Sponsors Link

Benarkah Sakit Maag Karena Masuk Angin? Kenapa Bisa Terjadi?

Sponsors Link

Maag adalah sebuah istilah yang dipakai untuk menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau juga kerongkongan akibat kondisi-kondisi tertentu yang dialami. Maag juga memilki sebutan lain seperti dispepsia atau juga gastro yang berasal dari kata Yunani yang artinya lambung yang mengalami inflamasi. Penyakit maag dapat disebabkan oleh banyak hal yang diantaranya karena luka terbuka yang terjadi pada lapisan dalam lambung, adanya infeksi bakteri, stres, dan efek samping dari penggunaan obat antiinflamasi yang berlebihan sehingga menyebabkan maag. Maag merupakan penyakit yang umum dan sering dialami orang-orang yang terkenal karena terlambat makan atau pola makan yang tidak teratur. tetapi bagaimana dengan masuk angin?

ads

Masuk angin ialah sejenis penyakit yang terjadi karena berkumpulkan gas yang tidak merata pada dalam tubuh, walaupun sebenarnya di dunia medis istilah masuk angin itu tidak ada. Penyebab utama dari penyakit ini adalah karena udara dingin yang berlebihan, seperti terlalu lama terkena AC, bermain hujan-hujanan beserta cuaca dingin dan sebagainya. Biasanya orang-orang akan menyebut gejala masuk angin jika mereka sudah merasa tidak enak badan yang biasanya terjadi pada pergantian musim atau ketika cuaca sedang tidak bagus.

Bahkan beberapa orang percaya bahwa angin yang ditiup begitu kencang ketika cuaca tidak bagus dapat masuk ke dalam tubuh yang bisa mengakibatkan masuk angin yang dalam arti lain karena penumpukan angin di dalam tubuh. Tetapi bagaimana jika penyakit maag disebabkan karena masuk angin? Apakah ada hubungan antara penyakit maag dengan masuk angin? (Baca juga: Makanan untuk penyakit Maag dan Asam Lambung)

Penyakit Maag Yang Disebabkan Oleh Masuk Angin?

Maag dan masuk angin memiliki keterikatan yang sangat erat antar satu sama yang lain. Bahkan kedua hal init erjadi karena adanya ketidak seimbangan gas yang terjadi dalam tubuh. Ketika masuk angin terjadi pada si penderita hal ini dapat mengakibatkan penghambatan aliran peredaran darah ke seluruh bagian tubuh. Pengecilan pembuluh darah yang terjadi pada lapisan kulit sehingga aliran darah yang menyalurkan nutrisi baik tidak dapat tersebar dengan baik yang dimana hal ini memunculkan ide dilakukan kerok pada kulit. (Baca juga: Obat tradisional asam lambung naik tinggi)

Ada beberapa gejala pada masuk angin yang dapat menyebabkan penyakit maag pada seseorang:

  • Nafsu Makan Berkurang

Maag sering sekali dikenal muncul ketika seseorang telat makan atau lambung kondisi kosong. Hal ini dapat memungkin terjadinya maag kepada seseorang ketika masuk angin pada saat si penderita masuk angin tidak selera makan dan tidak mengisi perut dengan asupan makanan yang sesuai, maka ini dapat berdampak pada lambung ketika kadar asam lambung meningkat dan mulai mengiris dinding lambung perlahan. Si pasien akan merasakan nyeri pada bagian perut yang di mana terletak lambung. Karena pada saat kadar asam lambung meningkat maka tidak ada makanan yang dapat dikelola oleh asam lambung dan akan menambah kadar gas pada lambung.

  • Mual dan Muntah-Muntah

Gejala yang satu ini dapat menjadi penyebab sakit maag kambuh. Mual yang muncul karena kadar gas asam lambung yang meningkat di dalam lambung dapat mendorong isi makanan dalam lambung keluar secara terpaksa. Hal ini tentu dapat berdampak buruk bagi lambung karena lambung akan kosong dan kadar asam lambung akan semakin bertambah yang berdampak pada dinding lambung. Tubuh si penderita juga akan kekurangan asupan gizi yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan.

  • Perut Terasa Sakit

Perut yang terasa sakit dapat menjadi tanda bahwa bagian perut mengalami bermasalah. Biasanya perut yang sakit terjadi merupakan tanda bahwa lambung bermasalah. Sakit pada perut juga dapat dicek dengan menepuk pelan pada perut yang terasa kembung dan juga ada beberapa cara mengobati perut kembung. Perut yang kembung biasanya terjadi karena penumpukan gas pada lambung. Biasanya jika maag sudah kambuh maka perut akan terasa nyeri karena lambung terluka akibat kadar asam lambung yang meningkat.

Sponsors Link

Maag juga dapat muncul karena beberapa faktor lain selain masuk angin, yaitu:

  1. Merokok
  2. Obat yang dikonsumsi
  3. Jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi
  4. gaya hidup
  5. Makan dengan porsi yang berlebihan
  6. Berolahraga yang dapat menaikan perut

Makanan yang perlu dihindari yaitu berupa makanan bersantan dan makanan pedas. Untuk minumannya perlu menghidari minuman bersoda yang dapat meningkatkan gas di dalam lambung. Si penderita juga perlu memperhatikan gaya hidup, karena gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi asam lambung. Misalnya seperti kurang tidur, minum minuman berakohol, dan stress. (baca juga: Cara mengobati Maag dengan kunyit)

Inilah beberapa hal masuk angin dapat menyebabkan maag, walaupun sebenarnya masuk angin tidak ada di dalam istilah medis. Tetapi tidak ada salahnya bagi setiap orang untuk mengetahui gejala dan akibat yang dapat muncul dari sebuah penyakit. Hal yang perlu diperhatikan ketika sakit maag ialah biasanya terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat dan tidak menjaga pola makan. (Baca juga: Khasiat daun kemangi untuk maag dan kesehatan)

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Maag