Sponsors Link

Bolehkah Asam Lambung Makan Agar Agar? Berbahaya Atau Tidak?

Sponsors Link

Asam Lambung sudah sering terdengar di telinga masyarakat dan umum terjadi di Indonesia. Asam lambung adalah seyawa yang ada pada lambung dan mempunyai sifat kadar asam. Asam lambung mempunyai manfaat sebagai pembunuh kuman maupun bibit penyakit yang masuk ke tubuh yang berasal dari makanan. Di samping itu, asam lambung mengolah pepsinogen menjadi pepsin. Gejala asam lambung kronis bisa diketahui dengan mudah. Ada dua gejala yang utama perlu diketahui bagi orang yang terindikasi terserang penyakit asam lambung yaitu 1) Refluks asam lambung akan naik ke kerongkongan hingga mulut sehingga mulut terasa asam atau pahit, 2) Ada rasa sensasi terbakar bagian dada atau nyeri ulu hati. Ini merupakan dampak asam lambung yang naik ke esofagus dan berada pada bagian tulang dada.

ads

 Tanda-tanda asam lambung naik tersebut semakin terasa saat membungkuk atau setelah makan Penyakit asam lambung terjadi biasanya karena mengonsumsi makanan memicu asam lambung naik sehingga membuat perut menjadi tidak enak dan kurang nafsu makan. Bagi penyakit asam lambung ringan, bisa menimpa orang dalam jangka waktu yang tidak lama atau jarang. Setiap orang yang harus tahu perbedaan asam lambung dan maag. Makanan tidak terlalu menjadi penghalang. Sedangkan perlu diperhatikan jika ini terjadi secara terus-menerus, maka asam lambung perlu diobati lebih lanjut. Bolehkah asam lambung makan agar agar?

Kandungan Agar-Agar

Agar-agar meruapakan makanan yang berasal dari rumput laut (algae) yang kemudian diolah menjadi suplemen makan atau obat. Pada umumnya, agar-agar dibuat dari algae merah. Tumbuhan yang bisa ditemukan di seluruh dunia ini terkenal digunakan untuk menurunkan berat badan. Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan setelah mengonsumsi agar-agar sebagai berikut:

  • Membantu mengendalikan gula darah
  • Mengatasi sembelit
  • Membantu atasi penyakit kuning dampak kadar bilirubin yang tinggi

Agar-agar yang berasal dari rumput laut diolah pasti mendapatkan campuran bahan-bahan lain. Bahan-bahan yang terkandung dalam agar-agar juga bermanfaat bagi tubuh. Pada umumnya, kandungan agar-agar sebagai suplemen adalah mineral, protein, lemak, karbohidrat, serat, dan gula. Vitamin juga dimiliki agar-agar sehingga semakin melengkapi suplemen makanan. Namun, beberapa kandungan yang dimiliki agar-agar perlu dipikirakan apakah dapat diterima saat menderita asam lambung. Bolehkah asam lambung makan agar-agar? Berbahaya atau tidak?

Agar-agar aman dikonsumi saat Asam Lambung?

Setelah mengetahui kandungan yang terdapat pada agar-agar, maka pertanyaan Bolehkah asam lambung makan agar-agar? Berbahaya atau tidak? Perlu mendapatkan jawaban. Agar-agar tidak memberikan racun untuk tubuh manusia. Agar-agar memiliki bahan dasar rumput laut yang kaya akan nutrisi. Ramput laut memiliki kandungan zat hijau (klorofil), asam amino dan serat yang cukup tinggi sehingga sangat ampuh memulihkan selaput lendir di dalam lambung sehingga asam lambung akan dengan cepat sembuh.

Namun tetap perlu dipehatikan bahwa sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik bagi tubuh. Kandungan prostaglandin mempunyai peran dalam menjaga dan melindungi lambung dari asam lambung yang berlebih dan menyebabkan gejala maag kambuhAgar-agar dapat dikonsumsi sekalipun saat asam lambung. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan, bisa menyebabkan efek konsumsi suplemen bagi gangguan pencernaan, seperti: gangguan pencernaan, gangguan pada kerongkongan, hingga menurunnya penyerapan vitamin dan mineral.

Pencegahan Asam Lambung

Sponsors Link

Asam Lambung meskipun ada yang berupa penyakit ringan namun perlu segera diobati agar tidak menimbulkan penyakit asam lambung berat atau gejala penyakit lainnya yang timbul karena asam lambung. Ada beberapa pencegahan yang dapat dilakukan agar sembuh dari Asam Lambung. Cara mengobati asam lambung tinggi

  1. Perhatikan Melakukan pengaturan makanan yang sehat dan hindari makanan yang yang dapat memicu refluks asam lambung hingga penyakit sembuh
  2. Berhenti merokok
  3. Kurangi kebiasaan meminum alkohol
  4. Olahraga yang teratur
  5. Kurangi dan berhenti kebiasaan tidur setelah makan. Tidur yang baik setelah makan adalah 2-3 jam setelah makan untuk mengurangi risiko asam lambung.
  6. Hindari posisi tidur dengan kepala yang lebih tinggi dari badan. Tinggi yang normal untuk penderita asam lambung sekitar 10-15 sentimeter dari kasur.
Sponsors Link

Bagi orang-orang yang menderita asam lambung dan berencana mengubah menu makanan untuk mencegah gizi buruk. Banyak sekali alternatif bagi orang yang dapat dilakukan antara lain:

  • Konsumsi minuman herbal atau tradisional, seperti teh chamomile, jahe, lidah buaya, licorice, dan lain-lain. Minuman ini dipercaya dapat mencegah asam lambung naik dan menenangkan sistem pencernaan selama asam lambung terjadi.
  • Konsumsi makanan yang rendah lemak, tidak terlalu asin, dan terlalu pedas untuk menghindari efek iritasi pada lambung atau sistem pencernaan lainnya.
  • Konsumsi obat asam lambung naik jantung berdebar  melalui resep dokter. Obat yang biasa digunakan untuk meredakan asam lambung adalah obat dengan kandungan Antasida, H-2 receptor blockers, Proton pump inhibitors (PPIs), dan Baclofen.

Demikian penjelasan Bolehkah asam lambung makan agar-agar. Asam lambung makan agar-agar tidak berbahaya karena agar-agar terbuat dari rumput laut yang tinggi serat sehingga memulihkan selaput lendir asam lambung. Selain itu rumput laut akan menjaga dinding lambung agar tidak terinfeksi. Apabila asam lambung tidak kunjung sembuh, penderita asam lambung dapat berkonsultasi kepada dokter ahli untuk penanganan lebih lanjut. Perhatikan gaya hidup yang sehat untuk kesehatan masa depan.

Sponsors Link
, , , ,