kandungan Buah Durian

Durian merupakan buah yang banyak ditemukan di daerah tropis. Durian memiliki tekstur yang lembut dan aroma unik. Buah ini memiliki kandungan vitamin yang dicerna tubuh. Orang yang memakan durian satu porsi buah sudah mengandung 33% asupan vitamin C dan 25% tiamin yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Buah ini juga sumber vitamin B6, B12, dan kalium. Selain itu, durian ini mengandung ribolavin dan serat.

Durian merupakan buah tinggi kalori. Porsi penyajian durian untuk dewasa biasanya sekitar 100-200 gram. Kalori yang didapatkan saat mengonsumsi durian sekitar 98 gram karbohidrat, 5 gram protein, 5,2 gram lemak, dan 150 kalori. Sehingga, buah ini sangat cocok bagi masyarakat yang memenuhi kesehatan tubuh.

Kandungan yang berlimpah dari durian memberikan manfaat bagi orang yang mengonsumsinya. Durian dapat meningkatkan kekuatan otot, memperlancar BAB, dan meningkatkan kesehatan tubuh. Tak lupa, pembentukan sel darah merah juga dirasakan dari manfaat durian untuk lambung. Protein yang ada pada durian juga baik bagi penderita sindrom iritasi usus. Tak lupa, kalium yang tersedia dalam raja buah ini dipercaya menghilangkan stres dan rasa cemas.

Asam Lambung Makan Durian Berbahaya?

Menurut Dr Silvia M Pantouw Sp.PD menyatakan meskipun durian ini manis, namun rasa nyeri ada dimana-mana termasuk punggung. Durian bisa menyebabkan kolesterol sehingga menyebabkan aliran darah tidak lancar akibatnya orang sering mengalami kesemutan. Jika aliran darah tidak lancar terus-menerus, ini bisa mengakibatkan lemak menempel dibagian dinding pembuluh darah.

Asam lambung berlebihan bisa berdampak sakit perut setelah makan durian. Durian yang memiliki kalori jika diamakan berlebih  dapat memicu orang yang makan buah ini terserang penyakit, seperti penyakit jantung, Alzheimer, diabetes, stroke, hingga gagal jantung. Sehingga bolehkah asam lambung makan durian tidak diperbolehkan apabila berlebihan. Untuk pencegahan lebih baik hindari makan sebelum sembuh.

Mencegah Asam Lambung Terus-menerus

Tidak susah sebetulnya apabila ingin mengobati penyakit asam lambung.
Cara menurunkan asam lambung yang paling mudah terhindar dari penyakit asam lambung merupakan mencegah penyakit tersebut menyerang tubuh. Ada sejumlah cara mengobati asam lambung tinggi supaya cepat sembuh, antara lain:

  • Minum Air Garam

Minum air garam bisa menjadi alternatif bagi orang yang menederita asam lambung. Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahya Purnama, merupakan pemimpin yang menyukai buah durian. Beliau melakukan cara ini untuk mengatasi asam lambung makan durian.

Sponsors Link

  • Meminum Obat

Obat dari resep dokter dapat menjadi alternatif bagi orang-orang yang ingin cepat sembuh. Konsultasikan kondisi pasien kepada dokter yang ahli untuk mendapatkan dosis yang tepat. Obat Antibiotik yang disarankan adalah: Antasida, Penghambat pompa proton, Alginat, Antagonis reseptor H2, dan Antidepresan.

  • Pola Makanan Sehat

Bagi yang menderita asam lambung dapat makan dengan porsi sedikit namun frekusensi sering (4-6 kali sehari). Hindari makanan yang mengandung asam, lemak, berminyak, dan pedas. Memakan durian saat perut kosong harus dihentikan. Sering makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi.

Perbanyak Sayuran untuk asam lambung Terakhir, hindari konsumsi vitamin C dengan dosis berlebih dalam keadaan perut kosong karena dapat meningkatkan asam lambung.

  • Istirahat

Istirahat merupakan hal yang penting untuk meningkatkan kesembuhan seseorang. Hindari tidur setelah makan. Tunggu sekitar 2-3 jam sebelum memutuskan untuk tidur. Tak lupa untuk menghindari cemilan di malam hari untuk menghindari lemak.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan